Cellebrite Tawarkan Layanan Membuka Kunci iPhone Bagi Penegak Hukum

Seperti laporan Reuters pada tahun 2016 yang lalu dimana perusahaan Cellebrite asal Israel berhasil membantu FBI dalam membuka iPhone 5C yang terkunci milik Penembak dalam tragedi Penembakan San Benardino.


Dan kali ini Cellebrite kembali menawarkan bagi para penegak hukum layanan untuk membuka kunci iPhone dan iPad yang menjalankan iOS 12.3, layanan ini mampu memeriksa seluruh data yang terdapat pada iPhone dan iPad yang terkunci.

Namun dari dokumen bocor yang di akses oleh OneZero mengungkapkan bahwa Cellebrite telah menjual layanan membuka kunci iPhone ini kepada para penegak hukum sudah lebih dari setahun yang lalu.

Dokumen yang bocor ini menjelaskan juga bahwa kantor Kejaksaan Distrik Manhattan telah menjadi pelanggan layanan dari Cellebrite ini sejak Januari 2018 dan telah membayar sebesar $ 200.000 untuk periode 3 tahun, ada juga tambahan layanan sebesar satu juta dolar tetapi dalam dokumen yang bocor tidak di sebutkan apakah kantor kejaksaan distrik mangattan tersebut juga membelinya atau tidak.

Dalam pelaksanaannya lembaga pemerintah harus menyerahkan iPhone tersebut ke salah satu lab di New Jersey atau Virginia di Amerika Serikat.

Perlu di ketahui juga selain iPhone, Cellebrite juga menawarkan jasa membuka kunci untuk perangkat Android kelas atas, hanya saja layanan ini sekali lagi hanya tersedia bagi lembaga penegak hukum saja.


Bagaimana tanggapan kalian? lalu bagaimana juga soal privasi kalian? well selagi kalian tidak melakukan kejahatan kenapa harus takut ya.. hehe :)

[ Sumber Referensi : iPhoneHacks & OneZero ]