Kamera iPhone Tiba-Tiba Jadi Gelap / Blank? Begini Cara Memperbaikinya

Kamera iPhone kalian tiba-tiba menjadi gelap padahal tidak ada objek apapun yang menutupi di depannya? yup hal ini bisa menimpa pengguna iPhone model manapun dan kalian tidak perlu khawatir karena masalah ini bisa kalian perbaiki dengan mudah.



Langsung saja berikut cara-cara yang dapat kalian lakukan :

Tutup Aplikasi Kamera dari Multitask / Background

Nah cara ini sangatlah simple, silakan tutup aplikasi kamera dari multitask / background ( klik dua kali tombol home atau swipe bar dari bawah ke atas ).

Tukar ke Kamera Depan

Cara ini juga sangat sederhana silakan klik tombol untuk kamera depan kemudian kembalikan lagi ke mode kamera belakang dan lihat hasilnya.

Restart iPhone

Jika cara-cara di atas tidak berhasil silakan restart iPhone kalian atau matikan beberapa saat kemudian nyalakan kembali.


Pastikan Kamera Tidak Terhalang

Coba perhatikan apakah ada benda yang menutupi bagian kamera atau tidak, jika ada tentu harus disingkirkan, terkadang case pada iPhone juga bisa menutupi bagian kamera jika tidak cocok coba perhatikan sekali lagi.

Pastikan Ruang Penyimpanan Tidak Penuh

Kamera pada iPhone secara otomatis dinonaktifkan apabila penyimpanan pada iPhone sudah benar-benar penuh, silakan cek sisa ruang penyimpanan di iPhone kalian melalui aplikasi Pengaturan > Umum > Penyimpanan iPhone. Jika memang sudah penuh silakan kosongkan sedikit ruang penyimpanan dengan menghapus aplikasi, foto atau video yang sudah tidak diperlukan lagi.

Update iOS

Jika cara-cara di atas tidak juga membuahkan hasil silakan update iOS kalian ke versi terbaru caranya masuk ke Pengaturan > Umum > Pembaruan perangkat Lunak.

Bagaimana sudah teratasi? ada beberapa yang dapat menyebabkan kamera pada iPhone tiba-tiba jadi hitam atau blank yang pertama Bug pada iOS atau kamera tertutup objek tertentu, hal ini juga pernah terjadi pada iPhone saya dan setelah update iOS tentu saja masalahnya sudah tidak muncul lagi.

Solusi Terakhir...

Sudah mengikuti dan memperhatikan semua cara-cara di atas tapi masalah belum juga teratasi?

Ada kemungkinan komponen kamera pada iPhone kalian bermasalah, silakan cek ke tempat reparasi Smartphone atau bawa ke Authorized Apple di Indonesia untuk dicek apakah benar terjadi kerusakan pada bagian kamera atau tidak.

Baik itu saja cara-cara dan tips yang bisa kalian lakukan, jika kalian ada tips cara memperbaikinya silakan bagikan pada kolom komentar di bawah, Terima Kasih :)