Tips Dalam Membeli iPhone Bekas / Second secara Online atau Offline

Jika kalian ingin membeli iPhone bekas atau second kalian harus lebih teliti dan jeli melihat segala kemungkinan, terutama jika membelinya melalui Toko Online.

Hal yang pertama harus kalian perhatikan adalah keaslian dari Produk tersebut dan Kejujuran yang di utarakan oleh si Penjual, sebab ada banyak jenis iPhone yang beredar termasuk yang paling buruk adalah iPhone Refurbished / Rekondisi.


Jika kalian ingin mendapatkan hasil maksimal dari membeli iPhone Bekas atau Second baik secara Offline di toko-toko atau Online melalui Toko Online, ada beberapa hal yang harus kalian perhatikan :

#1 : Reputasi Toko / Penjual

Nah hal ini adalah hal penting yang harus kalian perhatikan, kredibilitas atau reputasi toko menentukan bagaimana kualitas dari barang yang ia jual, terutama untuk toko Online.

Jika kualitas atau reputasi toko meragukan tentu saja barang yang akan kalian dapatkan bisa menjadi bom waktu, di mana bisa saja iPhone yang di beli bermasalah sedangkan penjual menghilang atau lepas tanggung jawab sesuai dengan kesepakatan saat membeli.

Saran saya belilah produk second / bekas dari penjual yang sudah lama dan terpecaya kalau untuk toko Online biasanya sudah memiliki banyak followers.

Baca Juga : Cara Mengatasi iPhone dan Android Yang Cepat Panas Saat Bermain Game Berat

#2 : Cek Review Pembeli

Di setiap transaksi toko Online biasanya pembeli meninggalkan tanggapannya perihal barang yang baru saja ia terima, cek apakah review dari pembeli menunjukkan hasil positif atau tidak.

Untuk toko Offline tanyakan pada teman, saudara dan lain-lain yang pernah merasakan kualitas barang dan pelayanan dari toko tersebut.

#3 : Cek Kondisi iPhone

Seperti yang sudah saya jelaskan di atas, membeli iPhone bekasi jangan sampai dapat barang Refurbished / Rekondisi ( kalau mau resiko tanggung sendiri ) sebab iPhone Refurbished atau Rekondisi merupakan barang yang sudah pernah di bongkar dan di service, lebih baik kalian membeli iPhone bekas pemakaian orang lain dan belum pernah sama sekali di bongkar / service.

Tanyakan secara langsung ke Penjualnya soal kualitas produk apakah Normal? Original Bekas Pakai Orang? atau Refubished? dan lain sebagainya.

#4 : Cek Fungsi iPhone

Tentu saja kalian tidak ingin membeli iPhone dengan kondisi tidak normal, pastikan dan tanyakan baik-baik ke pembeli tentang seluruh kondisi pada iPhone mulai dari fungsi kamera, layar, speaker, mikrofon, internet dan lain sebagainya.

#5 : Cek iCloud

Penting! iCloud merupakan layanan Apple yang dapat mengunci iPhone yang di akses orang tidak bertanggung jawab, iCloud tidak dapat di buka oleh siapapun kecuali oleh si pemilik iPhone tersebut.

Jadi pastikan iCloudnya tidak dalam keadaan terkunci tanyakan juga pada penjualnya apakah iCloud aman atau tidak.

#6 : Cek FU atau SU

Terdapat dua jenis jaringan utama iPhone yang beredar saat ini, pertama tipe FU ( Factory Unlock ) dan yang kedua SU ( software unlock ) nah pastikan kalian mendapatkan yang tipe FU ini, karena tipe FU tidak terikat oleh layanan jaringan tertentu dan dapat menggunakan kartu SIM dari provider manapun. Sedangkan SU merupakan hasil unlock menggunakan software ( jailbreak ) yang efeknya kalian tidak dapat mengupdate iOS dengan leluasa.

#7 : Kesehatan Baterai

Baterai adalah salah saatu komponen yang bisa kalian jadikan tolak ukur sudah berapa lama iPhone tersebut di pakai, silahkan tanya ke penjual berapa persen tingkat kesehatan baterainya, jika berada di bawah angka 70% sebaiknya kalian cari produk iPhone bekas lainnya dengan tingkat baterai yang lebih baik.

#8 : Cek Tingkat Kemulusan iPhone


Ini hanya sekedar saran dari saya, jika kalian menemukan ada bagian pada bodi iPhone yang penyok atau bahkan terkelupas cukup dalam, jangan ambil iPhone tersebut. Biasanya kualitas iPhone tersebut sudah tidak lagi dalam kondisi baik.

Tanyakan hal ini baik-baik ke seller terutama jika kalian ingin membeli secara Online.

Baca Juga : Cara Mengecek iPhone Berasal Dari Negara Mana Lewat Nomor Model

#9 : Cek Garansi

Membeli iPhone bekas untung-untungan jika masih mendapatkan sisa garansi resmi dari Apple atau setidaknya kalian bisa mendapatkan jaminan langsung dari penjual, silahkan tanyakan ke penjual bagaimana tentang garansi atau jangka waktu jaminan yang dapat ia berikan.

#10 : Cek Kelengkapan

Silahkan tanyakan ke pembeli soal kelengkapan pada iPhone tersebut misalnya masih memiliki Dus, Charger Ori, Headset dan lain sebagainya.

*Tips bagi yang sudah membeli secara Online atau Offline*

Pertama silahkan cek apakah iPhone tersebut lagi dengan melihat apakah iPhone tersebut dalam keadaan Normal atau tidak, caranya bisa kalian buka link berikut :

Baca Juga : Begini Cara Cek iPhone Normal Atau Tidak

Cek juga apakah iPhone tersebut sudah pernah di service sebelumnya atau tidak dengan cara pada link berikut :

Baca Juga : Cara Cek Apakah iPhone Sudah Pernah di Bongkar atau Service

Cek juga apakah masih tersangkut iCloud atau tidak dengan cara masuk ke Pengaturan kemudian cek menu bagian paling atas.


Jangan lupa pastikan juga seluruh fungsi kamera, suara, mikrofon, sentuhan layar, kualiatas layar dan lain-lain berfungsi dengan baik!

Oke sekian informasi dan tips yang dapat saya berikan, semoga sukses. Terima Kasih! :)