Cara Mengatasi iPhone dan Android yang Cepat Panas Saat Bermain Game Berat

Pada postingan kali ini saya akan membagikan tips-tips dan cara mengatasi iPhone dan Android yang cepat panas ketika di gunakan untuk bermain game, terutama saat memainkan game yang memiliki kualitas grafik yang berat seperti PUBG Mobile, Call of Duty: Mobile, Mobile Legends, Asphalt dan lain sebagainya..


Perlu di ketahui terlebih dahulu, iPhone dengan model lama seperti iPhone 5S, iPhone 6, iPhone 6 Plus, iPhone SE, iPhone 6S, iPhone 6S Plus dan Android model lama, memiliki kecenderungan baterai yang cepat habis dan cepat panas, hal ini di karenakan performa hardware pada perangkat model lama tersebut akan bekerja lebih keras di bandingkan hardware pada model terbaru, tentu saja konsekwensi dari hardware yang bekerja lebih keras tersebut akan memakan daya baterai yang cukup banyak.

Nah untuk mengatasi panas pada iPhone dan Android saat bermain game tidaklah sulit, berikut hal-hal yang dapat kalian lakukan dan hindari :

#1 : Hindari Main Sambil Cas


Mengisi daya baterai sambil di gunakan untuk bermain game tentu saja dapat membuat iPhone dan Android menjadi cepat panas, hal ini di sebabkan baterai yang sedang mengisi daya harus di paksa menyalurkannya kembali untuk di pakai bermain game, hal ini juga akan menurunkan kualitas baterai itu sendiri.

Untuk mengatasinya di sarankan untuk tidak bermain game sambil melakukan pengisian daya.

#2 : Bermain di Tempat yang Sejuk

Jika kalian bermain game di tempat dengan suhu temperatur yang panas tentu saja iPhone dan Android kalian akan ikut menjadi panas juga, di sarankan jika kalian ingin bermain game dalam waktu yang lama pastikan ruangan sekitar kalian memiliki kualitas udara yang sejuk.

#3 : Kurangi Kecerahan Layar

Jika kalian sering merasakan layar pada iPhone dan Android yang cepat panas hal tersebut bukan hanya di sebabkan oleh komponen di dalam iPhone atau Android itu saja yang memanas, melainkan dapat di sebabkan juga oleh layar yang terlalu terang, layar dengan tingkat kecerahan yang tinggi bahkan maksimal akan membuat komponen layar tersebut menjadi cepat panas.

Jadi untuk mengurangi tingkat panas pastikan kalian menggunakan tingkat kecerahan layar yang tidak usah terlalu terang, jika di rasa kurang nyaman kalian bisa bermain pada kondisi ruangan yang sedikit gelap.

#4 : Tutup Aplikasi Lainnya

Aplikasi lainnya yang berjalan di latar belakang saat bermain game akan membuat kinerja iPhone dan Android kalian bertambah sehingga menyebabkan penggunaan baterai yang berlebihan dan akhirnya akan membuattnya menjadi lebih cepat panas.

Jadi silahkan tutup aplikasi lainnya jika ingin bermain game.

#5 : Gunakan Wifi

Hal ini berlaku bagi yang suka bermain Game Online, iPhone dan Android akan bekerja ekstra saat kalian bermain game online dengan menggunakan sambungan Data Seluler, hal ini di sebabkan perangkat yang terus-menerus berusaha mencari sinyal di saat kalian bermain game.

Nah jika ada sambungan wifi kalian dapat menggunakannya di banding menggunakan data seluler dengan begitu kalian telah mengurangi beban kinerja dari iPhone dan Android yang otomatis mengurangi panas yang di hasilkan.

Baca Juga : Cara Memainkan Game PS4 di iPhone dan iPad Menggunakan PS4 Remote Play

#6 : Kurangi Kualitas Grafik dan Framerate dalam Game


Biasanya game-game berat seperti PUBG Mobile dan Call of Duty Mobile menyertakan menu pengaturan Grafik dan Framerate, semakin tinggi kualitas grafik dan framerate maka akan semakin besar juga kinerja yang akan di bebankan pada perangkat kalian.

Saran saya silahkan kurangi kualitas grafik atau frameratenya sekecil mungkin yang kalian nyaman mainkan.

#7 : Gunakan Mode Daya Rendah

Mode Daya Rendah pada iPhone dan Android berfungsi untuk membatasi aplikasi latar belakang yang memakan banyak daya, dengan begitu pengguna daya baterai akan berkurang dan otomatis panas dapat di tekan serendah mungkin.

Konsekwensi menggunakan Mode Daya Rendah biasanya performa iPhone dan Android akan sedikit menurun karena di batasi penggunaan dayanya.

#8 : Lepas Case iPhone


Silahkan lepas case pada iPhone atau Android kalian jika memungkinkan, hal ini akan membantu untuk menghilangkan / membuang panas melalui aliran udara sejuk yang melewatinya dengan cepat.

#9 : Kualitas Sinyal Jelek

Kualitas Sinyal Seluler yang jelek akan membuat iPhone dan Android dapat bekerja ekstra lebih keras dalam mencari jaringan sinyal yang dapat ia tangkap, konsekwensinya adalah kinerja yang lebih berat dan menimbulkan panas berlebih.

Baca Juga : Cara Lengkap Mengatasi Baterai iPhone yang Boros / Cepat Habis

Jika cara-cara di atas tidak juga memiliki dampak yang signifikan, ada beberapa kemungkinan yang terjadi :

  1. Baterai iPhone atau Android kalian sudah tidak dalam kondisi bagus ( bisa jadi bocor dll )
  2. Game yang kalian mainkan tersebut memiliki Bug yang menguras kinerja
  3. Kualitas Sinyal di sekitar kalian yang buruk
  4. Model iPhone dan Android kalian yang sudah terlalu tua

Oke itu saja tips dan saran yang bisa saya bagikan bagi kalian, jika ada yang ingin di tanyakan atau sampaikan silahkan tinggalkan pesan kalian pada kolom komentar di bawah, Terima Kasih!

Baca Juga : Cara Mencegah Penurunan Angka Kesehatan Baterai iPhone