Cara Backup iPhone dan iPad di macOS Catalina Tanpa iTunes

Apple akhirnya telah membuat keputusan untuk menghilangkan dukungan iTunes pada update macOS Catalina terbaru, sebagai penggantinya Apple mengganti fungsi iTunes ke dalam menu Finder dan beberapa fitur lainnya ke dalam aplikasi Musik, Apple TV, Apple Books dan Apple Podcast.


Sebagai alternatif iTunes bagi kalian pengguna macOS dapat menggunakan menu Finder untuk memanajemen iPhone layaknya iTunes.

Baca Juga : Hati-Hati Data pada Mac dapat di Curi Hanya dengan Kabel USB Lighting O.MG

Pada postingan ini saya akan membahas cara membackup iPhone melalui Finder macOS Catalina, kalau begitu berikut caranya :

#1 : Sambungkan perangkat iPhone atau iPad kalian menggunakan kabel data usb ke dalam Mac

#2 : Kemudian buka menu Finder dan klik nama perangkat iPhone atau iPad kalian

( jika baru pertama kali menyambungkan iPhone tersebut ke Mac silahkan klik menu Trust pada layar mac dan pilih Trust juga pada iPhone kemudian masukkan password iPhone kalian )

#3 : Silahkan klik menu Back Up Now untuk melakukan backup pada iPhone atau iPad kalian

#4 : Tunggu hingga proses backupnya selesai dan kalian bisa melihat informasi backup terakhir melalui menu " Last backup to this Mac "

Dengan Finder kalian juga dapat melakukan Restore, Update, Sync iPhone atau iPad, benar-benar tanpa iTunes lagi.

Mudah bukan? bagaimana menurut kalian apakah Finder jauh lebih baik ketimbang iTunes atau kalian akan merindukan iTunes pada Mac kalian?

Menurut saya sendiri dengan di hilangkannya iTunes dari pembaruan macOS Catalina ini akan sangat membantu selain lebih mudah di akses, tampilannya pun sedikit lebih bergaya di bandingkan dengan iTunes.

Baca Juga : Cara Mengecek iPhone Berasal Dari Negara Mana Lewat Nomor Model