Begini Cara Cek iPhone Normal Atau Tidak

Jika kalian baru saja membeli iPhone atau ingin mengetes apakah iPhone tersebut dalam keadaan normal atau tidak sebelum membeli caranya sangatlah mudah, tentu kalian tidak ingin membeli iPhone dengan keadaan rusak atau tidak berfungsi normal sebagaimana mestinya.

Ada beberapa cara yang dapat kalian lakukan untuk melakukan pengecekan apakah iPhone tersebut dalam keadaan normal atau tidak, pertama dengan cara software kemudian yang kedua secara fisik.
Kalau begitu langsung saja perhatikan cara-cara mengeceknya berikut ini :

#1 : Cek Tombol Volume, Power, Home


Silahkan cek tombol volume bawah dan atas, penggeser untuk silent, tombol lock / power dan tombol back/home ( untuk pengguna iPhone 8 Plus dan seri lebih lama ) apakah berfungsi atau tidak, pastikan juga tombol volumenya masih keras dan tidak tertahan ke dalam saat di tekan.

#2 : Cek Fungsi Layar

Layar adalah komponen terpenting pada iPhone, tentu saja iPhone yang baru dan dalam keadaan Normal memiliki kualitas layar yang Cerah, Tajam dan Responsive, untuk mencobanya silahkan sentuh dan lakukan pengetikan secara cepat, jika tidak ada jeda atau delay saat mengetik dengan tampilan layar maka kualitas iPhone kalian sejauh ini bisa di katakan normal, kemudian cek juga dengan meyentuh seluruh bagian layar apakah dapat merespon sentuhan atau tidak, cek juga apakah terdapat dead pixel dengan menggunakan gambar atau tampilan putih pada layar kemudian perhatikan apakah ada titik hitam pada layar atau tidak.

#3 : Cek Mikrofon

Silahakan cek apakah mikrofon berfungsi dengan baik atau tidak dengan menggunakan aplikasi Memo Suara, jika dapat merekam suara kalian dengan baik maka fungsi mikrofon normal.

#4 : Cek Kesehatan Baterai

Pada iOS 11 Apple memberikan fitur Kesehatan Baterai, silahkan cek kesehatan baterainya pada iPhone melalui menu Pengaturan > Baterai > Kesehatan Baterai, jika iPhone tersebut baru maka seharusnya Kapasitas Maksumum berada pada angka 100% tetapi jika iPhone tersebut second maka angka bisa saja kurang dari itu, jika angkanya kurang dari atau sekitar 70% maka bisa di bilang baterai pada iPhone tersebut sudah tidak lagi dalam keadaan bagus / normal.

#5 : Cek Fungsi Kamera


Silahkan lakukan foto pada kamera iPhone, lakukan juga test merekam video, slow-mo, potrait, kamera selfie dan lain sebagainya, jangan lupa cek apakah flash kamera belakang menyala atau tidak.
#6 : Cek Fungsi Suara

Silahkan putar musik atau lagu apapun yang penting mengeluarkan suara, kemudian dengar baik-baik pastikan kualitas suaranya tidak pecah, untuk iPhone 7 ke atas pastikan suaranya stereo ( keluar dari bagian bawah iPhone dan dari Earpiece bagian atas layar iPhone ).

#7 : Cek Fungsi Gyroscope

Gyroscope merupakan sensor pada iPhone yang berfungsi untuk mendeteksi orientasi pada iPhone sederhananya mendeteksi iPhone sedang dalam keadaan lurus, tidur dll, untuk mengetahui apakah Gyroscope berfungsi dengan baik cara mudah sekali, pastikan Mode Orientasi tidak dalam keadaannya menayala ( cara ceknya silahkan buka control center dan lihat ikon bergambar gembok yang di lingkari panah ) setelah itu silahkan buka aplikasi Safari kemudian miringkan layar jika tampilan safari ikut miring juga berarti Gyroscore dalam keadaan normal.

#8 : Cek GPS

Pastikan kalian memiliki koneksi internet / wifi jika sudah silahkan nyalakan GPS caranya masuk ke Pengaturan > Privasi > Layanan Lokasi kemudian nyalakan menu Layanan Lokasi, selanjutnya buka aplikasi Maps / Peta kemudian cek apakah Peta menunjukan lokasi kalian secara tepat atau tidak.

#9 : Cek Jaringan Telepon, Data Seluler dan Wifi

Selanjutnya silahkan masukkan kartu SIM kalian ke dalam iPhone dan cek jaringannya dengan cara melakukan browsing internet menggunakan Data Seluler, lakukan juga panggilan telepon dan browsing menggunakan Wifi, jika semua bisa di lakukan berarti semua fungsi tadi dalam keadaan normal.

#10 : Cek di Cas


Coba Cas iPhone tersebut apakah mau mengisi atau tidak, jika mau mengisi maka fungsi charging bisa di bilang normal.

CEK FISIK !!!

Jika memang kalian ingin membeli iPhone second pastikan juga keadaan fisiknya masih bagus misalnya layarnya rata dan tidak terangkat dari casing.

Oh ya satu lagi, tentu saja kita tidak tahu juga apakah iPhone tersebut pernah di bongkar / service sebelumnya atau tidak, untuk mengetahuinya mudah saja silahkan ikuti langkah-langkah pada artikel berikut :

Baca Juga : Cara Cek Apakah iPhone Sudah Pernah di Bongkar atau Service

Baik itu saja tips dari saya bagaimana cara-cara untuk mengecek apakah iPhone masih dalam keadaan normal atau tidak, jika kalian memiliki pertanyaan seputar artikel berikut atau ada yang ingin di koreksi? silahkan tinggalkan pesan kalian pada kolom komentar di bawah, Terima Kasih!