Penyebab & Cara Memperbaiki iPhone Tidak Bisa di Charge Sampai 100%

Melakukan pengisian daya pada iPhone hingga 100% adalah hal yang biasa dilakukan demi membuat iPhone tersebut dapat bertahan selama mungkin saat digunakan, tapi apa jadinya jika iPhone yang dicharge sudah berjam-jam tidak juga kunjung terisi hingga 100%?


Masalah ini dapat disebabkan oleh banyak faktor dan untuk mengatasinya kalian bisa mencoba beberapa tips berikut ini:

Cek Fitur "Optimize Battery Charging"

Melalui iOS 13 Apple memperkenalkan fitur Optimze Battery Charging.

Dengan mempelajari kebiasaan pengisian daya fitur ini akan membatasi pengisian daya baterai hanya sampai 80% saja dalam kurun waktu tertentu, kenapa 80%? menurut Apple angka ini adalah angka terbaik untuk menjaga baterai iPhone agar tetap awet dalam jangka waktu yang lama.

Meski begitu, pembatasan sampai 80% tersebut akan sedikit demi sedikit kembali ke angka 100% di saat iPhone mempelajari bahwa kalian akan segera menggunakan iPhone tersebut.

Nah, untuk mematikan fitur ini silakan masuk ke Settings > Battery > Battery Health > Optimize Battery Charging.

Restart iPhone

Untuk memastikan tidak ada bug dan menyegarkan kembali sistem pada iPhone, silakan coba restart iPhone kalian dan coba lihat kembali hasilnya.

Kalibrasi Baterai

Kalibrasi baterai adalah proses untuk menyesuaikan kembali keadaan baterai, caranya silakan kosongkan baterai iPhone terlebih dahulu (dipakai sampai benar-benar habis), setelah itu baru dicharge kembali hingga penuh, harap untuk tidak dimainkan sampai benar-benar tercharge hingga 100%.

Gunakan Charger Lain

Jika kalibrasi Baterai tidak juga membuahkan hasil, coba gunakan kabel / charger lainnya untuk memastikan tidak ada masalah pada charger yang gunakan.

Tambahan...

Biasanya beberapa orang yang mempunyai iPhone baru, baterainya belum terkalibrasi dengan baik, jadi biarkan dulu untuk beberapa hari sampai benar-benar terkalibrasi dengan sempurna.

Selain hal-hal di atas faktor berikut juga dapat menjadi penghalang baterai untuk sampai ke tahap 100% :

  • Kesehatan Baterai sudah menurun jauh (biasanya kurang dari 70% / 60%)
  • Baterai bocor / hampir rusak
  • Memainkan iPhone sambil dicharge
  • iPhone dalam keadaan panas saat dicharge
  • Charger rusak
  • Bug iOS (coba update ke iOS terbaru)

Baik sekian informasi yang dapat saya bagikan, jika kalian punya tips lain jangan lupa berbagi di kolom komentar ya.. Terima Kasih!