Pilih Yang Mana iPhone Kapasitas 64GB, 128GB, 256GB atau 512GB?

Memilih kapasitas penyimpanan pada iPhone harus dilakukan dengan hati-hati dan dengan perkiraan yang matang, hal ini di karenakan iPhone tidak memiliki slot kartu memori tambahan seperti yang sering kita temukan pada perangkat Android. Apple seringkali merilis iPhone dengan kapasitas mulai dari 64GB hingga yang terbesar 512GB, lalu yang mana yang kalian harus ambil agar tidak menyesal nantinya?


Sebenarnya ada banyak faktor yang dapat menjadi patokan pilihan kapasitas penyimpanan yang kalian butuhkan, misalnya mulai dari bagaimana kalian memanfaatkan, menggunakan dan kebiasaan apa yang sering kalian lakukan menggunakan iPhone.

Dan pada postingan kali ini saya akan mengulas hal-hal yang bisa kalian pertimbangkan untuk memilih kapasitas penyimpanan iPhone yang cocok :

Kapasitas 64GB : Cocok Untuk Siapa?

Kapasitas 64GB adalah kapasitas terendah pada iPhone terbaru yang di rilis oleh Apple, kapasitas ini sebenarnya cocok buat kalian yang memiliki rutinitas tinggi dan menggunakan iPhone hanya untuk keperluan sosial media, membaca berita, social messaging, chat, keperluan bisnis atau pekerjaan dan lain sebagainya.

Kapasitas 128GB : Sweet Spot!

Buat saya kapasitas 128GB adalah kapasitas yang paling Ideal karena tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil, kalian bisa menyimpan puluhan aplikasi / games dan ratusan media seperti foto atau video tanpa takut cepat kehabisan penyimpanan, sayangnya tidak semua model iPhone memiliki kapasitas penyimpanan ini.

Kapasitas 256GB : Cocok Untuk Produktivitas

Kapasitas 256GB ini adalah kapasitas penyimpanan yang cocok untuk kalian gunakan sebagai sarana produktivitas misalnya sering mengabadikan foto, merekam video kualitas tinggi, editing video dengan ukuran besar, menyimpan puluhan film atau video dan lain sebagainya.. dengan kapasitas sebesar ini kalian juga mampu menampung ratusan aplikasi / games dan ribuan file foto atau video.

Kapasitas 512GB : Berlebihan

Buat saya tidak ada alasan pasti untuk membeli kapasitas setengah terabyte ini, kapastias 512GB adalah kapasitas yang sangat besar yang dapat menampung data 2 kali lebih banyak di banding penyimpanan 256GB, kapasitas ini sangat cocok buat kalian yang produktif memanfaatkan iPhone untuk keperluan tertentu, misalnya membuat Vlog, Editing Video dan lain sebagainya.

Bagaimana kalau hanya ada 2 pilihan antara 64GB atau 256GB?

Tentu saja 256GB adalah pilihan yang tepat, semakin lama ukuran aplikasi di App Store akan semakin membesar mengkuti perkembangan teknologi, begitu juga dengan ukuran file-file media lainnya. Jadi 256GB adalah pilihan yang tepat jika di bandingkan dengan 64GB.

Kalau Antara 128GB atau 256GB?

Ambil 128GB kalau kalian tidak menginstall terlalu banyak aplikasi atau games dan tidak terlalu sering melakukan foto merekam video resolusi tinggi.
Ambil 256GB jika kalian suka menginstall aplikasi, sering foto-foto atau sering merekam video dengan kualitas tinggi.

256GB atau 512GB?

Kembali ke poin di atas, apa yang akan kalian lakukan dengan kapasitas sebesar 256GB dan 512GB, jika memang kalian bekerja produktif memanfaatkan iPhone misalnya untuk merekam video kualitas tinggi atau mau menyimpan banyak video tentu 512GB bisa jadi pilihan walaupun untuk saat ini kapasitas 256GB saya rasa sudah lebih dari cukup.

Satu lagi, menurut saya kapasitas terlalu besar tidak worth jika kalian memiliki akses untuk membackup segala data-data kalian ke komputer atau laptop, lagipula apa iya semua file dalam jumlah yang banyak kalian akses terus menerus setiap hari, tentu backup file dari iPhone ke komputer atau laptop adalah pilihan yang baik untuk mengamankan data, selain itu Apple juga menyiapkan layanan pencadangan data secara online seperti iCloud, jadi kalian dapat menyimpan beberapa foto pada layanan iCloud.

Jadi bagaimana menurut kalian? kapasitas apa jadinya yang kalian ambil? silahkan bagikan alasan kalian pada kolom komentar di bawah ya, Terima Kasih! :)