Cara Backup dan Restore Data iPhone Tanpa iTunes

Biasanya para pengguna iPhone membackup data mereka melalui iTunes di komputer, cara ini memang merupakan cara paling baik di lakukan apalagi iTunes akan membackup seluruh data pada iPhone kalian dengan lengkap.


Sayangnya tidak semua orang memiliki akses langsung ke iTunes, bagi kalian yang ingin mereset atau menghapus konten dalam iPhone menjadi baru lagi atau ingin mengganti iPhone ( upgrade ) dan lupa membackup data-data kalian di iTunes, kalian dapat memanfaatkan layanan pencadangan iCloud untuk membackup data tersebut dan merestorenya kembali ke iPhone kalian, semua di lakukan tanpa iTunes hanya saja ada beberapa hal yang perlu di perhatikan :

  1. File yang di backup termasuk Foto, Pengaturan, Dokumen dan lain sebagainya
  2. Membutuhkan koneksi Internet untuk upload
  3. Maksimal pencadangan iCloud hanya terbatas 5GB saja
  4. Upload memakan waktu yang lama apalagi jika kapasitas backupnya besar

Ya walaupun saya tetap merekomendasikan menggunakan iTunes, tidak ada salahnya menggunakan iCloud untuk membackup data jika memang di perlukan, baik kalau begitu langsung saja ikuti caranya berikut :

Backup via iCloud

#1 : Buka aplikasi Pengaturan pada iPhone kemudian klik nama akun Cloud kalian ( letaknya ada pada bagian paling atas menu pengaturan )


#2 : Kemudian pilih menu iCloud lalu pilih lagi Cadangan iCloud


#3 : Jika belum aktif silahkan di aktifkan terlebih dahulu ( tekan tombolnya hingga berwarna hijau )

#4 : Setelah itu pilih menu Cadangkan Sekarang


Tunggu hingga proses uploadnya selesai, pastikan ruang pada iCloud kalian masih mencukupi untuk file-file yang di backup.

Catatan : pastikan kalian sudah menyalakan seluruh menu pencadangan untuk foto, kontak dan lain sebagainya pada menu iCloud di atas.

Cara Restore

Untuk merestore backup tadi ( di masukkan kembali ke dalam iPhone ) pada layar aktivasi / setting awal iPhone saat berada pada menu App & Data pilih menu Pulihkan dari Cadangan iCloud


Ingat pastikan kalian menggunakan akun yang sama dengan yang kalian gunakan untuk membackup data, pastikan juga koneksi internet kalian tersedia.

Bagaimana? walaupun begitu saya tetap lebih menyarankan kalian untuk menggunakan iTunes ya.. mengingat pencadangan iCloud memiliki batasan kapasitas dan juga membutuhkan koneksi internet untuk proses pencadangan ataupun pemulihan.