Cara Convert Video ke Audio MP3 Menggunakan VLC Media Player

VLC merupakan aplikasi 'serbaguna' yang dapat memutar beragam format file media seperti video maupun audio, VLC mendukung banyak sekali format video dan audio oleh karena itulah tidak heran jika banyak orang menggunakan VLC sebagai media player di komputer mereka.


Selain dapat memutar beragam format video dan audio ternyata VLC Media Player dapat di manfaatkan untuk melakukan convert ( konversi ) file video menjadi file audio ( musik ) mp3, keren kan?


Kalau begitu langsung saja berikut tutorialnya, perhatikan dan ikuti step-by-step dengan baik :

#1 : Pertama silahkan buka Aplikasi VLC Media Player, kalau belum punya kalian bisa mendownloadnya gratis melalui link berikut : Download VLC

#2 : Setelah itu pilih menu Media kemudian pilih Convert / Save


#3 : Setelah pada menu File klik tombol Add ( contohnya seperti yang di tunjukkan panah pada gambar di bawah )


#4 : Otomatis jendela baru akan terbuka, silahkan cari dan pilih file video yang akan di convert ke audio jika sudah ketemu klik Open

#5 : Selanjutkan jika file video sudah di pilih silahkan klik menu Convert/Save


#6 : Sekarang klik pada menu di samping nama Profile lalu cari dan pilih Audio - MP3 ( contohnya bisa kalian lihat gambar di bawah berikut )


#7 : Jika sudah klik juga tombol Browse dan pilih direktori tempat kalian akan menyimpan file audio hasil dari convert tersebut

*catatan : saat memilih direktori silahakan ubah format belakang nama file menjadi .MP3


#8 : Jika sudah klik Save

#9 : Langkah terakhir silahkan klik tombol Start untuk memulai proses converting


Untuk Proses dan Lama prosesnya tergantung dari ukuran video itu sendiri, kemajuan prosesnya akan di tandai dengan bar biru yang berjalan.


Dan jika prosesnya sudah selesai silahkan cek direktori yang tadi sudah kalian pilih sebagai tempat penyimpanan hasil convert dan lihat hasilnya :)

Bagaimana gampang kan? dengan menu fitur di atas kalian juga dapat merubah file video ke beragam format file yang di butuhkan.

Baik sekian dulu postingan kali ini, jika ada yang ingin di tanyakan, sampaikan bahkan ada yang saran yang ingin di tambahkan? silahkan tinggalkan pada kolom komentar di bawah, Terima Kasih!