Cara Cek dan Mengetahui Battery Health di Smartphone Android

Battery Health / Kesehatan Baterai adalah salah satu fitur bawaan yang hanya di miliki oleh perangkat iPhone, iPad dan iPod untuk saat ini, lalu bagaimana dengan pengguna Android? fitur Battery Health pada pengguna Android untuk saat ini setau admin sama sekali belum tersedia secara bawaan.


Lalu sebagai Alternatifnya pengguna Android yang ingin mengetahui kesehatan baterainya dapat memanfaatkan aplikasi AccuBattery, aplikasi ini dapat menentukan berapa kapasitas maksimal yang dapat di tampung oleh baterai smartphone Android kalian, dengan begitu battery health pada Android dapat di simpulkan tersisa berapa persen %.

Kalau begitu langsung saja silahkan download aplikasinya dan cara untuk menggunakan ( cara kerja ) dari aplikasi AccuBattery :

#1 : Download aplikasi AccuBattery gratis melalui link berikut : Download AccuBattery via PlayStore

#2 : Setelah itu silahkan buka aplikasi AccuBattery

Nah untuk menentukan Battery Health dari Smartphone Android, kalian perlu untuk melakukan charging ( di cas ) saat baterai kalian berada di bawah angka 20% hingga beberapa kali agar AccuBattery dapat membandingkan kapasitas dalam satuan mAh yang terisi dan kapasitas asli dari baterai pada smartphone android kalian, jadi pastikan selama melakukan charging / ngecas smartphone Android aplikasi AccuBattery tidak di close / tutup dari multitask.

#3 : Apabila sudah beberapa kali melaukan cas maka aplikasi AccuBattery dapat menyimpulkan jumlah Battery Health pada smartphone Android kalian, contohnya seperti pada gambar di bawah berikut :


Selama melakukan Charging ( di cas ) kalian juga dapat memantau kecepatan pengisian baterai dalam satuan mAh, ataupun kapasitas baterai yang telah terisi.


Seperti yang kita ketahui bahwa kabarnya dengan melakukan charging hanya sampai 80% dapat membuat umur baterai lebih tahan lama, di iOS iPhone sendiri ada fitur pembatasan charging hingga 80% yang berfungsi sama, hal ini menandakan charge hingga pada angka 80% saja adalah pilihan yang tepat bagi yang ingin merawat baterai pada Smartphonenya agar kapasitas aslinya tidak cepat menurun.

Pada Aplikasi AccuBattery terdapat menu yang dapat di gunakan untuk mengingatkan kalian apabila baterai telah menyentuh angka 80% atau bisa kalian atur sendiri.


Walaupun begitu aplikasi ini tidak di jamin 100% akurat ya.. jadi jangan di jadikan patokan seberapa besar battery health pada Smartphone Android kalian tetapi bisa di jadikan sebagai referensi alias sumber acuan saja.

Baik sekian dulu postingan kali ini, jika ada yang ingin di sampaikan, tanyakan atau bahkan ada yang mau menambahkan? silahkan tinggalkan pada kolom komentar di bawah, Terima Kasih!