Cara Connect dan Setting Gamepad Black Shark

Black Shark merupakan salah satu Smartphone Gaming Android yang memiliki segudang fitur termasuk dalam urusan aksesoris yang keren-keren dan salah satunya adalah Gamepad Black Shark, Gamepad pada Black Shark ini dapat kalian gunakan untuk menjalankan berbagai macam game tanpa terbatas apakah game tersebut mendukung Gamepad atau tidak, hal ini dikarenakan gamepad black shark menggunakan simulasi sentuhan pada layar berupa icon pengganti fungsi tombol pada gamepad, bingung? ya saya juga sedikit bingung menjelaskannya hehe.. ^^_

Oh ya sebelum melanjutkan pastikan juga Gamepadnya sudah menempel pada smartphone black shark kalian ya.. untuk menempelkan gamepad tersebut dibutuhkan gamepad holder dan case yang sudah mendukung, kalau beres langsung saja berikut cara connect dan setting gamepad black shark :

Cara Connect Gamepad ke Black Shark

#1 : Pastikan Gamepad sudah menempel di Smartphone Black Shark

#2 : Sekarang nyalakan Gamepadnya ( geser tombol kecil yang berada pada bagian bawah gamepad )

#3 : Selanjutnya buka aplikasi Settings > Connected devices ( Bluetooth ) > Pair new device

#4 : Setelah itu silahkan pilih nama dari gamepad yang di temukan kemudian pilih CONNECT


#5 : Apabila menggunakan 2 gamepad, lakukan hal yang sama pada gamepad yang satunya lagi

#6 : Sekarang gamepad kalian sudah dalam keadaan tersambung :) lanjut di bawah untuk cara settingnya.

Cara Setting Gamepad

Cara melakukan settingan gamepad ke game caranya sangatlah mudah, kalian hanya perlu menyeret setiap ikon yang merujuk pada tombol gamepad itu sendiri, biar tidak bingung langsung saja berikut caranya :

#1 : Buka game yang akan di mainkan menggunakan Gamepad, pastikan kalian sudah masuk di dalam permainan

#2 : Apabila menggunakan :

Hanya 1 buah Gamepad ( hanya kiri / kanan ) : Silahkan tekan tombol segitiga hijau yang menyala pada gamepad kemudian pilih tombol Pengaturan yang ada di pojok kanan atas layar, contohnya seperti yang di tunjukkan panah gambar berikut :


Bagi yang menggunakan 2 Gamepad ( kanan dan kiri ) : Apabila kalian menggunakan 2 buah gamepad, kalian bisa langsung menekan tombol segitiga hijau ( yang menyala ) pada gamepad bagian kanan ( yang terdapat trackpad ).

#3 : Selanjutnya akan muncul tampilan bermacam-macam icon tombol yang dapat kalian atur letaknya sesuai dengan fungsi pada gamepad, ingat sekali lagi icon tersebut merujuk pada fungsi tombol gamepad.


#4 : Tahan dan Seret tombol-tombol tersebut ke dalam tombol pada layar game, nantinya tombol yang di seret tersebut terhubung langsung terhubung dengan gamepad ( mirip shortcut ).

#5 : Untuk melakukan test bahwa ikon tersebut merupakan tombol yang mana, tekan saja tombol pada gamepad maka ikon yang terhubung dengan tombol tersebut akan menyala.

Catatan : untuk trackpad ( berwarna kuning ) dapat di fungsikan sebagai sentuhan pada layar dan hanya tersedia apabila menggunakan gamepad yang kiri.

Jika sudah silahkan klik Save dan selamat bermain!

Sedikit tambahan, pada menu Advanced terdapat juga fitur seperti Sensitivitas TouchPad dan lain sebagainya kalian bisa atur sendiri sesuai dengan keinginan kalian untuk pengalaman bermain yang lebih baik.


Dan satu lagi, karena setiap game memiliki settingannya sendiri, kalian tidak perlu melakukan setting ulang posisi icon setiap keluar dari game atau saat black shark terputus dari gamepad, karena settingan tersebut akan otomatis tersimpan sesuai dengan masing-masing game.

Informasi Baterai Gamepad Black Shark

Untuk cek baterai pada Gamepad Blackshark silahkan tekan lagi tombol segitiga pada gamepad ( kiri ) kemudian cek di bagian pojok kanan atas.


Bagaimana gampang kan? gamepad ini menurut saya sangat cocok untuk menjalankan beberapa game berjenis balapan atau petualangan, ya kira-kira mirip seperti Nintendo Switch gitu.. hehe.

Oke sekian dulu postingan kali ini, apabila ada yang ingin di tanyakan atau sampaikan silahkan tinggalkan pada kolom komentar di bawah, Terima Kasih!