Cara Mengaktifkan Save Game / State Emulator Dolphin di Android

Emulator Dolphin pada Android adalah salah satu aplikasi yang di gunakan untuk menjalankan berbagai macam game dari konsol Gamecube atau Wii, meskipun begitu ada satu fitur yang tidak kalian temukan secara default pada aplikasi Dolphin yaitu fitur untuk menyimpan state pada game.


Apa maksudnya menyimpan state pada game? maksudnya adalah apabila kalian memainkan game kemudian ingin menyimpan proses pada game tersebut untuk di lanjutkan lain waktu, kalian dapat menggunakan fitur Save State, apabila sudah di simpan kalian tinggal masuk ke menu Load State untuk melanjutkan proses game yang sudah kalian simpan tadi, cukup simple dan tidak perlu ulang dari awal ataupun checkpoin dalam game.

Mesikpun begitu fitur ini memang tidak di aktifkan secara default oleh Aplikasi Dolphin, nah untuk mengaktifkan fitur ini caranya sangatlah mudah, silahkan ikuti langkah-langkahnya berikut ini :

#1 : Pertama buka aplikasi emulator Dolphin kemudian masuk ke bagian Settings lalu pilih menu General kemudian centang pada bagian menu Enable Savestates.


#2 : Untuk mulai menyimpan State pada game ( progress ) caranya mudah, pada game silahkan pilih menu ( 3 titik di pojok kanan atas ) kemudian pilih menu Save State dan yang terakhir silahkan pilih di slot yang mana.


#3 : Untuk melanjutkan State kalian bisa memilih menu Load State ( seperti yang di tunjukkan pada gambar di atas ) kemudian pilih slot state tempat kalian menyimpan statenya.

Slot state sendiri tersedia hingga 5 buah, jadi kelimanya dapat kalian gunakan untuk menyimpan progress game, slot state tersebut juga bisa di timpa dengan progress game yang baru sesuai keinginan kalian.

Kekurangan

Meskipun begitu masih terdapat kekurangan dalam menggunakan fitur Save State untuk saat ini, yaitu adanya kemungkinan bahwa save state tersebut akan tidak kompatibel ketika kalian mengupdate aplikasi Dolphin ke versi terbaru, jika sudah tidak kompatibel maka save state ( progress game ) tidak dapat di lanjutkan, hal ini sudah di jelaskan sebelumnya pada menu Enable Savestates.

Bagaimana gampang kan? apabila ada yang ingin di tanyakan atau sampaikan silahkan tinggalkan pada kolom komentar di bawah, Terima Kasih!