Cara Custom Ringtones / Nada Dering WhatsApp di iPhone

Custom Ringtones atau Nada Dering yang artinya kalian dapat mengatur jenis dan lagu ringtones untuk masing-masing kontak yang kalian inginkan, fitur ini sangatlah berguna apabila kalian ingin mengetahui siapa kontak yang menghubungi ( panggilan / telepon masuk ) hanya dengan mendengarkan ringtone yang sudah di atur sebelumnya.


Baik untuk menggunakan fitur Custom Ringtones di iPhone caranya sangatlah mudah, kalian bebas memilih ringtones apa saja yang tersedia untuk pasangkan pada kontak mana saja yang kalian inginkan dan hal ini berlaku untuk panggilan masuk dari telepon biasa maupun panggilan masuk dari whatsapp, kalau begitu langsung saja ikuti caranya berikut ini :

#1 : Silahkan cari dan buka aplikasi Kontak

#2 : Kemudian pilih kontak mana yang mau di ubah ringtonenya

#3 : Setelah itu pilih tombol Edit kemudian pilih menu :


  • Ringtone : untuk memilih ringtone tertentu saat panggilan masuk dari kontak tersebut
  • Text Tone : untuk memilih tone saat pesan masuk dari kontak tersebut ( tidak berlaku untuk whatsapp )



#4 : Jika sudah silahkan pilih menu Done yang terletak di pojok kanan atas


Sekarang ringtone pada kontak tersebut sudah berubah ke ringtone yang terpilih, ringtone tersebut berlaku untuk kontak dengan panggilan masuk dari telepon biasa dan telepon pada WhatsApp.

Untuk merubah suara notifikasi pesan masuk / chat WhatsApp di iPhone hal ini bisa kalian atur sendiri langsung melalui aplikasi WhatsApp, caranya masuk ke WhatsApp kemudian pilih Settings > Notifications.


Untuk merubah suara chat masuk dari grup kalian bisa ubah pada bagian " Group Notifications "

Nah dengan begini kalian bisa mengatur untuk mengenali siapa yang melakukan chat / panggilan telepon dari bunyi notifikasi / ringtonenya.

Oke sekian postingan kali ini apabila ada yang ingin di tanyakan atau sampaikan silahkan tinggalkan pada kolom komentar di bawah, semoga dapat bermanfaat, Terima Kasih!