Cara Lengkap Mengatasi iPhone is Disable Dengan / Tanpa iTunes

Masalah iPhone is Disable ( iPhone dinonaktifkan ) dapat terjadi di akibatkan oleh kesalahan saat memasukkan password ke dalam iPhone, bahkan apabila terus di lakukan berulang kali maka iPhone tersebut akan memunculkan peringatan iPhone is Disable Connect to iTunes ( iPhone dinonaktifkan sambungkan ke iTunes ) yang artinya jumlah maksimal untuk mencoba memasukkan password sudah habis, untuk cara mengatasinya sebenarnya mudah sekali.


Tunggu dan Coba Kembali

Solusinya pertama apabila peringatan masih berada pada misalnya iPhone is Disable try again in 5 minutes silahkan coba tunggu saja waktu yang di berikan untuk mencoba ulang, kemudian apabila waktunya sudah tiba pastikan kalian memasukkan password yang benar pada iPhone tersebut apabila salah lagi maka waktunya akan terus bertambah hingga pada akhirnya iPhone harus di perbaiki hanya melalui iTunes saja.

Berikut adalah estimasi menambahnya waktu apabila salah memasukkan password berulang kali :

  • 6 kali salah memasukkan password : iPhone is Disable, try again in 1 minute
  • 7 kali salah memasukkan password : iPhone is Disable, try again in 5 minute
  • 8 kali salah memasukkan password : iPhone is Disable, try again in 15 minute
  • 9 kali salah memasukkan password : iPhone is Disable, try again in 60 minute
  • 10 kali salah memasukkan password : iPhone is Disable, Connect to iTunes

Bagaimana Jika Lupa Passwordnya?

Apabila kalian lupa dengan password pada iPhone tersebut, pastikan terlebih dahulu bahwa iPhone tersebut memang milik kalian dan tersangkut dengan akun Apple ID atau iCloud milik kalian juga, untuk memperbaikinya kalian bisa mencoba 2 metode berikut yang pertama menghapus melalui iCloud yang terhubung ke iPhone tersebut ( tanpa iTunes ) atau yang kedua menggunakan metode iTunes kelebihannya apabila sebelumnya iPhone tersebut pernah di backup melalui iTunes maka kalian bisa mendapatkan kembai data-data tersebut ke iPhone kalian menggunakan fitur Restore Backup setelah proses Restore iPhone selesai.

Restore iPhone Menggunakan iTunes


#1 : Sambungkan perangkat iPhone, iPad atau iPod kalian yang mengalami Disable menggunakan kabel USB atau Data ke dalam Komputer, Laptop atau Mac

#2 : Pastikan komputer kalian sudah terinstall iTunes, apabila belum silahkan download melalui link berikut : Download iTunes

#3 : Sekarang buka aplikasi iTunes kemudian klik pada menu iPhone kalian 

#4 : Apabila di perintahkan untuk Restore silahkan klik Restore iPhone

#5 : Dalam prosesnya nanti ada kemungkinan kalian akan di minta untuk memasukkan email dan password iCloud, silahkan masukkan email dan password akun iCloud kalian yang di loginkan pada iPhone tersebut.

#6 : Ketika proses Restore selesai maka iPhone akan menjadi kosong seperti baru, apabila sebelumnya data pada iPhone tersebut pernah di backup pada iTunes yang sama kalian bisa menggunakan fitur Restore Backup ketika selesai melakukan Restore iPhone.

Restore Menggunakan iCloud ( tanpa iTunes )

Untuk Restore menggunakan iCloud pastikan iCloud kalian memang yang di gunakan pada iPhone tersebut, kemudian juga pastikan bahwa iPhone tersebut terkoneksi ke jaringan internet ( data seluler ) atau Wifi, apabila sudah sekarang silahkan buka website berikut :


Website di atas bisa di buka melalui Android atau iPhone lainnya.. kemudian silahkan login iCloud kalian setelah itu pilih menu Cari iPhone kemudian pilih Hapus iPhone


Ikuti instruksi selanjutnya, maka setelah itu iPhone kalian akan di reset datanya secara otomatis hingga kosong dan kalian bisa melakukan pengaturan ulang pada iPhone tersebut sampai masuk ke homescreen.

Kuncinya di sini apabila iPhone terdisable total maka kalian hanya harus merestore iPhone tersebut melalui iTunes atau iCloud untuk dapat menggunakan iPhone tersebut kembali, apabila iPhone tersebut terhubung pada akun iCloud tertentu pastikan juga kalian mengetahui akun iCloudnya karena nantinya akan di verifikasi kepemilikan iPhone yang tersangkut pada iCloud tersebut.

Bagaimana Kalau Lupa Password dan Lupa iCloud?

Apa yang harus kalian lakukan apabila lupa pada password iPhone tersebut dan apesnya lupa juga password pada akun iCloud yang terhubung pada iPhone tersebut.

#1 : Gunakan fitur Forget Password pada halaman iCloud untuk memulihkan password iCloud kalian melalui Email yang di gunakan

#2 : Ingat kembali baik-baik kembali password iCloud yang di gunakan pada iPhone tersebut

Bagaimana kalau tidak tahu Total akun iCloud yang ada Pada iPhone Tersebut?

Sayang sekali maka iPhone tersebut tidak dapat di gunakan lagi, terkadang saya suka mengingatkan siapapun yang menggunakan iPhone bahwa iCloud adalah nyawa ke 2 dari iPhone, apabila akun iCloud sama sekali tidak dapat di akses apalagi di tambah password pada iPhone tersebut lupa maka iPhone tersebut hanya bisa jadi kenangan.

Baik sekian dulu informasi yang dapat saya berikan, apabila ada yang ingin di tanyakan, sampaikan atau bahkan ada yang mau menambahkan? silahkan tinggalkan pada kolom komentar di bawah, Terima Kasih!