Cara Lengkap Mengatasi iPhone is Disable Dengan / Tanpa iTunes

Masalah iPhone is Disable (iPhone dinonaktifkan) dapat terjadi diakibatkan oleh kesalahan saat memasukkan password iPhone berulang kali, bahkan apabila terus-menurus memasukkan password yang salah maka iPhone tersebut akan menampilkan peringatan iPhone is Disable Connect to iTunes (iPhone dinonaktifkan sambungkan ke iTunes) yang artinya jumlah maksimal untuk mencoba memasukkan password sudah habis, dan iPhone butuh direstore melalui iTunes.


Solusinya pertama apabila peringatan masih berada pada misalnya iPhone is Disable try again in 5 minutes silakan coba tunggu saja waktu yang diberikan untuk mencoba ulang (pastikan jangan salah lagi).

Berikut adalah estimasi waktu yang betambah apabila salah memasukkan password berulang kali.

  • 6 kali salah memasukkan password : iPhone is Disable, try again in 1 minute
  • 7 kali salah memasukkan password : iPhone is Disable, try again in 5 minute
  • 8 kali salah memasukkan password : iPhone is Disable, try again in 15 minute
  • 9 kali salah memasukkan password : iPhone is Disable, try again in 60 minute
  • 10 kali salah memasukkan password : iPhone is Disable, Connect to iTunes

Bagaimana Jika Lupa Passwordnya?

Apabila kalian lupa dengan password pada iPhone, pastikan terlebih dahulu bahwa iPhone tersebut memang milik kalian dan tersangkut dengan akun Apple ID atau iCloud milik kalian juga, jika ya maka untuk memperbaikinya dapat melalui 2 metode berikut.

  • Menghapus melalui iCloud yang terhubung ke iPhone tersebut (tanpa iTunes)
  • Menggunakan metode iTunes

Sebelum melanjutkan perlu diketahui bahwa cara di bawah ini mungkin akan menghapus data-data pada iPhone, do with your own risk!

Restore iPhone Menggunakan iTunes

1. Sambungkan perangkat iPhone, iPad atau iPod kalian yang mengalami Disable menggunakan kabel USB atau Data ke dalam Komputer, Laptop atau Mac

2. Pastikan komputer kalian sudah terinstall iTunes, apabila belum silakan download melalui link berikut : Download iTunes

3. Sekarang buka aplikasi iTunes kemudian klik pada menu iPhone kalian 

4. Apabila diperintahkan untuk Restore silakan klik Restore iPhone

5. Dalam prosesnya nanti ada kemungkinan kalian akan diminta untuk memasukkan email dan password iCloud, silakan masukkan email dan password akun iCloud kalian yang diloginkan pada iPhone tersebut.

6. Ketika proses Restore selesai maka iPhone akan menjadi kosong seperti baru, apabila sebelumnya data pada iPhone tersebut pernah dibackup pada iTunes yang sama kalian bisa menggunakan fitur Restore Backup ketika selesai melakukan Restore iPhone.

Restore Menggunakan iCloud (tanpa iTunes)

Untuk Restore menggunakan iCloud pastikan iCloud kalian memang yang digunakan pada iPhone tersebut, kemudian juga pastikan bahwa iPhone tersebut terkoneksi ke jaringan internet (data seluler) atau WiFi, apabila sudah sekarang silakan buka website berikut:


Website di atas bisa dibuka melalui Android atau iPhone lainnya.. kemudian silakan login iCloud kalian setelah itu pilih menu Cari iPhone kemudian pilih Hapus iPhone.


Ikuti instruksi selanjutnya, maka setelah itu iPhone kalian akan direset datanya secara otomatis hingga kosong dan kalian bisa melakukan pengaturan ulang pada iPhone tersebut sampai masuk ke homescreen.

Kuncinya disini apabila iPhone terdisable total maka kalian hanya harus merestore iPhone tersebut melalui iTunes atau iCloud untuk dapat menggunakan iPhone tersebut kembali, apabila iPhone tersebut terhubung pada akun iCloud tertentu pastikan juga kalian mengetahui akun iCloudnya karena nantinya akan diverifikasi kepemilikan iPhone yang tersangkut pada iCloud tersebut.

Bagaimana Kalau Lupa Password dan Lupa iCloud?

Apa yang harus kalian lakukan apabila lupa dengan password iPhone tersebut dan lupa juga password pada akun iCloud yang terhubung pada iPhone tersebut.

1. Gunakan fitur Forget Password pada halaman iCloud untuk memulihkan password iCloud kalian melalui Email yang digunakan

2. Ingat kembali baik-baik kembali password iCloud yang digunakan pada iPhone tersebut

Bagaimana kalau tidak tahu total akun iCloud yang ada pada iPhone tersebut?

Jika akun iCloud sama sekali tidak dapat diakses ditambah password pada iPhone tersebut juga tidak diketahui, sayang sekali secara sederhana iPhone tersebut sudah tidak dapat digunakan dengan normal kembali.

Baik sekian dulu informasi yang dapat saya berikan, apabila ada yang ingin ditanyakan, sampaikan atau bahkan ada yang mau menambahkan? silakan tinggalkan pada kolom komentar di bawah, Terima Kasih!