Cara Menambah Kapasitas Penampungan Recycle Bin di PC / Laptop

Recycle Bin merupakan salah satu fitur pada Windows yang berfungsi sebagai tempat penampungan sementara data atau file-file yang di hapus, apabila kalian berubah pikiran dan ingin mengambil kembali data yang di hapus tersebut caranya mudah sekali, kalian tinggal membuka Recycle Bin dan memindahkannya kembali ke direktori yang kalian inginkan.


Meskipun begitu kapastitas file yang dapat di tampung pada Recycle Bin secara default / bawaan memiliki batasan kapasitas tampungan tertentu, apabila sudah penuh maka mau tidak mau file yang akan di hapus akan langsung terhapus permanen tanpa di pindahkan ke dalam Recycle Bin lagi, lalu bagaimana cara mengatasi agar Recycle Bin dapat menampung banyak file yang di hapus?

Caranya mudah sekali kalian hanya perlu untuk menambahkan kapasitas yang dapat di gunakan Recycle Bin untuk menampung data yang sudah di hapus, kalau begitu langsung saja ikuti caranya berikut ini :

#1 : Klik kanan pada icon Recycle Bin kemudian pilih menu Properties


#2 : Karena masing-masing harddisk memiliki daya tampung Recycle Bin nya sendiri-sendiri, jadi apabila menggunakan harddisk lebih dari 2 silahkan pilih Harddisk yang akan di tambahkan ukuran Recycle Binnya kemudian pada menu Custom size ubah ke angka yang kalian inginkan dalam satuan MB.

Ingat 1000 MB = 1 GB, jadi apabila memasukkan 15000 MB berarti 15 GB.


#3 : Apabila sudah selesai klik OK / Apply.

Setelah selesai maka ukuran daya tampung recycle bin sudah berubah ke angka yang tadi sudah kalian atur tadi.

Perlu di perhatikan juga bahwa apabila kapasitas harddisk kalian penuh maka recycle bin tidak dapat menampung banyak data, semua tergantung juga pada ketersediaan kapasitas kosong pada harddisk itu sendiri.

Hapus File Tanpa di Tampung pada Recycle Bin

Selain itu kalian juga dapat mengatur apakah file akan di hapus langsung tanpa melalui Recycle Bin dengan cara memilih menu Don't move files to the Recycle Bin. Remove files immediately when deleted.


Memberikan Konfirmasi Saat Menghapus File

Terkadang tanpa di ketahui file di windows sudah terhapus secara tidak sengaja, untuk menghindari ini dan menambahkan peringatan untuk konfirmasi kalian bisa mencentang bagian Display delete confirmation dialog


Bagaimana? sekian dulu postingan kali ini apabila ada yang ingin di tanyakan atau sampaikan silahkan tinggalkan pada kolom komentar di bawah, Terima Kasih!