Cara Menghapus dan Membersihkan Other Storage / Lainnya di iPhone

Other Storage / Penyimpanan Lainnya pada dasarnya merupakan alokasi penyimpanan yang memuat berbagai macam cache / file log / file pengaturan dan lain sebagainya.. file-file tersebut sebenarnya di gunakan untuk mempercepat pengalaman kalian saat menggunakan iPhone.


Contohnya saja ketika kalian membuka aplikasi Foto, otomatis aplikasi foto-foto yang ada di iPhone tersebut akan di buatkan cache agar nantinya ketika kalian kembali melihat foto tersebut, iPhone tidak perlu lagi memuat dan membaca file foto tersebut dari awal yang akan memakan waktu, tinggal membaca informasi dari cache dan foto yang di tampilkan akan jauh lebih cepat.

Selain itu ada beberapa yang di duga mempengarhui Other Storage ini misalnya saja file " OTA Update ", ya file ota update merupakan file hasil update iOS yang belum sempat kalian install atau belum terdownload sepenuhnya.

Cara Melihat Other Storage / Lainnya di iPhone / iPad


Silahkan buka aplikasi Pengaturan > Umum > Penyimpanan iPhone kemudian seret ke paling bawah dan pilih menu Other Storage / Lainnya.

Cara Melihat Kapasitas Yang Di Gunakan oleh Other Storage via iTunes

Bagi yang ingin membaca seberapa banyak ruang yang di pakai oleh " Other Storage " ini kalian dapat menggunakan aplikasi iTunes di PC caranya :

#1 : Sambungkan iPhone kalian menggunakan kabel data USB ke dalam PC / Laptop / Mac yang sudah terinstall iTunes.

#2 : Kemudian buka aplikasi iTunes, pada informasi iPhone kalian scroll ke bawah dan cek pada menu Storage dengan cara klik / mengarahkan mouse ke diagram batang berwarna-warni yang terletak pada bagian bawah.


Tips Membersihkan " Other Storage / Lainnya "

Untuk membersihkan Other Storage tidak dapat di lakukan secara langsung tetapi tips berikut dapat sedikit menghapus ruang Other Storage, ingat cara di bawah ini tidak menjamin ya.. karena kemungkinan besar ruang Other Storage ini di atur oleh sistem iOS itu sendiri.

#1 : Restart iPhone / iPad Kalian

Dengan melakukan restart iPhone akan membersihkan seluruh file cache yang tersimpan, entah itu cache bekas file yang dihapus dan lain sebagainya, cara ini juga terbukti sangat efektif.

#2 : Bersihkan History Safari


Membersihkan History and Data pada Safari Browser akan membuat kalian harus memuat ulang website yang pernah kalian kunjungi dari awal, jika mau kalian bisa menghapus file History and Data melalui Pengaturan > Safari > Clear History and Website Data > Clear History and Data.

#3 : Hapus File OTA Update ( jika ada )

Caranya silahkan masuk ke Settings > General > iPhone Storage kemudian pada list cari file iOS misalnya iOS 13.2, jika sudah ketemu silahkan pilih dan hapus file tersebut.

#4 : Bersihkan File Aplikasi " Mail "

Beberapa cache pesan masuk, draft dan lain sebagainya pada aplikasi Mail akan tersimpan di dalam iPhone, nah untuk menghapusnya kalian dapat logout account email kalian dan login kembali, caranya masuk ke Settings > Passwords & Accounts > ( pilih email kalian ) > Delete Account, setelah itu silahkan login ulang email kalian.


Walaupun begitu cara-cara di atas seperti yang saya jelaskan dari awal, tidak 100% membuahkan hasil yang memuaskan ( kecuali pada cara ke #3 ), nah sebaiknya apa yang harus di lakukan pada file Other Storage ini? sebenarnya bisa kalian biarkan saja, saya yakin iOS sendiri sudah di lengkapi dengan sistem manajemen yang pintar yang mampu mengelola file-file cache seperti itu saat penyimpanan lebih di butuhkan.

Baik sekian dulu informasi yang dapat saya berikan kali ini jika ada yang ingin di tanyakan, sampaikan atau bahkan ada yang mau menambahkan? silahkan tinggalkan pada kolom komentar di bawah, Terima Kasih!