Cara Mengontrol Izin Akses Aplikasi di iPhone

Privasi merupakan salah satu kekhawatiran yang harus dan penting untuk di perhatikan, beberapa aplikasi yang kita gunakan sehari-hari misalnya aplikasi sosial media, editing foto, streaming musik dan lain sebagainya biasanya akan meminta izin untuk mengakses data pribadi kalian yang tersimpan dalam iPhone, contohnya saja akses untuk galeri media ( foto dan video ), informasi kontak, lokasi dan lain-lain.


Walaupun begitu sebagai pengguna kalian memiliki hak untuk tidak memberikan izin kepada aplikasi yang meminta akses pada data pribadi / privasi kalian, hanya saja konsekwensinya bisa jadi aplikasi tersebut tidak dapat berjalan sebagai mana mestinya.

Nah untuk itu kalian dapat mengatur sendiri apakah mau memberikan izin kepada aplikasi tersebut atau tidak, untuk mengatur izin aplikasi yang menggunakan fitur / data pribadi kalian silahkan :

#1 : Buka menu Pengaturan

#2 : Kemudian pilih menu Privasi

Pada menu Privasi inilah kalian dapat mengatur apa saja izin yang di gunakan oleh aplikasi yang terdapat pada iPhone kalian, misalnya saja izin untuk menggunakan layanan lokasi, kamera, informasi kesehatan, kalender, pengingat dan lain sebagainya.


Untuk mengaturnya ( mencabut / memberikan izin ) caranya cukup mudah, silahkan pilih misalnya akases untuk Kamera kemudian daftar aplikasi yang menggunakan akses kamera akan muncul di sana, kalian dapat mencabut izinnya atau memberikan izin kepada aplikasi tersebut.

Sebagai Catatan :

Beberapa aplikasi seperti sosial media, foto editing terkadang membutuhkan akses ke galeri foto kalian apabila kalian ingin misalnya mengupload atau mengedit foto tersebut, jika tidak di berikan akses maka fungsinya tentu saja tidak akan berjalan.

Baik sekian informasi yang dapat saya bagikan, apabila ada yang ingin di tanyakan, sampaikan atau ada yang mau menambahkan? silahkan tinggalkan pada kolom komentar di bawah, Terima Kasih!