Cara Setting Call of Duty: Mobile Agar Mulus dan Tidak Lag

Call of Duty: Mobile merupakan game bergenre Multiplayer FPS dan Battle Royale yang sangat seru dan kompetitif, tentu saja untuk menguasai game ini dan menjadi Pro Player di butuhkan latihan dan jam terbang yang cukup banyak, selain itu tidak boleh di lupakan ada faktor lain yang sangat berpengaruh pada game ini yaitu kualitas permainan / gameplay.


Apabila kualitas permainan lag maka tentu saja sangat sulit dalam membidik musuh, apalagi pada game ini salah satu faktor yang menjadi titik berat ada pada penguasaan kontrol, reflek membidik dan menembak musuh tepat sasaran dalam waktu yang singkat.

Nah tentu saja dengan permainan yang lag, sangat sulit untuk menjadi Pro player, maka dari itu apabila kualitas Smartphone Android atau iPhone yang kalian gunakan kewalahan dan terasa lag yang cukup parah dalam memainkan game COD Mobile ini, kalian dapat mencoba settingan berikut berikut ini :

Turunkan Kualitas Grafik dan Naikkan Framerate

Semakin tingginya kualitas Grafik pada suatu game maka akan menjadi semakin berat dan hasilnya game akan lag apabila di mainkan pada Smartphone dengan spek pas-pasan, tipsnya silahkan turunkan kualitas grafik pada game COD Mobile ini, caranya buka menu Pengaturan :



  • Kemudian pilih menu Audio and Graphics pada bagian Graphic Quality ubah menjadi Low
  • Untuk Frame Ratenya sendiri gunakan yang paling tinggi yang tersedia
  • Dan pada menu di bagian bawah framerate silahkan hilangkan seluruh efeknya termasuk Depth of Field



Ingat kualitas Grafik akan membebani kinerja Smartphone, sedangkan bagian Framerate akan mendorong kinerja Smartphone agar menjalankan game semulus mungkin, efeknya? penggunaan baterai akan meningkat dan smartphone akan cepat panas.

Kurangi Camera FOV ( Fields of View )

Percaya tidak percaya mengurangi FOV Range ( hanya berlaku untuk FPS Multiplayer First Person ) akan mengurangi kinerja smartphone yang berimbas pada berkurangnya lag, hal ini di karenakan semakin besar FOV akan semakin luas area yang akan di tunjukkan dalam layar sehingga semakin luasnya area tersebut akan membabani kinerja smartphone lebih banyak lagi, caranya silahkan masuk ke Settings > Basic > MP Mode kemudian ubah Camera FOV ke angka yang lebih kecil dan cocok untuk kalian, untuk melakukan test kalian bisa bermain pada mode Practice VS. AI.


Efeknya semakin angka Camera FOV maka area yang di tunjukkan pada layar akan terasa seperti Zoom alias menjadi ( tidak luas ), tetapi apabila kalian cocok-cocok saja maka tidak ada salahnya untuk mencobanya, apabila tidak memberikan efek yang signifikan kalian bisa merubahnya ke pengaturan awal melalui menu Default.

Tutorial di Luar Game

Cara-cara di atas merupakan cara yang di lakukan langsung melalui settingan dalam game COD Mobile, nah untuk tips di luar game seperti mempercepat kinerja smartphone silahkan ikuti cara-cara berikut :

  • Tutup aplikasi lainnya dan hanya sisakan COD Mobile saja
  • Clean RAM menggunakan aplikasi Cleaner
  • Matikan Low Power / Mode Hemat Daya apabila sedang dalam keadaan aktif
  • Restart smartphone sebelum bermain
  • Pastikan bermain dalam ruangan sejuk agar smartphone tidak cepat panas ( panasnya smartphone dapat menurunkan kinerja dan performa )
  • Gunakan jaringan Wifi jika tersedia
  • Bagi pengguna Android yang menggunakan game booster bawaan vendor silahkan gunakan mode performa tertinggi.
  • Update Game melalui PlayStore / App Store jika tersedia
  • Update OS Android / iOS ke versi terbaru jika tersedia

Bagaimana sudah berkurang lagnya?

Apabila cara-cara di atas belum membuahkan hasil dan game masih tetap lag, maka tidak ada cara lain selain mengupgrade smartphone kalian ke spesifikasi yang lebih baik dan di rancang khusus untuk kebutuhan performa yang tinggi.

Oke itu saja tips dan trik yang dapat saya berikan agar mengurangi Lag dan membuat permainan menjadi lebih Lancar pada game COD Mobile, apabila ada yang ingin di sampaikan atau tanyakan silahkan tinggalkan pada kolom komentar di bawah, Terima Kasih!