Tutorial Lengkap Cara Install Tema di iOS iPhone Jailbreak

Sejak Apple merilis iPhone, iPad dan iPod tidak ada namanya fitur yang mengizinkan penggunanya untuk menginstall tema, padahal tema sendiri menurut saya dapat merubah kembali mood dan suasana saat kita memandang iPhone tersebut.


Walaupun begitu menginstall tema di iPhone bukanlah hal yang mustahil di lakukan asalkan syaratnya iPhone kalian sudah dalam keadaan ter jailbreak, jailbreak sendiri merupakan proses untuk melepas batasan-batasan yang sudah di tentukan oleh Apple pada iPhone, sehingga kita dapat melakukan hal yang sebelumnya tidak dapat di lakukan, termasuk menginstall tema.
Baik saya anggap iPhone, iPad atau iPod kalian sudah dalam keadaan terjailbreak ya.. kalau belum dan berniat ingin jailbreak silahkan cari tutorialnya yang sudah saya post di blog ini, kalau sudah langsung saja ikuti caranya berikut ini :

Cara Install Tema di iPhone Jailbreak

#1 : Kita akan menginstall tweak ( theme engine / manager ) antara Snowboard atau Anemone, pilih salah satu saja, pada tutorial ini saya akan menggunakan tweak theme engine Snowboard.

#2 : Untuk cara download dan install tweak Snowboard atau Anemone silahkan tambahkan alamat repo berikut ke dalam Cydia atau Sileo, caranya buka menu Sources > Edit > Add kemudian masukkan alamatnya berikut ini : repo.packix.com kemudian pilih Add Sources.

#3 : Setelah itu buka menu Sources > Packix > All Packages kemudian cari dan pilih Snowboard lalu pilih lagi menu Modify kemudian Install, tunggu hingga proses installasi selesai kemudian Restart Springboard jika di perintahkan.


#4 : Setelah di install sekarang menu Snowboard dapat kalian temukan pada bagian Pengaturan / Settings > Snowboard.

Tunggu dulu belum selesai sampai disini, perlu di ketahui lagi bahwa snowboard merupakan theme engine / manajemen tema sedangkan temanya sendiri terpisah untuk di download, dimana tempat untuk mendownload temanya? di Cydia atau Sileo, pada beberapa repo seperti Packix atau Bigboss menyediakan berbagai macam tema mulai dari yang gratis hingga yang berbayar, untuk cara menginstall temanya silahkan ikuti contoh berikut.

Baca Juga : Cara Menghemat Baterai iPhone yang Sudah di Jailbreak

Cara Download Tema

#1 : Buka aplikasi Cydia atau Sileo kemudian cari tema yang di inginkan ( contohnya seperti yang terdapat pada : menu Source > Packix > Themes )

#2 : Sebagai contoh disini saya akan menginstall tema gratis yaitu Mojito


#3 : Setelah tema selesai di download dan install masuk ke Pengaturan / Settings

#4 : Kemudian buka menu Snowboard ( jangan lupa nyalakan menu Enable ) lalu pilih Select Theme dan silahkan pilih Enable pada theme yang sudah di download kemudian Apply Change


#5 : Jika sudah kembali ke homescreen / layar depan dan lihat hasilnya.


Apabila ingin menonaktifkan temanya kalian bisa masuk ke menu tadi kemudian pilih Disable pada temanya dan Apply Change, sangat simple!

Bagi yang menggunakan tweak theme engine Anemone caranya tidak jauh berbeda.

Bagaimana keren kan? inilah salah satu yang menjadi alasan kenapa saya sangat menyukai jailbreaking pada iOS, semuanya dapat di kostumisasi sehingga tidak bosa dengan tampilan yang itu-itu saja.

Oke sekian dulu postingan kali ini, apabila ada yang ingin di tanyakan atau sampaikan silahkan tinggalkan pada kolom komentar di bawah, Terima Kasih!

Baca Juga : 5 Tweak yang Wajib di Install Setelah Jailbreak iPhone