5 Tweak yang Wajib di Install Setelah Jailbreak iPhone

Jailbreak adalah salah satu metode untuk membuka akses penuh iPhone yang selama ini dibatasi oleh iPhone itu sendiri, contohnya saja untuk mengakses file root, menginstall tema, tweak dan lain sebagainya.


Nah pada postingan kali ini saya akan membahas tweak atau aplikasi apa saja yang wajib diinstall setelah melakukan jailbreaking, tweak atau aplikasi ini akan membantu kalian dalam mengenal lebih jauh fungsi dan keunikan dari yang namanya Jailbreak, kalau begitu langsung saja berikut ini dia daftarnya :

Filza File Manager


Sangat tidak lengkap rasanya melakukan jailbreak pada iPhone tanpa menginstall tweak / aplikasi yang satu ini, ya.. Filza File Manager berfungsi sebagai aplikasi manajemen file (file manager) di iPhone, fungsinya tidak lagi sebagai file sharing tetapi jauh lebih dari itu kalian dapat mengakses file sistem pada iPhone seperti file aplikasi, musik, video, foto dan lain sebagainya.

Tweak ini juga dapat digunakan untuk mengekstrak file (rar, zip, 7z), menginstall file mentah tweak dengan format .deb, menginstall file aplikasi .IPA dan masih banyak lagi.

Baca Juga : Cara Download dan Install Filza File Manager Untuk iOS Jailbreak

iCleaner Pro


iCleaner Pro adalah tweak / aplikasi Cleaner paling populer dalam komunitas jailbreak, iCleaner Pro berfungsi untuk membersihkan file cache, temporary, log dan file sampah lainnya yang sudah tidak dibutuhkan oleh iPhone, dengan begitu ruang penyimpanan akan menjadi lebih lega dan performa iPhone terasa lebih cepat.

Bukan hanya untuk membersihkan saja, iCleaner Pro juga mampu mematikan tweak tanpa harus menghapusnya, yang kerennya lagi aplikasi ini tersedia dalam bahasa Indonesia.

Baca Juga : Cara Install Aplikasi iCleaner Pro di iPhone dan iPad Jailbreak

NewTerm 2



Tweak ini merupakan aplikasi Mobile Terminal (mirip command prompt di Windows), kenapa tweak ini wajib diinstall? beberapa masalah pada jailbreaking terkadang dapat dengan cepat diperbaiki dengan menggunakan perintah-perintah yang dimasukkan pada aplikasi Mobile Terminal ini, contohnya saja seperti merubah password root pada iPhone.

Activator


Apabila kalian sudah lama bermain dalam dunia jailbreaking pasti tidak asing lagi dengan tweak ini, Activator merupakan salah satu tweak yang berfungsi sebagai Shortcut untuk aplikasi, tweak atau menu lainnya, misalnya saja saya ingin membuka aplikasi WhatsApp hanya dengan menekan 2 kali tombol power pada iPhone semua bisa diatur menggunakan tweak Activator ini, keren kan!

SnowBoard


Papan Seluncur Salju? bukan ya hehe.. tweak SnowBoard merupakan salah satu tweak yang berfungsi untuk memanajemen tema yang diinstall melalui Cydia atau Sileo, bagi yang suka menginstall tema tentu saja tweak ini wajib untuk diinstall, selain itu ada juga Anemone sebagai alternatifnya.

Bonus:

  • AppSync Unified : Untuk menginstall paket aplikasi .IPA (misalnya aplikasi emulator)
  • Apps Manager : Untuk memanajemen data pada aplikasi (backup / restore)
  • Mikoto : Tweak All in One yang cukup lengkap, silakan cek sendiri fiturnya
  • Safari Plus : Ubah browser safari pada iPhone menjadi jauh lebih menarik dan berguna
  • ReProvision : Sign ulang aplikasi jailbreak tanpa cydia impactor
  • PowerdownOptions : Menambahkan fitur Respring, Safe Mode, Soft Reboot pada menu Turn Off iPhone
  • CCModules : Menambahkan beragam menu pintasan tambahan untuk Control Center
  • CrashReporter : Memberitahukan log sumber penyebab jika terjadi masalah pada iPhone

Ya itu dia 5 tweak / aplikasi yang wajib diinstall setelah melakukan jailbreaking pada iOS + bonusnya, tentu saja semua kembali ke pengguna itu sendiri melakukan jailbreaking tujuannya untuk apa, karena tujuan kalian melakukan jailbreaktersebutlah yang seharusnya menjadi prioritas.

Baik sekian dulu postingan kali ini apabila ada yang ingin disampaikan, tanyakan atau bahkan ada yang mau menambahkan daftar tweak apa saja yang wajib diinstall setelah jailbreak? silakan tinggalkan pada kolom komentar di bawah, Terima Kasih!