Cara Cek Kekuatan Sinyal Pada iPhone Menggunakan Field Test Mode

Di iPhone sendiri Apple memberikan Akses kepada penggunanya untuk melihat sinyal dan kekuatan dari koneksi seluler bukan dalam bentuk bar sinyal yang ada di pojok kiri atas iPhone ya.. :P tetapi lebih spesifik lagi dalam bentuk angka, fitur ini sangat cocok bagi kalian pengguna tingkat lanjut atau profesional di bidangnya.


Metode atau fitur Field Test Mode ini berlaku dan dapat di jalankan untuk semua versi iOS termasuk iOS 13 terbaru dan kemungkinan akan terus dapat di jalankan pada versi iOS yang akan datang nanti, baik kalau begitu langsung saja berikut cara cek kekuatan sinyal jaringan seluler pada iPhone menggunakan Field Test Mode :

#1 : Buka aplikasi Telepon kemudian dial / masukkan *3001#12345#* kemudian Call


#2 : Setelah itu akan muncul jendela menu baru silahkan pilih menu LTE kemudian Serving Cell Meas


#3 : Sekarang silahkan kalian lihat pada menu seperti yang di tunjukkan pada gambar di bawah berikut :


Menu rsrp0 menunjukkan kekuatan sinyal dalam satuan angka dBm, rsrp sendiri merupakan singkatan dari Reference Signal Received Power, sedangkan rsrq atau Reference Signal Received Quality merujuk pada kualitas sinyal, kekuatan dan Kualitas dapat di pengaruhi oleh provider yang di gunakan, jarak dengan tower terdekat dan lain sebagainya, semakin kecil angkanya maka menunjukkan kualitas sinyal yang semakin baik.

Angka-angka di atas juga dapat bervariasi tergantung dari model perangkat, beberapa provider juga mungkin tidak menampilkan informasi semudah itu melalui menu Test Field Mode, dan yang terakhir informasi di atas mungkin sangat tidak berguna bagi sebagian besar orang.

Ya.. itu saja informasi yang dapat saya bagikan, apabila ada yang ingin di tanyakan atau sampaikan silahkan tinggalkan pada kolom komentar di bawah, Terima Kasih!