Cara Membedakan iPhone Ex Internasional, Distributor dan Refurbished

iPhone yang paling sering kalian temui di Indonesia entah itu di toko-toko, online shop dan lain sebagainya biasanya diiming-imingi dengan berbagai macam garansi dan asal muasal dari iPhone tersebut, pada postingan kali ini saya akan fokus membahas perbedaan antara jenis iPhone Ex Internasional, iPhone Distributor dan iPhone Refurbished.


Sebelum melanjutkan perlu kalian ketahui terlebih dahulu apa itu iPhone Ex Internasional, iPhone Distributor dan iPhone Refurbished :

Baca Juga : Cara Cek Apakah iPhone Sudah Pernah Dibongkar atau Service

iPhone Ex Inter / Internasional

Cukup sederhana, iPhone Ex Inter atau Ex Internasional ini merujuk pada iPhone second yang dibawa dari luar negeri kemudian dijual kembali di Indonesia. Biasanya iPhone ini masuk dibawa masuk oleh perorangan atau diimport dalam skala besar tanpa adanya layanan Purna Jual.

iPhone Ex Internasional ini tidak jarang disebut juga sebagai iPhone BM (Black Market) karena tidak masuk secara resmi. Untuk saat ini sudah berlaku peraturan IMEI yang mengharuskan iPhone membayar pajak sebelum dapat digunakan di Indonesia, nah iPhone Ex Inter ini rawan dengan tidak bayar pajak sehingga tidak jarang ditemukan iPhone Ex Inter yang tidak bisa menggunakan kartu SIM operator jaringan di Indonesia secara bebas sebelum membayar pajak

iPhone Distributor

Sedangkan pengertian dari iPhone Distributor sebenarnya bermacam-macam. Distributor sendiri berarti penghubung antara produsen dengan konsumen atau pengecer. Namun Distributor produk Apple (iPhone) di Indonesia sendiri ada yang "Benar-benar Resmi" mengikuti standar yang ada di Indonesia dan ada juga yang mungkin bisa dikatakan "Sentengah/Semi-Resmi".

Distributor Resmi seperti iBox / TAM

iPhone atau produk Apple dengan distributor yang benar-benar Resmi salah satunya adalah dari TAM atau iBox yang sama-sama bernaung pada PT. Erajaya Swasembada, Tbk., iPhone yang berasal dari Distributor seperti iBox sudah dipastikan dapat bekerja dengan baik untuk pemakaiannya di Indonesia.

Selain itu untuk layanan Garansinya sendiri juga benar-benar resmi langsung dari Apple, Garansi ini biasanya disebut juga sebagai "Garansi Resmi Apple atau Internasional".

Penyebutan iPhone Distributor yang sering Digunakan dalam Jual-Beli

Sedangkan sebutan "iPhone Distributor" yang seringkali digunakan dalam jual beli iPhone, biasanya merujuk pada Distributor yang Admin katakan tadi yaitu Semi-Resmi.

Mengapa Semi-Resmi? meskipun iPhone tersebut benar-benar Resmi masuk secara legal ke Indonesia namun untuk layanan seperti Garansi, biasanya tidak ditangani langsung secara resmi ke Apple, melainkan menggunakan jasa garansinya sendiri atau sesuai dengan kartu garansi yang diberikan.

Mengapa? sebab iPhone Distributor jenis ini juga rawan dalam menjual iPhone Refurbished (rekondisi/bekas service) yang biasanya dilabeli juga dengan "Garansi Distributor".

iPhone Refubished

iPhone Refurbished sendiri merujuk pada iPhone yang telah mengalami kerusakan kemudian diperbaiki dan dijual kembali. Siapa yang menjual iPhone Refurbished? bermacam-macam, Apple sendiri pun menjual jenis iPhone Refurbished ini tetapi peredarannya di Indonesia sangatlah langka (iPhone CPO, selengkapnya: Perbedaan iPhone CPO dan iPhone Refurbished Lainnya)

Sisanya merujuk pada iPhone Refurbished yang diragukan kualitasnya, biasanya diservice oleh perorangan atau layanan tertentu yang sudah bekerja sama dengan Distributor Semi-Resmi yang tadi admin sudah sebutkan, kemudian dilabeli dengan "Garansi Distributor".

Membedakan iPhone Ex Inter, Distributor dan Refurbished

Ingat iPhone Ex Inter merujuk pada iPhone bekas pakai kemudian dijual kembali di Indonesia dan tidak mendeskripsikan kondisi iPhone. Untuk urusan kondisi tentu saja tidak diketahui secara pasti, bisa refurbished atau benar-benar bekas pakai yang belum pernah diservice.

Begitu juga dengan istilah iPhone Distributor, namun kebanyakan iPhone Distributor yang beredar tidak jarang merupakan iPhone Refurbished atau Rekondisi.

Lalu yang terakhir yaitu "iPhone Refurbished" yang merupakan iPhone rusak kemudian diservice dan dijual kembali. Nah kalian bisa dengan mudah melakukan pemeriksaan apakah iPhone tersebut merupakan iPhone Refurbished dalam artian pernah dibongkar / service sebelumnya atau tidak, melalui aplikasi 3uTools, selengkapnya bisa kalian lihat pada postingan berikut: Cara Cek Apakah iPhone Sudah Pernah Dibongkar atau Service

Baik, mungkin itu saja pengertian dan cara membedakan iPhone Ex Inter, Distributor dan Refurbished. Informasi diatas mungkin tidak sepenuhnya benar, karena Admin sendiri juga bukan penjual iPhone, setidaknya tetap waspada akan iPhone yang tidak jelas asal usulnya, dan sebisa mungkin hindari iPhone Refurbished yang tidak jelas asal-usulnya.