Cara Mengatasi Hp Realme Mati Total / Tidak Mau Menyala Sama Sekali

Apakah Hp Realme kalian tiba-tiba mati dan tidak mau menyala lagi? ya.. hal ini juga pernah terjadi pada Hp Realme admin ketika sedang dimainkan tiba-tiba layar mulai redup hingga glitch dan akhirnya mati total dan tidak mau dinyalakan sama sekali.


Ada beberapa faktor yang menyebabkan Hp Realme tiba-tiba mati total dan tidak bisa dihidupkan lagi, seperti faktor Software, Lingkungan ( temperatur / suhu ) hingga yang terparah Hardware itu sendiri, untuk memastikannya kalian bisa mencoba hal-hal berikut untuk menyalakan kembali Hp Realme kalian yang mati total :

Restart Paksa / Force Restart

Sebelumnya saya sudah pernah membahas bagaimana cara memperbaiki Hp Realme yang stuck pada logo Realme dengan teknik Restart Paksa, nah cara ini bisa kalian terapkan kembali pada Hp Realme yang tidak mau menyala sama sekali alias mati total, caranya silahkan :

  • Tekan dan Tahan Tombol Power dan Tombol Volume Atas Secara Bersamaan sekitar 30 detik

Apabila Hp Realme kalian bergetar maka selamat hp realme kalian ternyata hanya stuck saja alias terjadi kesalahan error / bug pada OS, apabila sudah berhasil masuk ke menu utama jangan lupa mengupdate OS ke versi terbaru, scan virus dan perhatikan apakah masalah ini terjadi pada saat menggunakan aplikasi tertentu atau tidak jika ya.. silahkan hapus aplikasi tersebut.

Cas Beberapa Jam

Silahkan coba untuk mengecas Hp Realme tersebut hingga beberapa jam idealnya 2 - 3 jam, setelah itu coba nyalakan kembali, gunakan juga metode Restart Paksa seperti yang sudah saya jelaskan di atas.

Apabila Terendam Air

Jika Hp Realme kalian terendam air dan tidak mau menyala lagi, pastikan untuk mengeringkannya terlebih dahulu hingga beberapa jam / hari dengan cara menghembuskan angin ke arah hp dengan kipas hingga seharian penuh atau sampai benar-benar kering, hindari menggunakan hairdryer karena akan membuat Hp panas yang malah akan merusak, copot juga Sim Card Tray agar pengeringan dapat dilakukan lebih cepat.

Cek Masalah Layar

Bisa saja Layar pada Realme kalianlah yang bermasalah, untuk itu coba pastikan dengan dicas, ditelepon atau sambungkan ke komputer apabila muncul suara dan hp merespon padahal layar dalam keadan mati, maka bisa dipastikan terjadi masalah pada layar Realme kalian.

Jika Benar-Benar Mati Total

Apabila cara-cara di atas sudah d terapkan dan Hp Realme kalian benar-benar tidak dapat di nyalakan sama sekali ada kemungkinan kerusakan pada mesin / hardware realme itu sendiri, silahkan bawa ke service center realme untuk dicek kerusakannya lebih lanjut.

Pengalaman Hp Realme milik admin yang mati total, kerusakannya diketahui akibat mesin / hardware IC pada motherboard yang bermasalah, apabila masih ada garansi kalian bisa menggaransikan Hp Realme tersebut untuk diperbaiki, waktu proses garansi maksimal hingga 14 Hari Kerja.

Baik sekian informasi yang dapat saya sampaikan, apabila ada yang ingin ditanyakan, sampaikan atau bahkan ada yang mau menambahkan solusi di atas? tinggalkan pada kolom komentar di bawah, Terima Kasih!