Cara Transfer File yang di Download dari Safari iPhone ke Komputer

Perubahan besar di bawa oleh Apple ketika merilis iOS 13 yaitu dengan di hadirnya fitur untuk mendownload file menggunakan browser bawaan iPhone, Safari. Sekarang dengan browser Safari kalian dapat mendownload berbagai macam file mulai dari dokumen, musik, video dan lain sebagainya.


Berbagai macam file yang di download tersebut otomatis akan disimpan ke dalam aplikasi " File " iPhone, dalam aplikasi File tersebut kalian juga dapat memindahkan lokasi file, menyalin, menghapus sampai mentransfer file tersebut ke aplikasi lainnya. Namun hal yang sangat disayangkan yaitu tidak tersedianya fitur File Sharing yang dapat dimanfaatkan untuk mentransfer file yang didownload dari browser safari iPhone ke dalam Komputer / Laptop / Mac.

Sebagai alternatifnya kalian dapat memanfaatkan aplikasi File Manager pihak ketiga, triknya yaitu dengan menyalin file yang download khususnya yang terdapat pada aplikasi " File " ke dalam aplikasi File Manager yang mendukung File Sharing, sehingga dari aplikasi file manager itulah kita bisa mentransfer filenya ke dalam Komputer.

Untuk aplikasi File Managernya bebas kalian mau pakai dan download yang mana atau ikuti saja saran dan cara-cara berikut ini :

#1 : Download aplikasi File Manager yang kalian inginkan di iPhone kalian atau pakai aplikasi gratis berikut : File Manager App

#2 : Setelah selesai sekarang buka aplikasi File pada iPhone kemudian masuk ke folder Unduhan atau direktori tempat dimana file yang didownload berada

#3 : Sekarang sentuh dan tahan pada filenya kemudian pilih Bagikan


#4 : Kemudian geser menu di atas dan pilih aplikasi File Manager yang baru saja kalian download


Apabila tidak terdapat menu untuk transfer ke aplikasi file manager, hal ini menandakan tipe file tidak di kenali oleh iPhone misalnya file dengan format .exe .jar .tar dan lain sebagainya, triknya silahkan di ringkas terlebih dahulu dengan cara : sentuh dan tahan pada filenya kemudian pilih Ringkas, Setelah diringkas maka file akan diarsipkan ke format .ZIP dan sekarang kalian bisa mentransfer arsip Zip tersebut ke aplikasi file manager.

#5 : Selanjutnya kalian akan diarahkan ke dalam aplikasi file manager yang menunjukkan bahwa transfer file dari aplikasi File ke aplikasi File Manager telah berhasil dilakukan, kalian juga akan melihat file tersebut sudah terdapat di dalam aplikasi File Manager.


#6 : Sekarang kalian dapat mentransfer file tersebut melalui iTunes, caranya silahkan sambungkan iPhone kalian ke Komputer yang sudah terinstall iTunes kemudian buka aplikasi iTunes kemudian pada informasi iPhone pada iTunes klik menu Berbagi File > File Manager kemudian pilih file yang akan ditransfer ke PC lalu pilih Simpan. Untuk cara lengkap mentransfer file dari iPhone ke Komputer bisa kalian baca pada postingan berikut : Cara Transfer Data Aplikasi File Sharing / Berbagi File di iPhone

Jadi intinya file yang di download dari browser safari yang terdapat juga pada aplikasi " File " ditransfer ke aplikasi yang mendukung file sharing kemudian dari aplikasi yang mendukung file sharing tersebut diteruskan kembali agar dapat ditransfer ke komputer, simpel kan?

Walaupun sedikit repot tetapi ya mau bagaimana lagi.. hehe, kita hanya bisa berharap Apple lebih mempermudah fitur untuk melakukan File Sharing langsung dari aplikasi File iPhone sehingga kita tinggal mentransfernya saja ke PC melalui iTunes atau aplikasi pihak ketiga lainnya.

Baik sekian dulu informasi yang dapat saya berikan, apabila ada yang ingin ditanyakan, sampaikan atau mungkin ada yang mau menambahkan? silahkan tinggalkan pada kolom komentar dibawah, Terima Kasih!