Perbedaan Besar iPhone 11, 11 Pro dan 11 Pro Max Pilih Yang Mana?

Tahun 2019 ini Apple telah merilis 3 seri iPhone terbarunya yang pertama ada iPhone 11, iPhone 11 Pro dan iPhone 11 Pro Max, dari ketiga iPhone tersebut yang manakah yang cocok buat kalian? apa saja perbedaan signifikan yang terdapat pada ketiga iPhone tersebut?

Gambar : Apple
Perbedaan Siginifikan

Sebelumnya kita bahas dulu apa perbedaan paling signifikan dari ketiga iPhone tersebut, berikut perbandingannya :

#1 : Desain

Gambar : Apple

Desain iPhone 11 menggunakan material kaca dan alumuniun, sedangkan iPhone 11 Pro dan iPhone 11 Pro Max menggunakan desain kaca mate bertekstur dan baja tahan karat, untuk kesan tampilan yang lebih premium sekaligus lebih kuat tentu jatuh pada iPhone 11 Pro dan iPhone 11 Pro Max.

#2 : Kapasitas

Ketersediaan kapasitas penyimpanan antara ketiga iPhone tersebut berbeda-beda untuk iPhone 11 tersedia penyimpanan mulai dari 64, 128 dan 256 GB sedangkan iPhone 11 Pro dan iPhone 11 Pro Max di mulai dari 64, 256 dan 512 GB, tentu saja bagi kebanyakan orang kapasitas 256 GB juga di rasa sudah terlalu banyak.

#3 : Layar

Ketiga iPhone tersebut memiliki layar yang berbeda jenis dan ukuran, untuk iPhone 11 sendiri menggunakan layar LCD ( Liquid Retina HD ) dengan ukuran layar 6.1" dan resolusi sebesar 1792 x 828, sedangkan iPhone 11 Pro dan iPhone 11 Pro Max sama-sama menggunakan layar OLED ( Super Retina XDR ) yang membedakan hanyalah ukurannya, untuk iPhone 11 Pro memiliki ukuran 5.8" dengan resolusi 2436 x 1125 dan iPhone 11 Pro Max 6.5" dengan resolusi 2688 x 1242, di lihat dari segi layar tentu saja iPhone 11 Pro dan iPhone 11 Pro Max memiliki kualitas ketajaman dan resolusi layar yang jauh lebih tinggi di bandingkan dengan iPhone 11.

#4 : Sertifikat Tahan Air dan Debu

Gambar : Apple

Ketiganya sudah memiliki sertifikat IP68 untuk ketahan air dan debu, namun iPhone 11 Pro dan iPhone 11 Pro Max memiliki ketahan jauh lebih baik dengan maksimal kedalaman 4 meter selama 30 menit, sedangkan iPhone 11 dengan kedalaman 2 meter dan 30 menit, untuk sertifikasi ini saya rasa iPhone 11 sudah lebih dari cukup, lagipula iPhone yang kemasukkan air tidak masuk dalam program garansi Apple.

#5 : Kamera

Seperti yang kita tahu bahwa iPhone 11 hanya menggunakan 2 buah kamera yaitu kamera Ultra Wide dan Wide, sedangkan iPhone 11 Pro dan iPhone 11 Pro Max menggunakan 3 buah kamera yaitu kamera Ultra Wide, Wide dan Telephoto, dengan hadirnya 3 buah kamera maka kualitas gambar yang di hasilkan akan jauh lebih baik contohnya saja detail saat melakukan Zoom pada gambar, untuk resolusi kamera ketiganya memiliki ukuran yang sama.

#6 : Baterai

Untuk urusan baterai menurut Apple iPhone 11 memiliki daya tahan 1 jam lebih lama di bandingkan dengan iPhone XR, untuk iPhone 11 Pro 4 jam lebih lama dari iPhone XS dan iPhone 11 Pro Max 5 jam lebih lama di bandingkan dengan iPhone XS Max, untuk urutan ketahanan mungkin saat ini untuk urutan pertama di menangkan iPhone 11 Pro Max > iPhone 11 > iPhone 11 Pro.

#7 : Warna

Gambar : Apple

Untuk bagian Warna sendiri iPhone 11 memiliki 6 varian warna yaitu Ungu, Kuning, Hijau, Hitam, Putih dan Merah, sedangkan iPhone 11 Pro dan 11 Pro Max memiliki 4 varian warna yaitu Hijau Temaram, Perak, Abu-Abu dan Emas, warna dari iPhone 11 terlihat lebih cerah dan stylish sedangkan iPhone 11 Pro dan iPhone 11 Pro Max memiliki warna yang terkesan lebih Premium dan Mewah.

#8 : Harga

Ya.. ini adalah faktor paling krusial saat memilih di antara ketiga iPhone tersebut, harga iPhone di tentukan dari status, model, kapasitas dan regional dari iPhone tersebut, untuk harga bulan desember 2019 yang admin pantau dari toko Online di Indonesia :

iPhone 11 berkisar antara 12 - 15 juta Rupiah
iPhone 11 Pro berkisar antara 17 - 20 juta Rupiah
iPhone 11 Pro Max berkisar antara 20 - 24 juta Rupiah

Untuk reseller iPhone resmi di Indonesia bisa kalian dapatkan di iBox atau Digimap, cek selengkapnya disini https://www.apple.com/id/buy/

Kesamaan

Jika semua perbedaan ketiga di iPhone sudah saya sudah saya jelaskan di atas nah berikut adalah persamaan dan keunggulannya dari ketiga iPhone tersebut :


  • Menggunakan Chipset Apple A13 Bionic Terkencang Saat ini
  • Fitur Haptic Touch dan True Tone pada layar dengan kecerahan maksimal 800 nit
  • Kamera dengan Resolusi 12 MP dengan Mode Malam dan Penyesuaian Otomatis
  • Flash True Tone lebih terang dengan Slow Sync
  • Mode Potret Bokeh dengan 6 Efek
  • Smart HDR untuk Foto
  • Kamera Utama Mampu Merekam 4K 24, 30 dan 60 FPS dengan Penstabilan Gambar Optik
  • Zoom Audio, Perekaman Stereo dan Slow-Mo 120 & 240 FPS 1080p
  • Kamera Depan 12 MP True Depth dengan Mode Potret Bokeh dengan 6 Efek
  • Kamera Depan Mampu Merekam 4K 24, 30 dan 60 FPS dengan Penstabilan Video Sinematik
  • Kamera Depan di lengkapi Slow-Mo 120 FPS 1080p
  • Animoji dan Memoji
  • Face ID
  • Stereo Speaker dengan Audio Spasial dan dukungan Dolby Atmos
  • Sim Ganda Nano dan eSim
  • Mendukung Pengisian daya cepat / fast charging


Ya itu saja perbedaan antara ketiganya, untuk iPhone 11 Pro dan iPhone 11 Pro Max tidak memiliki perbedaan yang signifikan kecuali pada ukuran layar dan ketahanan baterainya saja, berbeda dengan iPhone 11 yang di desain untuk menekan harga sehingga bisa menjadi iPhone paling murah di antara ketiganya.

Pendapat Admin

Untuk admin sendiri apabila kalian memiliki Budget yang terbatas tentu iPhone 11 bukanlah pilihan yang buruk, layar iPhone 11 memiliki kualitas yang sudah sangat baik karena di rancang sendiri oleh Apple, di tambah ukuran layar yang tidak terlalu kecil dan tidak terlalu besar.

Tetapi apabila memiliki Budget lebih tentu iPhone 11 Pro dan iPhone 11 Pro Max bisa menjadi pilihan paling tepat, selain memiliki 3 kamera dengan kualitas yang lebih baik, layar yang jauh lebih tajam, tampilannya pun lebih terkesan lebih Premium dan Menarik.

Baik sekian informasi yang dapat saya berikan, apabila kalian punya pendapat lain silahkan tinggalkan pada kolom komentar di bawah, Terima Kasih!

Untuk membandingkan lebih Spesifik silahkan kunjungi Apple berikut : https://www.apple.com/id/iphone/compare/

[ Sumber Gambar dan Referensi : Apple ]