Tips Cara Merawat MiFi Agar Awet Dan Tidak Cepat Rusak

MiFi atau Mobile WiFi adalah perangkat Router WiFi kecil yang bisa di bawa kemana-mana, tidak seperti router WiFi rumahan yang harus terus tersambung ke listrik dan kabel untuk dapat di gunakan, MiFi menggunakan Baterai dan kartu SIM Card dari provider tertentu atau ada juga yang unlock jadi bebas menggunakan SIM Card dari provider manapun.


Dengan menggunakan MiFi ini artinya kalian tidak perlu lagi menggunakan data seluler di smartphone kalian cukup menyambungkannya ke Wifi dari MiFi saja, dengan begini kalian akan mendapatkan banyak keuntungan, seperti daya tahan baterai pada Smartphone jadi lebih awet, sinyal lebih stabil dan dapat di gunakan oleh banyak orang.

Namun seiring berjalannya waktu terkadang MiFi yang kita gunakan sering di hadapkan dengan berbagai masalah, mulai dari sering mati sendiri, sinyal sering down ataupun tidak dapat menyala sama sekali, nah untuk mengatasi dan mencegah hal-hal ini kalian dapat mengikuti beberapa tips berikut :

#1 : Jangan di Gunakan Ketika di Cas

Ini cukup penting, apabila MiFi kalian sedang di cas ada baiknya untuk tidak menggunakannya terlebih dahulu, apabila sering di gunakan sambil di cas makaa akan memperpendek usia dari MiFi itu sendiri termasuk usia baterainya.

#2 : Taruh di Tempat yang Sejuk



Siapa yang sering menaruh MiFi di dalam tas? ya.. hal ini harus benar-benar di hindari, sebab apabila MiFi di taruh dalam tas atau kantong maka suhu MiFi akan meningkat menjadi sangat panas dan ini sangat berbahaya, resikonya tentu saja akan lebih parah dari no #1 di atas dengan tingkat kerusakan yang lebih cepat, selain itu efek lainnya yang sangat terasa adalah daya tahan baterai yang sangat cepat habis, jadi di sarankan apabila ingin di gunakan apalagi tersambung ke banyak perangkat pastikan menaruh MiFi ditempat yang teraliri angin sejuk atau ruangan ber AC.

#3 : Cabut Baterai Apabila Tidak di Gunakan

Apabila MiFi tidak di gunakan untuk waktu yang cukup lama, silahkan simpan dalam keadaan baterai telah di copot terlebih dahulu.

#4 : Jangan Taruh di Tempat yang Lembab


Hindari untuk menaruh MiFi di tempat yang lembab yang banyak mengandung uap air

#5 : Hindari Cas Sampai Pagi

Apabila kalian sering mengecas MiFi dari malam hingga pagi sebaiknya cara ini di hindari karena dapat memperpendek usian MiFi terutama komponen Baterainya.

#6 : Sesekali di Restart

Ya.. tips lain yang sering saya gunakan adalah merestart MiFi agar kembali dalam keadaan Fresh, bisa juga dengan mematikan MiFi apabila sedang tidak di gunakan misalnya ketika tidur di malam hari.

#7 : Update Firmware


Beberapa model MiFi menyediakan aplikasi pada smartphone, fungsinya selain untuk mengontrol MiFi seperti mengganti password, memantau perangkat yang terhubung, transfer data dan juga dapat di gunakan untuk mengupdate Firmware yang tujuannya untuk mengoptimalkan kinerja dari MiFi itu sendiri.

Tips lainnya tentu saja sudah kalian ketahui ya.. seperti jangan sampai jatuh, terbentur ataupun kemasukan air ( apalagi api :P ) dan seperti pengalaman saya apabila sedang bepergian dan memang mengandalkan MiFi sebagai koneksi Internet pastikan untuk menggenggam keduanya atau menaruh di saku celana yang memiliki ruang udara yang cukup bagus.


Sebagai catatan Panasnya Suhu pada MiFi di sebabkan oleh banyaknya perangkat yang terhubung, koneksi jaringan tidak stabil maupun sedang di gunakan untuk download dengan kecepatan penuh, buat yang sering bepergian kalian dapat membawa baterai cadangan, karena terkadang baterai MiFi lebih cepat habis daripada baterai Smartphone yang kita gunakan.

Kalau begitu sekian dulu tips dalam menjaga dan merawat MiFi Portable agar tidak cepat rusak, apabila ada yang ingin di tanyakan, sampaikan atau mungkin ada yang mau menambahkan? silahkan tinggalkan pada kolom komentar di bawah, Terima Kasih!