Cara Membuat dan Mempercepat iPhone Seperti Baru Kembali

Seiring dengan berjalannya waktu kalian akan merasakan iPhone yang semakin lama semakin berjalan lambat alias lemot, efeknya seperti saat membuka aplikasi akan terasa lama dan kadang tidak mau merespon, animasi dalam aplikasi lag terutama saat bermain game, iPhone menjadi cepat panas sampai aplikasi yang sering crash / keluar sendiri.


Penyebabnya pun bermacam-macam bisa dari usia iPhone yang terlampau lama, daya tahan atau kesehatan baterai iPhone yang sudah menurun jauh atau karena faktor dari aplikasi yang di install, pada postingan kali ini saya akan memberikan cara untuk mengembalikan performa iPhone atau iPad kalian kembali seperti baru.

Baca Juga : Cara Mencegah Penurunan Angka Kesehatan Baterai iPhone

Kalau begitu langsung saja berikut cara-caranya :

#1 : Kurangi Aplikasi Tidak Perlu Terutama Aplikasi Sosial Media


Bagi kalian yang suka menginstall banyak aplikasi terutama aplikasi Sosial Media dan Chatting sebaiknya untuk menghapus sebagian jika tidak di gunakan lagi, perlu kalian ketahui bahwa aplikasi Sosial Media dan aplikasi Chat akan terus aktif dan berjalan di latar belakang sehingga berimbas pada performa iPhone yang semakin terbebani, dalam beberapa kasus dengan mengurangi aplikasi Sosial Media juga dapat mengurangi penggunaan baterai yang cukup signifikan.

#2 : Hapus Notifikasi Aplikasi


Buat yang sering menyimpan dan membiarkan Notifikasi pada iPhone hingga menumpuk, sebaiknya kalian bisa mencoba untuk menghapusnya, sebab notifikasi yang menumpuk tersebut juga akan membebani kinerja iPhone ketika membuka jendela notifikasi tersebut.

#3 : Restart iPhone

Cara yang cukup simple ini sangatlah ampuh dalam mengembalikan performa iPhone, dengan melakukan restart maka iPhone memulai ulang sistem yang berimbas pada kinerja iPhone yang semakin smooth, tetapi perlu di catat restart saja tidak cukup gunakan cara-cara lainnya untuk mengoptimalkan iPhone agar lemot tidak terus-menerus kembali.

#4 : Nonaktifkan Konektivitas yang Tidak di Gunakan


Apakah kalian sering membiarkan Bluetooth, WiFi, GPS dalam keadaan aktif terus-menerus? jika ya maka kalian dapat mencoba untuk menonaktifkan semuanya dan pastikan menonaktifkannya melalui aplikasi Pengaturan jika tidak maka fitur tersebut dapat aktif dengan sendirinya.

Baca Juga : Cara Lengkap Mengatasi Baterai iPhone yang Boros / Cepat Habis

#5 : Nonaktifkan Fitur Auto Update


Dengan menonaktifkan fitur auto update kalian dapat mengurangi beban kinerja iPhone selain itu daya tahan baterai juga akan meningkat, caranya silahkan buka aplikasi Pengaturan > iTunes & App Store kemudian nonaktifkan auto update seluruhnya pada menu Pengunduhan Otomatis.

#6 : Nonaktifkan Fetch pada Email

Apabila kalian jarang atau tidak pernah bahkan menggunakan aplikasi Email bawaan iPhone sudah saatnya kalian untuk menonaktifkan fitur Fetch pada email, apa sebenarnya fungsi Fetch ini? seperti namanya Fecth email berfungsi untuk mengambil update email terbaru secara berkala, untuk menonaktifkan fitur Fetch silahkan masuk ke Pengaturan > Kata Sandi & Akun > Fetch Data Baru kemudian pada menu Fetch silahkan pilih dan ubah menjadi Secara Manual.

#7 : Hapus Foto dan Video Tidak Terpakai / Backup

Apabila kalian memiliki banyak foto dan video yang tidak lagi di gunakan, silahkan di hapus saja atau di backup ke dalam komputer, selain dapat mengurangi beban kinerja iPhone menghapus file yang tidak di gunakan juga dapat menambah ruang penyimpanan.

#8 : Matikan Segarkan App Latar

Fitur ini bertujuan untuk memberikan akses pada aplikasi untuk berjalan di latar belakang atau saat sedang tidak di gunakan, selain berpotensi menggunakan banyak daya fitur ini juga dapat membebani kinerja iPhone terutama iPhone yang sudah berumur, caranya silahkan masuk ke Pengaturan > Umum > Segarkan App di Latar > Segarkan App di Latar > Mati.

#9 : Update ke iOS Terbaru


Jika dulu mengupdate iPhone ke iOS terbaru membuat iPhone menjadi lebih lambat, tetapi berbeda sekarang Apple telah mengoptimalkan iOS terbaru sehingga dapat berjalan dengan baik pada perangkat lamanya, jadi di sarankan untuk mengupdate ke iOS terbaru yang tersedia caranya silahkan buka Pengaturan > Umum > Pembaruan Perangkat Lunak.

#10 : Restore iPhone Menjadi baru Kembali Menggunakan iTunes

Apa itu Restore iPhone? Restore iPhone merupakan salah satu fitur di iTunes yang berfungsi untuk mengembalikan iPhone menjadi baru kembali dengan cara mereset / menghapus seluruh data dan menginstall pembaruan iOS terbaru, sebelum melakukan Restore iPhone pastikan kalian sudah membackup data-data penting kalian terlebih dahulu, selengkapnya silahkan baca pada postingan berikut : Cara Restore iPhone ke Pengaturan Pabrik Menggunakan iTunes

Apabila Cara-Cara di atas termasuk sudah melakukan Restore iPhone kembali ke keadaan seperti baru tetapi tidak banyak berpengaruh iPhone masih tetap lemot dan kurang smooth, coba silahkan cek Battery Health dari iPhone kalian melalui menu Pengaturan > Baterai > Kesehatan Baterai, apabila kesehatan baterai kalian sudah di bawah 70% hal tersebut sudah menandakan bahwa kalian harus mengganti baterai tersebut dengan yang baru, pastikan ganti dengan baterai Original ya..


Selain itu jika iPhone kalian sudah terlampau lama / jadul, sangat di sarankan untuk mengganti / upgrade ke iPhone terbaru, tentu jika ada dana lebih sangat di anjurkan untuk membeli iPhone terbaru yang tersedia saat ini selain tidak perlu memikirkan masalah performa iPhone tersebut dapat di gunakan untuk jangka yang sangat panjang, tetapi apabila budget terbatas kalian dapat membeli iPhone dengan jarak satu atau maksimal dua generasi sebelumnya dari versi iPhone terbaru, harga iPhone generasi tersebut di banderol dengan harga yang cukup murah dan dapat di andalkan dengan baik untuk jangka yang cukup panjang.

Baca Juga : Cara Membuat Agar Animasi iPhone Lebih Smooth dan Tidak Lag

Baik sekian informasi dan tips yang dapat saya berikan untuk mempercepat iPhone ataupun iPad kalian kembali menjadi baru kembali, apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan silahkan tinggalkan pada kolom komentar dibawah, Terima Kasih!