Cara Membuat Agar Animasi iPhone Lebih Smooth dan Tidak Lag

Apa iPhone, iPad atau iPod kalian terasa tidak / kurang smooth saat digunakan? terutama saat membuka atau berpindah dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya? hal ini biasanya dialami pada iPhone yang sudah berusia lama sehingga terjadi penurunan performa, selain itu hal-hal seperti pembaruan iOS, Bug pada iOS ataupun Bug pada Aplikasi yang digunakan juga dapat memicu kurang smoothnya animasi pada iPhone.


Untuk mengatasi hal ini ada beberapa cara ampuh yang dapat kalian gunakan, kalau begitu langsung saja berikut caranya :

Baca Juga : Dampak dan Pengaruh dari Penurunan Kesehatan Baterai iPhone

Restart iPhone

Cara pertama ini biasanya ampuh untuk memperbaiki iPhone yang bermasalah karena terjadi Bug / Kesalahan, silakan restart iPhone kalian sederhananya matikan kemudian nyalakan kembali dan lihat lagi hasilnya.

Kurangi Motion dan Transparency


Mengurangi fitur Motion (gerakan) dan Transparency (transparansi) pada tampilan dapat memperingan kinerja dari iPhone itu sendiri sehingga berdampak pada animasi transisi yang lebih smooth, nah untuk mengurangi Motion dan transparency silakan buka aplikasi Pengaturan > Aksesibilitas > Layar & Ukuran Teks kemudian nyalakan menu Kurangi Transparansi, kembali lagi ke menu Aksesbilitas kemudian pilih Gerakan dan nyalakan menu Kurangi Gerakan setelah itu silakan lihat sendiri hasilnya, kekurangannya adalah efek transparan dan efek transisi akan berubah, apabila kalian tidak nyaman maka kalian bisa nyalakan kembali fitur di atas tadi.

Gunakan Wallpaper Still / Tetap


Menggunakan wallpaper Live ataupun Dynamic membuat iPhone menjadi lebih menarik dan hidup, tetapi di balik semuanya itu bagi sebagian iPhone ada performa yang harus dibayar sehingga animasi menjadi kurang smooth, untuk itu pastikan kalian menggunakan wallpaper Still / Tetap, caranya silakan cari wallpaper tetap yang diinginkan kemudian saat silakan pilih menu Still sebelum mengatur / set.

Nonaktifkan Mode Low Power Mode / Hemat Daya


Menggunakan mode Low Power / Hemat daya memang dapat memperpanjang daya tahan baterai hanya saja mode ini dapat membatasi kinerja performa dari iPhone maka dari itulah apabila mode ini menyala bagi iPhone yang sudah berusia lama akan terjadi lag atau kurang smoothnya animasi, jadi silakan matikan mode Low Power / Hemat Daya.

Kurangi Pintasan dalam Control Center

Mengurangi jumlah pintasan dalam control center juga dapat membantu membuat animasi saat membuka Control Center menjadi lebih smooth, jadi apabila ada pintasan tidak penting pada control center yang jarang digunakan silakan nonaktifkan melalui aplikasi Settings > Control Center > Costumize Controls.

Baca Juga : Kenapa Baterai iPhone Boros Banget? Berikut Penyebabnya

Nonaktifkan Siri Suggestions

Dalam beberapa kasus apabila kalian jarang bahkan tidak pernah menggunakan fitur Siri Suggestions maka silakan matikan fitur ini melalui aplikasi Settings > Siri & Search kemudian matikan seluruhnya pada menu Siri Suggestions

Hapus Seluruh Notifikasi


Apabila kalian suka menyimpan berbagai macam notifikasi pada jendela notifikasi kalian bisa mencoba untuk menghapus semuanya, dengan begini kalian akan mengurangi beban animasi saat membuka jendela notifikasi yang berdampak pada lebih smoothnya animasi.

Tutup Aplikasi Tidak Terpakai

Pastikan kalian menutup aplikasi tidak terpakai, beberapa aplikasi yang di ketahui apabila tidak di tutup membuat animasi iPhone menjadi lag seperti Garage Band atau fitur seperti merekam layar sedang menyala dan lain-lain.

Nonaktifkan Fitur Tidak Digunakan


Menonaktifkan fitur yang tidak digunakan juga dapat membantu iPhone menjadi jauh lebih smooth, contohnya saja fitur Bluetooth, Wifi dan lain sebagainya.

Update iOS

Mengupdate iOS ke versi terbaru memang sedikit meragukan apalagi diketahui semakin baru iOS maka akan semakin membebani performa, meskipun begitu Apple selalu berkomitmen untuk menjaga seluruh perangkatnya agar dapat digunakan dengan baik selama mungkin, jadi tidak ada salahnya untuk mengupdate ke versi iOS terbaru dan lihat hasilnya, cara download dan update ke iOS terbaru silakan masuk ke Settings > General > Software Update

Nah itu dia tips-tips yang dapat kalian gunakan untuk mengatasi animasi pada iPhone yang lag dan membuat iPhone menjadi lebih smooth, saya sendiri pernah mengalaminya ketika ingin membuka control center yang animasinya sedikit lag, dengan menerapkan cara ke #2 di atas maka masalah dapat teratasi hanya saja tampilanlah yang harus dikorbankan.

Baik semoga cara-cara di atas dapat membantu kalian, apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan silakan tinggalkan pada kolom komentar di bawah, Terima Kasih!

Baca Juga : Cara Cek Apakah iPhone Sudah Pernah Dibongkar atau Service