Seberapa Buruk Kuaitas Layar iPhone XR dan iPhone 11? Cuma 828p

Apple merupakan salah satu perusahaan teknologi terbesar yang sering merilis gebrakan-gebrakan baru dalam dunia teknologi, salah satu produk andalannya yang paling terkenal adalah " iPhone ". Dan sekitar satu tahun yang lalu di hitung dari postingan ini saya tulis, Apple merilis iPhone yang salah satunya membawa banyak sekali pro-kontra dan iPhone tersebut ialah iPhone XR.


iPhone XR menjadi bahan bully pengguna Android dan beberapa pengguna setia Apple karena kualitas layarnya yang hanya di bawah 1080p, bukan 720p tepatnya 828p ( 1792 x 828 ) dengan kerapatan 326 ppi. Dan hal ini kembali terjadi dimana Apple merilis iPhone 11 dengan kualitas layar yang sama yaitu 828p yang membedakannya hanya iPhone 11 memiliki tingkat kecerahan yang lebih tinggi yaitu 800nit di bandingkan dengan iPhone XR yang hanya 625nit.


Lalu apakah kualitas dari layar iPhone XR dan iPhone 11 seburuk itu? setuju atau tidak kualitas layar iPhone XR dan 11 bisa di bilang : Cukup Bagus dan Tidak Buruk juga..

Sisi Bagusnya ialah...


Dari segi akurasi warna iPhone XR & 11 memang tidak di ragukan lagi kualitasnya, mengingat layar layar besutan Apple sering di jadikan standar dalam industri yang membutuhkan akurasi warna yang mendekati sempurna, selain itu layar Liquid Retina HD membuat layar 828p tersebut terlihat cukup tajam dan sempurna untuk penggunaan sehari-hari seperti browsing, sosial media, foto sampai menonton video.

Sisi Mengecewakannya...

Memiliki harga yang setara bahkan lebih mahal dari pesaingnnya yang menggunakan kualitas layar yang lebih tajam, pemutaran video hanya terbatas pada 1080p saja bahkan kualitas itupun tidak sepenuhnya tampil di layar 828p, kalian sulit membedakan mana gambar 4K dan 1080p karena layar kalian tidak mendukung untuk menampilkan kualitas gambar tersebut, jika di lihat dari dekat memang cukup ketara pixel-pixel yang terlihat tidak rapat ( tidak tajam ).

Pendapat Saya...

Sebagai pengguna salah satu iPhone yang menggunakan layar 828p ini, bisa saya bilang layar tersebut tidak terlalu buruk karena kalian tidak mungkin melihat layar iPhone dari jarak 3 - 5 cm dimana pixel pada layar mulai terlihat tidak rapat, untuk penggunaan sehari-hari layar ini bisa di andalkan dengan baik,hanya saja apabila kalian datang dari iPhone X atau Smartphone Android dengan layar 2 - 4K akan sangat terlihat perbedaannya, apalagi kalian orang yang suka editing video dan menonton video di YouTube dengan kualitas tinggi.

Pilihlah iPhone XS atau 11 Pro Jika Mampu...


Apabila kalian ragu dengan kualtias layar yang di tampilkan oleh iPhone XR dan iPhone 11 maka kalian bisa mengambil iPhone dengan kualitas jauh lebih baik dan terbaik milik Apple seperti iPhone XS atau iPhone 11 Pro yang memiliki kualitas layar Super Retina OLED dengan dukungan HDR, Ketajaman gambar yang menakjubkan dan rasio kontras yang jauh lebih baik.

iPhone XR dan iPhone 11 Not That Bad!

Seperti yang sudah saya ungkapkan tadi, jika kalian bukan pengguna yang detail soal ketajaman gambar pada layar apalagi suka melihat layar lebih dekat 3 - 5 cm, menonton video YouTube dengan kualitas 720 / 1080p sudah terasa cukup detail, maka iPhone XR dan 11 bisa menjadi pilihan kalian dengan harga yang jauh lebih murah dan kualitas layar yang sudah lebih dari cukup.

Tetapi apabila kalian orang yang detail akan tampilan pada layar, suka editing foto atau menonton video hingga kualitas 4K maka iPhone 11 Pro dengan layar OLED merupakan iPhone yang cocok untuk kalian.

Kesimpulan!


Slogan ada harga ada kualitas memang tidak bohong, tentu apabila kalian memiliki dana lebih iPhone dengan layar OLED bisa menjadi pilihan terbaik dan kalian tidak perlu memusingkan kualitas pada layar di tambah lagi daya tahan baterai dan kualitas kamera yang di berikan jauh lebih baik, sendangkan apabila kalian pengguna yang biasa-biasa saja saya rasa iPhone XR dan 11 yang menggunakan layar 828p tidak begitu buruk dan sudah jauh lebih cukup untuk penggunaan sehari-hari.

Jika kalian datang dari iPhone 5S, 6, 7 atau 8 saya rasa layar iPhone XR dan 11 tidak terlalu mengecewakan bahkan terasa lebih baik. Tetapi jika kalian datang dari iPhone X maka kalian akan cukup terasa perbedaannya.

Baik sekian informasi dan tips yang dapat saya sampaikan, apabila kalian punya pendapat lain atau ada yang ingin di sampaikan? silahkan tinggalkan pada kolom komentar dibawah, Terima Kasih!

[ Sumber Gambar : Apple ]