Pengguna Keluhkan Battery Health iPhone X dan XS Cepat Menurun

iPhone X adalah iPhone pertama yang menggunakan desain layar penuh dengan notch dan face id yang di luncurkan pada tahun 2017 kemarin, memasuki usianya yang kedua ternyata masih banyak pengguna yang mengeluhkan kesehatan baterai iPhone X mereka sangat cepat menurun.


Menurut Apple kesehatan baterai pada iPhone di perkirakan akan berkurang sekitar 20% setiap 500x pengisian daya penuh dalam pengoprasian dan kondisi yang normal. Meskipun begitu beberapa pengguna di Reddit mengeluhkan bahwa ketika battery health iPhone X mereka sudah menyentuh angka 80% bahkan 90%, daya tahan baterai mereka akan lebih cepat habis.

Sepertinya masalah ini tidak hanya terjadi pada iPhone X saja, menurut pengguna di Reddit masalah ini juga menimpa pengguna iPhone XS.

Apabila battery health iPhone sudah mencapai di bawah 80% biasanya akan muncul fitur manajemen performa baterai pada menu Pengaturan > Baterai > Kesehatan Baterai. Fitur ini diaktifkan secara otomatis apabila iPhone mendeteksi kesehatan baterai sudah tidak dapat memberikan fungsi yang maksimal untuk performa iPhone, efeknya performa iPhone yang menurun di tambah dengan daya tahan baterai harian yang semakin cepat habis.

Faktor umum yang mempengaruhi battery health pada iPhone cepat menurun biasanya datang dari kebiasaan kita sehari-hari dalam melakukan pengisian daya, misalnya saja suka membiarkan iPhone selalu dalam keadaan di charge dari malam hingga pagi, bermain sambil charge, sering membiarkan baterai iPhone habis di bawah 10% dan lain sebagainya.

Untuk menangani masalah ini berikut sedikit tips dari saya yang dapat kalian lakukan :

  1. Sebisa mungkin hindari charge iPhone di bawah 20% ( angka 25 - 30% adalah saat terbaik untuk mulai mengisi daya )
  2. Charge iPhone maksimal 80% saja apabila tidak ada hal yang mendesak
  3. Hindari taruh iPhone di tempat yang panas
  4. Gunakan charger yang original
  5. Selalu update pembaruan versi iOS

Meskipun begitu tidak di pungkiri bahwa battery health pada iPhone akan terus menerus turun, hal yang terbaik yang bisa kalian lakukan adalah mengganti baterai tersebut dengan baterai yang baru, dengan begitu performa dan lama penggunaan iPhone akan meningkat seperti pertama kali membeli iPhone tersebut.

[ Sumber Referensi : Reddit ]