Apa Perbedaan Antara IMEI, ICCID, MEID dan SEID pada iPhone?

Hal yang biasanya kita cari dan gunakan untuk mengindetifikasi perangkat adalah nomor IMEI, dengan IMEI kita dapat mengecek masa garansi, mendaftarkan asuransi, menghubungi bantuan Apple hingga mengecek apakah iPhone kita terdaftar dalam kemenperin.


Namun jika kalian lihat dalam menu yang terdapat pada bagian Pengaturan > Umum > Mengenai selain IMEI ada juga menu seperti ICCID, MEID dan SEID. Nah bagi yang belum tahu apa saja perbedaan dari semua menu-menu tersebut, berikut penjelasannya :

IMEI atau International Mobile station Equipment Identities

Adalah identitas nomor unik yang berbeda-beda pada setiap smartphone yang beredar, IMEI ini biasanya digunakan untuk mencari smartphone yang hilang, mengecek masa garansi sampai digunakan oleh jaringan GSM untuk mengidentifikasi perangkat yang valid.

ICCID atau Integrated Circuit Card IDentifier

Adalah nomor yang digunakan untuk mengidentifikasi identitas pada SIM Card, nomor ICCID ini bisa kalian lihat sendiri secara langsung pada kartu SIM Card yang digunakan.

MEID atau Mobile Equipment IDentifier

Berfungsi hampir sama dengan IMEI namun MEID biasanya selalu digunakan untuk mengidentifikasi perangkat dengan jaringan CDMA, dan tidak selalu ditampilkan pada perangkat dengan jaringan GSM walaupun dalam hal ini iPhone tetap menampilkannya.

SEID atau Secure Element ID Number

Adalah nomor yang digunakan untuk mengidentifikasi fitur keamanan dan NFC, selain itu SEID juga digunakan untuk memverifikasi pembayaran Apple Pay.

Dari keempat menu tersebut biasanya hanya IMEI lah yang paling umum digunakan, apalagi saat ini sudah berlaku peraturan dimana smartphone ilegal dengan IMEI yang tidak terdaftar akan diblokir untuk menggunakan jaringan, kalian bisa cek apakah IMEI kalian terdaftar dalam kemenperin melalui link berikut : https://imei.kemenperin.go.id/

Baik sekian informasi tentang perbedaan dari IMEI, ICCID, MEID dan SEID pada iPhone, apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan silakan tinggalkan pada kolom komentar di bawah, Terima Kasih!