Apakah Data pada iPhone akan Hilang ketika di Service / Ganti Mesin?

Ada beberapa pertanyaan yang sering saya dapatkan tentang, Apakah data-data pada iPhone seperti foto, aplikasi dan lain-lain akan hilang ketika diservice/perbaiki (misalnya ganti mesin)? jawabannya sederhana yaitu.. Tergantung.

Tergantung apa nih? tergantung dari apa kerusakan komponen pada iPhone tersebut dan juga siapa yang melakukan perbaikannya. Di sini terdapat dua kemungkinan antara perbaikan dilakukan oleh orang yang sudah dilatih oleh Apple sendiri (Apple Store) dan oleh perorangan.

Diservice oleh Apple Langsung/Apple Store


Apabila iPhone kalian rusak dan diperbaiki sendiri oleh Apple Store, biasanya mereka akan memberikan penjelasan tentang apakah data-data pada iPhone kalian akan hilang atau tidak. Maka dari itu penting sebelum membawa iPhone kalian untuk diservice silakan dibackup terlebih dahulu.

Namun ada beberapa kerusakan yang kemungkinan besar bahkan sudah pasti akan menghapus seluruh data pada iPhone kalian, misalnya saja kerusakan pada mesin (logic board) iPhone.

Perlu diketahui juga walau bagaimanapun biasanya data-data yang ada pada iPhone kita tetap akan dihapus oleh Apple ketika diperbaiki apapun kerusakannya. Tapi semua tergantung kebijakan pada Apple Store tempat kalian memperbaiki iPhone, untuk lebih jelasnya kalian bisa tanyakan sendiri ke mereka.

Diservice oleh Perorangan


Maksud perorangan di sini adalah orang lain yang bukan tenaga ahli resmi dari Apple, jika memang perorangan tersebut yang memperbaiki iPhone kalian kemungkinan besar data-data pada iPhone akan aman-aman saja, namun semuanya kembali lagi tergantung dari kerusakan yang dialami iPhone tersebut.

Semua data-data pada iPhone kita disimpan dan dienkripsi pada mesin (logic board) iPhone, apabila kerusakan datang dari mesin dan mengharuskan untuk ganti mesin tentu saja data-data kalian akan secara otomatis hilang.

Tetapi apabila hanya sekedar mengganti kamera yang rusak, baterai, tombol atau layar maka seharusnya tidak ada masalah dengan data-data kalian.

Meskipun begitu ada juga kasus kerusakan yang diperbaiki hanya dengan merestore iOS pada iPhone tersebut melalui iTunes, yang kemungkinan besar data-data akan hilang karena proses restorasi yang digunakan tanpa melewati tahap membackup data. Jadi untuk lebih jelasnya silakan tanyakan semua ke orang yang memperbaiki iPhone kalian tersebut.

Bagaimana Jika Digaransikan?


Untuk garansi resmi dari Apple sendiri tentu saja 99% kalian akan kehilangan data-data pada iPhone kalian, kenapa begitu? karena unit iPhone kalian akan ditukar dengan unit iPhone lainnya yang tentu saja tidak membawa data-data kalian (kecuali ada persetujuan tertentu sebelumnya antara kalian dan pihak Apple).

Baik, itu saja ulasan tentang apakah data-data dalam iPhone kalian akan dihapus atau hilang apabila diservice dan diganti mesin, jika kalian punya pertanyaan lainnya atau masih ada yang mau admin jelaskan silakan tinggalkan pada kolom komentar dibawah, Terima Kasih!