Cara Memperbaiki Mic iPhone Tidak Berfungsi Saat Video Call

Mic atau Microphone merupakan salah satu komponen pada iPhone yang berfungsi untuk merekam suara, contohnya saja ketika kalian melakukan panggilan telepon, merekam video, merekam memo suara, menggunakan siri dan lain sebagainya.


Namun ada beberapa pengguna iPhone yang mengalami masalah di mana Mic mereka tidak befungsi sama sekali, terutama saat melakukan panggilan telepon video call melalui aplikasi chat seperti WhatsApp, Facetime, Skype dan lain sebagainya.

Kemudian bagaimana cara mengatasinya? tenang saja ada beberapa cara dan hal yang penting untuk kalian coba untuk mengembalikan fungsi dari Mic pada iPhone, kalau begitu langsung saja berikut caranya.

Pastikan Fungsi Microphone Aktif

Apabila kalian menggunakan aplikasi seperti WhatsApp untuk melakukan Video Call pastikan menu Microphone dalam kondisi aktif, contohnya bisa dilihat pada gambar di bawah berikut.


Restart iPhone

Terlihat sederhana namun cara ini cukup ampuh apalagi jika memang masalah ini hanya disebabkan oleh bug pada iOS, cara restart iPhone secara sederhana kalian tinggal mematikan iPhone tersebut kemudian menyalakannya kembali.

Cek Izin Aplikasi untuk Menggunakan Microphone


Jika Mic tidak bekerja pada aplikasi seperti WhatsApp misalnya untuk Video Call, pastikan kalian sudah mengizinkan WhatsApp untuk menggunakan Microphone pada iPhone. Untuk mengecek hal ini masuk ke aplikasi Pengaturan > Privasi > Mikrofon > (aplikasi yang bermasalah), jika belum diizinkan maka silakan nyalakan izin pada aplikasi yang bermasalah tersebut.

Putuskan Seluruh Sambungan Aksesoris

Apabila iPhone masih tersambung ke Headset / Earphone pastikan kalian mencabut terlebih dahulu sambungan kabelnya atau jika menggunakan earphone bluetooth silakan putuskan terlebih dahulu dengan cara menonaktifkan bluetooth, jika sudah silakan coba lagi.

Pastikan Lubang Microphone Tidak Tertutup

Cek juga apakah lubang mic pada iPhone tertutup benda lain (misalnya case) atau tidak, Micrphone iPhone terletak di bagian belakang dekat kamera dan bagian depan (earpiece), silakan lepas case iPhone untuk memastikan.

Update ke iOS Terbaru


Jika cara-cara di atas tidak juga membuahkan hasil pastikan juga iPhone telah menggunakan iOS versi terbaru, cara update ke iOS versi terbaru silakan masuk ke Pengaturan > Umum > Pembaruan Perangkat Lunak.

Tes Apakah Microphone Berfungsi atau Tidak

Ada beberapa metode yang dapat digunakan untuk memastikan apakah Microphone masih berfungsi atau tidak, kalau begitu langsung saja berikut caranya :

  • Buka aplikasi Memo Suara kemudian silakan coba lakukan perekaman suara dan lihat hasilnya
  • Coba rekam video dan lihat apakah suara terekam atau tidak

Jika semuanya berfungsi kemungkinan besar aplikasi yang digunakan bermasalah atau sebelumnya tidak menyalakan akses untuk mengaktifkan microphone.

Reset Pengaturan iPhone

Silakan coba atur ulang pengaturan pada iPhone dengan cara buka aplikasi Pengaturan > Umum > Atur Ulang > Atur Ulang Pengaturan. Ingat cara ini akan mengatur ulang semua pengaturan iPhone ke pengaturan awal.

Belum Berhasil Juga?

Apabila cara-cara di atas tidak membuahkan hasil silakan bawa iPhone kalian ke service center Apple authorized di Indonesia untuk dicek apakah terjadi kerusakan atau tidak, jika ya pertimbangkan untuk digaransikan jika masih dalam masa garansi.

Baik sekian informasi cara memperbaiki Microphone pada iPhone yang tidak berfungsi, apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan silakan tinggalkan pada kolom komentar di bawah, Terima Kasih!