Skor Antutu Lebih Rendah Dari Yang Seharusnya? Ini Penyebabnya

Pengguna Smartphone terutama kalangan Gamers pasti banyak yang tidak asing dengan aplikasi Benchmark ( tolak ukur ) yang di gunakan untuk mengukur seberapa kencang smartphone yang kalian gunakan, saah satu aplikasi Benchmark yang populer dan paling banyak di gunakan saat ini adalah Antutu Benchmark.


Score dari Antutu Benchmark sering di jadikan acuan seberapa kencang smartphone tersebut entah itu di Android atau iOS, namun dalam beberapa kasus pengguna Antutu seringkali mendapatkan Skor yang jauh lebih rendah di bandingkan yang seharusnya, misalnya begini : 

iPhone 11 seharusnya mendapatkan skor Antutu rata-rata sekitar 522.000 ribuan, sedangkan ketika di teset ternyata iPhone 11 kalian hanya mendapatkan skor sekitar 300.000 sampai 400.000 ribuan saja, nah apa yang salah dari sini? apakah iPhone tersebut palsu?

Sebelum mengatakan ada yang tidak beres pada Smartphone kalian entah itu iOS atau Android, kalian perlu memperhatikan dan melakukan hal-hal berikut untuk mengetahuinya :

#1 : Mode Hemat Daya / Low Power Mode Dalam Keadaan Aktif!


Nah ini dia yang menjadi penyebab UTAMA kenapa smartphone Android atau iPhone kalian mendapatkan Skor Antutu yang lebih rendah dari yang seharusnya, ya.. Mode Hemat Daya adalah salah satu fitur pada Smartphone Android dan iOS yang mana apabila mode ini di aktifkan penggunaan daya dan kecepatan smartphone akan di Batasi, tidak peduli aplikasi benchmark atau game selama Mode Hemat Daya di aktifkan maka kecepatan smartphone akan di batasi sehingga berdampak pada skor benchmark yang lebih rendah.

Jadi silahkan Nonaktifkan Mode Hemat Daya / Low Power Mode / Mode Rendah Daya atau apapun itu sebutannya dan silahkan coba lakukan benchmark kembali.

#2 : Banyak Aplikasi yang Terbuka

Bagi pengguna Awam yang baru mencoba melakukan benchmark, penting di perhatikan bahwa aplikasi lainnya yang terbuka di latar belakang akan memakan daya performa sehingga membuat hasil benchmark kurang maksimal, silahkan tutup semua aplikasi di latar belakang dan sisakan aplikasi benchmark saja.

#3 : Pastikan Suhu Baterai dan Chipset


Suhu atau temperatur yang panas dapat menyebabkan performa smartphone menurun akibatnya skor Antutu menjadi lebih rendah dari yang seharusnya, suhu dapat kalian pantau langsung melalui aplikasi benchmark ( antutu ) atau gunakan aplikasi pihak ketiga seperti CPUZ ( untuk iOS cek melalui sentuhan pada body ).

#4 : Baterai Minimal 50% atau Lebih

Di sarankan agar melakukan pengisian daya hingga 50% atau lebih demi mendapatkan hasil performa yang optimal

#5 : Update Aplikasi Benchmark ke Versi Terbaru

Biasanya smartphone terbaru yang belum mendapatkan dukungan akan menghasilkan skor yang tidak optimal, silahkan cek pembaruan aplikasi benchmark, jika tersedia silahkan di update ke versi terbaru.

#6 : Cek Kesehatan Baterai


Khusus pengguna iOS, Apple telah menanamkan fitur untuk mengurangi performa ketika mendeteksi bahwa kesehatan baterai pada iPhone telah menyentuh angka yang sangat rendah, hal ini di lakukan demi menghindari iPhone restart atau mati sendiri ketika di gunakan. Silahkan cek melalui Pengaturan > Baterai > Kesehatan Baterai. Untuk pengguna Android yang ingin mengetahui kesehatan baterai silahkan baca artikel berikut ini : Cara Cek dan Mengetahui Battery Health di Smartphone Android

#7 : Restart Smartphone

Cara paling sederhana ini dalam beberapa kasus mampu menormalkan kembali skor Antutu, jadi jangan lupa restart smartphone kalian ( matikan kemudian hidupkan kembali ) dan coba lagi benchmarknya.

#8 : Update ke versi OS Android / iOS Terbaru


Di setiap update OS / iOS pasti ada fitur dan pengoptimalan terhadap performa, silahkan update versi OS / iOS kalian ke versi terbaru yang tersedia.

Baik itu saja tips dan cara mengatasi skor Antutu yang lebih rendah dari yang seharusnya, apabila ada yang ingin di tanyakan atau sampaikan silahkan tinggalkan pada kolom komentar di bawah, Terima Kasih!