Tips Mengatasi Baterai Apple Watch Yang Boros dan Cepat Habis

Apple sendiri terus meningkatkan daya tahan baterai pada Apple Watch terbaru agar penggunanya mendapatkan daya tahan baterai yang lebih lama alias seharian penuh dengan hanya 1 kali pengisian daya. Namun tidak semua pengguna merasakan hal ini, beberapa pengguna Apple Watch terutama yang menggunakannya sudah cukup lama mengeluhkan baterai yang cukup boros dan cepat habis ketika di gunakan.


Beberapa faktor yang dapat menyebabkan borosnya baterai pada Apple Watch seperti penggunaan fitur-fitur tertentu yang memakan banyak daya, suhu Apple Watch yang sering memanas, usia yang sudah cukup lama dan lain sebagainya.

Untuk mengatasi Baterai Apple Watch yang Cepat Habis alias Boros kalian dapat mengikuti beberapa tips berikut ini :

#1 : Restart Apple Watch

Memulai ulang Apple Watch dalam beberapa kasus akan membuat sistem menjadi lebih fresh dan optimal kembali, jadi silahkan nonaktifkan Apple Watch kalian dengan tekan dan tahan tombol power di samping Apple Watch kemudian seret icon POWER OFF, jika sudah silahkan nyalakan kembali.

#2 : Nyalakan Mode Power Saving

Dengan menyalakan mode hemat daya / power saving, beberapa sensor akan di batasi bahkan di nonaktifkan, hal ini tentu saja akan berdampak pada penggunaan baterai yang lebih awet. Untuk menyalakan mode Power Saving silahkan buka aplikasi Settings > General > Workout kemudian nyalakan Power Saving Mode.

#3 : Nonaktifkan Bangun Otomatis / Wrist Raise

Dengan aktifnya fitur untuk membangunkan layar saat pergelangan tangan di putar akan cukup memakan daya baterai yang lebih boros, silahkan nonaktifkan fitur ini melalui aplikasi Settings > General > Wake Screen lalu nonaktifkan menu Wake Screen on Wrist Raise. Sebagai alternatifnya kalian bisa tap / menyentuh layar Apple Watch untuk membangunkannya.

#4 : Nonaktifkan Background App Refresh

Aktifnya fitur Background App Refresh akan membuat aplikasi dapat mengambil informasi terbaru walaupun sedang tidak di gunakan, tentu saja hal ini akan membuat daya tahan baterai semakin menurun. Silahkan nonaktifkan fitur ini melalui iPhone yang terhubung caranya buka aplikasi Watch kemudian pilih General > Background App Refresh kemudian nonaktifkan per aplikasi atau nonaktifkan semuanya.

#5 : Update Software Apple Watch ke Versi Terbaru

Apple selalu merilis pembaruan update pada Apple Watch ( watchOS ) terutama untuk mengoptimalkan performa dan penggunaan baterai, silahkan cek apakah tersedia pembaruan pada Apple Watch kalian melalui perangkat iPhone yang terhubung, caranya buka aplikasi Watch pada iPhone lalu buka menu General > Software Update. Jika tersedia pembaruan pastikan baterai Apple Watch kalian berada di atas 50%.

#6 : Aktifkan Reduce Motion

Dengan mengaktifkan Reduce Motion akan mengurangi tampilan animasi pada Apple Watch sehingga berdampak pada berkurangnya penggunaan daya. Berkurangnya animasi ini tidak terlalu terlihat bahkan tidak terlalu terasa, untuk mengaktifkan Reduce Motion silahkan buka aplikasi Settings pada Apple Watch kemudian masuk ke menu General > Accessibility > Reduce Motion.

#7 : Kurangi Waktu Bangun Layar

Mengurangi waktu tampilan ketika layar Apple Watch bangun tentu saja dapat menghemat penggunaa daya baterai, untuk menguranginya kalian bisa buka aplikasi Settings > General > Wake Screen kemudian scroll ke bawah pada menu On Tap silahkan pilih Wake for 15 Seconds.

#8 : Tutup Aplikasi Yang Tidak di Gunakan

Menutup aplikasi yang tidak di gunakan kemungkinan besar akan mengurangi penggunaan daya baterai karena aktivitas aplikasi akan terhenti, untuk menutup aplikasi silahkan tekan tombol di samping Apple Watch kemudian geser aplikasi ke arah kiri lalu pilih Remove.

#9 : Nonaktifkan Notifikasi Aplikasi Tidak di Gunakan

Dengan aktifnya fitur Push Notification pada aplikasi maka kemungkinan besar aplikasi tersebut akan terus berjalan di latar belakang untuk mengirimkan notifikasi dan hal ini akan memakan cukup banyak daya baterai. Silahkan nonaktifkan notifikasi aplikasi yang tidak kalian gunakan atau tidak penting melalui aplikasi Watch pada iPhone kemudian padabagian My Watch pilih menu Notifications silahkan pilih aplikasi yang di inginkan kemudian nonaktifkan menu Stand Reminders dan Daily Coaching.

#10 : Gunakan Mode Power Reserve

Mode ini cocok untuk di aktifkan jika Apple Watch kalian benar-benar dalam keadaan hampir kehabisan daya baterai, dengan di aktifkannya fitur ini beberapa fitur pada Apple Watch tidak akan tersedia karena sambungan ke iPhone akan terputus untuk sementara. Untuk menyalakan fitur ini silahkan usap layar Apple Watch dari bawah ke atas kemudian tap pada icon persentase baterai kemudian seret icon Power Reserve dari arah kiri ke kanan dan tap kembali icon berwarna hijau untuk menkonfirmasi.

Apabila cara-cara di atas tidak membuahkan hasil yang memuaskan kalian dapat membawa Apple Watch kalian ke service center authorized Apple di Indonesia untuk melakukan penggantian ke baterai yang baru. Hal ini sangat di rekomendasikan bagi pengguna dengan Apple Watch yang berusia sudah cukup lama.

Baik sekian informasi cara Mengatasi Baterai Apple Watch yang Boros dan Cepat Habis, apabila ada yang ingin di tanyakan atau sampaikan silahkan tinggalkan pada kolom komentar di bawah, Terima Kasih!