Alasan Penting Harus Rutin Update iOS iPhone / iPadOS iPad

Banyak pengguna iPhone ataupun iPad yang malas untuk mengupdate iOS / iPadOS pada perangkat mereka, alasannya beragam mulai dari sulitnya mengakses Wi-Fi, khawatir apabila setelah update iPhone akan menjadi lemot, takut iPhone menjadi lebih cepat panas, takut memakan banyak memori penyimpanan, takut error, stuck dan lain sebagainya.


Namun malas dan khawatir tersebut harus kalian kesampingkan untuk beberapa alasan berikut ini :

#1 : Update iOS Membuat iPhone Menjadi Lebih Optimal

Ini dia salah satu alasan paling kuat kenapa kalian harus rutin mengupdate iOS pada iPhone kalian ( termasuk iPadOS untuk iPad ). Apple selalu merilis pembaruan / update iOS dalam tempo waktu yang cukup cepat berkisar hitungan minggu sampai bulan, salah satu tujuan utamanya untuk mengoptimalkan penggunaan iPhone agar terasa lebih smooth dan halus.

#2 : Mengoptimalkan Performa dan Daya Tahan Baterai

Tidak dipungkiri ketika iPhone sudah berusia cukup lama maka penurunan performa dan daya tahan baterai akan semakin terasa, namun disisi lain melalui update iOS Apple terus mengoptimalkan penggunaan baterai agar lebih efisien dan menjaga kinerja iPhone agar tetap prima.

#3 : Fitur Baru dan Perbaikan Bug

Fitur baru adalah hal yang paling sering ditunggu-tunggu pengguna iPhone apalagi jika ada tampilan yang berubah drastis, selain itu perbaikan Bug demi menunjang pengalaman dalam menggunakan iPhone adalah salah satu hal yang tidak kalah penting.

#4 : Perbaikan Keamanan

Keamanan adalah hal yang seringkali kita sepelekan, namun disis lain Apple terus berusaha untuk memerangi celah keamanan yang dapat mengganggu kalian mulai dari sisi privasi hingga keamanan data.

Alasan Kenapa TIDAK Harus Mengupdate iOS

Disisi lain ada juga alasan yang dapat kalian pertimbangkan untuk tidak mengupdate iOS iPhone atau iPadOS iPad kalian, dan salah satunya adalah :

  • Performa iPhone terasa sedikit menurun ( biasanya untuk major update, misalnya iOS 12 ke iOS 13 )
  • Penggunaan Baterai menjadi sedikit lebih boros
  • Tidak tersedianya Jailbreak untuk waktu yang cukup lama
  • Memakan banyak kuota internet
  • Resiko aplikasi lama tidak dapat dibuka ( biasanya untuk major update, misalnya iOS 12 ke iOS 13 )
  • Kapasitas penyimpanan sedikit meningkat
  • Memiliki bug baru

Jadi buat admin sendiri apabila kalian pengguna iPhone biasa dan sangat mementingkan pengalaman dalam menggunakan iPhone, rutin mengupdate iOS ke versi terbaru yang tersedia saat ini adalah hal yang tepat. Tetapi jika kalian pengguna iPhone Advance yang mengiginkan kebebasan ( Jailbreak ) sebaiknya tidak mengupdate iOS kalian sampai ada konfirmasi ketersediaan jailbreak untuk versi iOS tersebut.

Oke, itu saja alasan penting kenapa kalian harus rutin mengupdate iOS pada iPhone ataupun iPadOS pada iPad ke versi terbaru yang tersedia saat ini, apabila kalian punya pendapat lain atau ada yang ingin disampaikan silahkan tinggalkan pada kolom komentar dibawah, Terima Kasih!