Cara Menyimpan iPhone Dalam Waktu yang Lama Agar Tetap Awet

Setiap tahunnya Apple selalu mengeluarkan seri terbaru untuk iPhone dan iPad, bagi sebagian orang yang telah mengganti iPhonenya dengan seri yang terbaru memilih untuk menyimpan iPhone lamanya ketimbang dijual atau diserahkan ke orang lain, entah karena alasan kenangan, sudah sayang dan lain sebagainya. Pada postingan kali ini saya akan fokus membagikan tips menyimpan iPhone ( termasuk iPad dan iPod ) dalam jangka waktu yang cukup lama, entah karena alasan tidak mau dijual, mau pergi berlibur dan alasan-alasan lainnya.


Menyimpan iPhone butuh perhatian khusus dan tidak sembarangan, tujuannya agar fungsi dan kualitas iPhone tetap awet dan terjaga. Lalu bagaimana cara menyimpan iPhone yang baik dan benar? langsung saja ikuti tips berikut ini :

Simpan iPhone dengan Baterai dalam keadaan sekitar 50%


Kenapa harus 50%? karena baterai yang digunakan iPhone merupakan baterai Lithium-ion, baterai Lithium-ion sendiri akan kehilangan daya pengisiannya jika dibiarkan dalam keadaan yang benar-benar kosong. Begitu juga apabila kalian menyimpan iPhone dengan kondisi baterai yang benar-benar penuh yang akan berdampak pada baterai yang akan kehilangan sebagian kapasitasnya, dan tentu saja efeknya akan membuat penggunaan iPhone menjadi lebih pendek karena kapasitas baterai yang sudah menurun.

Jadi pastikan kalian menyimpan iPhone dalam keadaan baterai sekitar 50%, misalnya saja 47 sampai 53 %.

Nonaktifkan / Matikan iPhone


Saya rasa hampir semua orang mengetahui hal ini, ya.. dengan mematikan iPhone dapat mengurangi penggunaan daya baterai yang akan terus berjalan walaupun tidak digunakan, jadi mematikan iPhone untuk disimpan dalam jangka waktu yang lama adalah hal yang wajib dilakukan.

Simpan Dalam Kotaknya


Hal ini terserah kalian, tapi ada baiknya untuk menyimpan iPhone tersebut dalam kotaknya, pastikan juga semua aksesoris seperti case sudah dibuka ( supaya muat ) hehe.

Simpan Pada Ruangan dibawah 32° C / Tidak Lembab


Penting juga untuk memperhatikan dimana kalian menyimpan iPhone tersebut, sangat disarankan untuk menyimpan iPhone dalam suhu ruangan dibawah 32° C yang artinya suhu yang cukup sejuk, hindari juga menyimpan dalam keadaan Lembab ( suhu udara mengandung banyak air ).

Apabila Ingin Disimpan Sampai Berbulan-Bulan


Jika iPhone tersebut rencananya akan disimpan dalam jangka waktu yang sangat lama sampai berbulan-bulan, disarankan setiap 6 bulan sekali iPhone di cas ( isi daya ) hingga mencapai 50% lagi ( iPhone mungkin butuh sekitar 20 menit untuk dapat menyala setelah lama tidak menyala ), setelah itu kalian dapat mematikan dan menyimpan iPhone tersebut hingga 6 bulan kedepan sampai harus diisi daya kembali hingga 50%.

Baik, sekian tips cara menyimpan iPhone untuk jangka waktu yang lama ( jangka panjang ) agar iPhone tetap awet dan dapat digunakan kembali nantinya apabila dibutuhkan, apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan silahkan tinggalkan pada kolom komentar dibawah, Terima Kasih!