Penyebab Informasi Kesehatan Baterai Tidak Tersedia pada iPhone

Salah satu fitur penting bagi pengguna iPhone, iPad maupun iPod adalah 'Kesehatan Baterai', dengan fitur tersebut kalian dapat melihat informasi kesehatan dan daya tahan baterai pada iPhone, namun apa jadinya jika ternyata informasi kesehatan baterai pada iPhone kalian tidak tersedia ( iPhone is unable to determine battery health )?


Penyebab 'Informasi Kesehatan Baterai Tidak Tersedia'


Gambar : Apple

Munculnya 'Pesan Baterai Penting' pada menu Kesehatan Baterai..

Tidak dapat memverifikasi keaslian baterai Apple dari iPhone ini. Informasi kesehatan tidak tersedia untuk baterai ini.

Biasanya disebabkan oleh komponen baterai yang digunakan pada iPhone tersebut tidak sesuai standar Apple alias Tidak Asli, sehingga berdampak pada iPhone yang tidak dapat membaca kesehatan baterai. Selain itu ada juga kemungkinan Baterai yang sudah mulai Rusak sampai adanya kesalahan informasi yang disebabkan oleh Bug pada iOS.

Cara Mengatasi 'Informasi Kesehatan Baterai Tidak Tersedia'

Untuk mengatasi masalah ini ada beberapa cara yang dapat kalian lakukan, pertama pastikan terlebih dahulu apakah memang baterai yang digunakan pada iPhone kalian benar-benar asli atau memang sudah pernah diganti sebelumnya.

Jika Yakin Asli, untuk mengatasinya mudah pertama kalian bisa Restart iPhone kalian, jika tidak berhasil juga silahkan update iOS kalian ke versi terbaru yang tersedia caranya masuk ke Pengaturan > Umum > Pembaruan Perangkat Lunak ( gunakan Wi-Fi ), jika tidak berhasil silahkan atur ulang pengaturan iPhone kalian melalui menu Pengaturan > Umum > Atur Ulang > Atur Ulang Pengaturan

Apabila cara-cara ini tidak membuahkan hasil kemungkinan baterai pada iPhone kalian :

  • Tidak lagi Asli / Palsu
  • Baterai Bekas
  • Baterai Sudah Rusak
  • Baterai Tidak Cocok / Kompatibel

Jika Baterai Sudah Tidak Asli, apabila memang ternyata baterai pada iPhone kalian sudah tidak lagi asli dan pernah diganti sebelumnya, tidak ada cara lain selain mengganti baterai tersebut dengan yang berkualitas / asli agar iPhone dapat menampilkan kembali informasi Kesehatan Baterai pada iPhone.

Jika Baterai Sudah Rusak, biasanya apabila sebelumnya informasi Kesehatan Baterai dapat ditampilkan dengan normal namun tiba-tiba muncul peringatan 'Informasi Kesehatan Baterai Tidak Tersedia', hal ini menandakan kemungkinan baterai pada iPhone sudah mulai mengalami kerusakan atau bermasalah, solusi mudahnya coba update iOS kalian ke versi terbaru yang tersedia caranya masuk ke Pengaturan > Umum > Pembaruan Perangkat Lunak ( gunakan Wi-Fi ), jika tidak berhasil silahkan atur ulang pengaturan iPhone kalian melalui menu Pengaturan > Umum > Atur Ulang > Atur Ulang Pengaturan

Apabila masih belum berhasil cara terakhirnya adalah dengan mengganti baterai pada iPhone kalian dengan baterai yang asli.

Kesimpulan


Baterai asli pada iPhone didesain untuk menampilkan informasi Kesehatan Baterai dan Pengisian Daya, maka dari itu sangat disarankan untuk menggunakan baterai yang asli untuk menghindari resiko dari penggunaan baterai berkualitas rendah.

Walaupun begitu Munculnya peringatan 'Informasi Kesehatan Baterai Tidak Tersedia' pada baterai iPhone yang tidak asli, tidak akan mengganggu penggunaan iPhone kalian, hanya saja seperti yang sudah diketahui bahwa hanya informasi kesehatan baterai tidak akan dapat ditampilkan.

Oke sekian informasi Penyebab dan Cara Memperbaiki peringatan Tidak dapat memverifikasi keaslian baterai Apple dari iPhone ini, apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan silahkan tinggalkan pada kolom komentar dibawah, Terima Kasih!