Cara Mengatasi iPhone Restart Sendiri Ketika Di Cas

Apabila kalian mengalami hal aneh dimana iPhone restart ( mati nyala, reboot, bootloop ) ketika di cas, kalian tidak sendiri beberapa pengguna iPhone lainnya ( iPad juga ) tidak jarang ada saja yang mengalami masalah seperti ini. Lalu apa penyebabnya? dan Bagaimana solusi untuk mengatasinya? Untuk mengatasi masalah ini caranya cukup mudah, langsung saja silahkan ikuti beberapa tips berikut ini.

Bersihkan Lubang Port Charger pada iPhone


Lubang Port Charger pada iPhone adalah tempat dimana Charger mengalirkan dayanya menuju baterai pada iPhone, dalam lubang port tersebut terdapat beberapa komponen konduktor yang berfungsi menerima arus daya dari charger. Nah jika lubang port tersebut kotor atau bahkan terdapat kotoran yang sifatnya konduktor juga ( penghantar listrik ) dapat menggangu arus daya yang masuk dari charger sehingga iPhone restart dengan sendirinya.

Tipsnya silahkan bersihkan lubang Port Charger tersebut menggunakan bahan yang tidak menghantarkan listirk seperti Tusuk Gigi, Cotton Buds atau benda kecil lainnya yang dapat masuk kedalam port charger iPhone, pastikan untuk membersihkan secara halus agar tidak terjadi kerusakan pada port charger.

Ganti Charger iPhone ( Gunakan yang Original )


Langkah pertama coba gunakan charger lainnya, apabila berhasil berarti charger kalian yang sebelumnya mengalami masalah ( kalian bisa coba satu per satu antara adaptor atau kabelnya ). Jika kalian menggunakan charger yang tidak original pastikan untuk menggantinya dengan yang original, karena dampak jangka panjang menggunakan charger yang tidak original dapat merusak komponen-komponen didalam iPhone karena arus daya yang tidak sesuai dengan spesifikasi iPhone.

Tips tambahan, apabila kalian menggunakan fast charger silahkan ganti dulu ke charger standar dan lihat hasilnya ( kalian bisa menggunakan adaptor charger smartphone lainnya untuk memastikan saja ).

Update ke iOS Terbaru atau Restore iPhone


Ada kemungkinan juga iOS yang kalian gunakan rusak atau corrupt, silahkan pertimbangkan untuk coba mengupdate iOS kalian ke versi terbaru caranya silahkan masuk ke Pengaturan > Umum > Pembaruan Perangkat Lunak ( gunakan Wi-Fi ) atau restore iPhone kalian via iTunes, cara ini bisa dibilang cukup ampuh.

Masih belum Bisa Juga?

Lubang Port Charger iPhone sudah dibersihkan, Sudah update ke iOS terbaru, Charger iPhone sudah coba yang lain tetapi tetap saja restart setelah di cas, lalu bagaimana?

Kemungkinan besar jika cara-cara diatas tidak berhasil, kemungkinan besar masalah datang dari iPhone kalian sendiri, misalnya.

  • Baterai pada iPhone yang bermasalah
  • Komponen pada iPhone kemasukan Air
  • Komponen pada iPhone ada yang kendur ( terutama kabel ribbon atau konektor baterai )
  • dan lain sebagainya...

Untuk lebih pastinya disarankan untuk memabawa iPhone kalian ke service center Apple Authorized di Indonesia atau jasa service iPhone terpercaya yang ada disekitar kalian, agar dicek lebih lanjut apa penyebabnya dan dapat diperbaiki.

Oke sekian informasi cara mengatasi iPhone, iPad atau iPod yang merestart sendiri ketika di cas ( disambungkan ke charger atau diisi daya ). Apabila ada yang kurang jelas dan ingin ditanyakan atau mungkin ada yang mau disampaikan, silahkan tinggalkan pada kolom komentar dibawah, Terima Kasih!