Cara Jailbreak iOS 13 - 13.3 untuk iPhone XR, XS dan 11 Tanpa Komputer

Beberapa saat yang lalu @Pwn20wnd ( salah satu hacker dan developer jailbreak ) baru saja merilis Unc0ver v4.0.0 dengan dukungan jailbreak iOS 13.0 hingga iOS 13.3, jailbreak ini bersifat Semi-Untethered yang berarti ketika iPhone kalian restart / mati maka jailbreak akan hilang dan harus dijailbreak ulang untuk mendapatkan kembali akses jailbreak.


Update! Aplikasi Jailbreak Unc0ver iOS 13.0 hingga iOS 13.3 sudah mendukung semua iPhone berikut :

  • iPhone 6S
  • iPhone 6S Plus
  • iPhone 7
  • iPhone 7 Plus
  • iPhone 8
  • iPhone 8 Plus
  • iPhone X
  • iPhone XR
  • iPhone XS
  • iPhone XS Max
  • iPhone 11
  • iPhone 11 Pro
  • iPhone 11 Pro Max
  • iPad Mini 5
  • iPad Air gen 3
  • iPad Pro gen 3

Bagi yang berniat melakukan jailbreak, kalian dapat menginstallnya langsung tanpa menggunakan komputer, namun sebelum itu perlu diperhatikan bahwa semua resiko ditanggung masing-masing do it at your own risk, silahkan backup data-data penting terlebih dahulu sebelum melanjutkan. Kalau sudah langsung ikuti caranya dibawah berikut :

Disini ada 2 metode yang dapat kalian gunakan pertama tanpa bantuan komputer dan yang kedua dengan bantuan komputer, untuk yang tanpa komputer kalian diharuskan untuk menginstall toko aplikasi pihak ketiga seperti tweakbox, ignition atau ios ninja, untuk caranya langsung saja :

Cara Jailbreak Tanpa Komputer

Pada tutorial ini saya akan menggunakan iOS Ninja sebagai toko aplikasi pihak ketiga yang akan kita gunakan untuk mendownload aplikasi jailbreak Unc0ver.

#1 : Pada iPhone atau iPad kalian silahkan buka link berikut : https://iosninja.io/app

#2 : Jika sudah klik Install Now untuk mendownload aplikasi iOS Ninja kemudian pilih Izinkan jika muncul peringatan untuk install, terakhir akan muncul peringatan Profil telah diunduh.

#3 : Selanjutnya silahkan keluar dan buka aplikasi Pengaturan > Umum > Manajemen Profil & Perangkat kemudian pilih iOS Ninja > Install > masukkan password iPhone kalian jika diminta > Berikutnya > Install > Install > Selesai

#4 : Sekarang keluar ke halaman utama iPhone dan buka aplikasi iOS Ninja, pada menu Apps cari aplikasi Unc0ver Jailbreak kemudian install versi 4.0.1 atau lebih baru

#5 : Tunggu hingga proses download dan installnya selesai, jika sudah langsung buka aplikasi Unc0ver

Sebagai catatan jika muncul peringatan 'Pengembang...Tidak Dipercaya' saat ingin membuka aplikasi Unc0ver untuk memperbaikinya silahkan buka aplikasi Pengaturan > Umum > Manajemen Profil & Perangkat kemudian pilih menu sertifikat ( biasanya namanya acak ) yang berisi aplikasi Unc0ver kemudian percayai sertifikat tersebut.

#6 : Eitss.. sebelum menekan tombol Jailbreak, untuk meningkatkan tingkat kesuksesan saat melakukan jailbreak pastikan kalian mengikuti beberapa tips berikut :

> Matikan Wi-Fi / Data Seluler / Bluetooth
> Nyalakan AirPlane Mode
> Nonaktifkan Mode Daya Rendah
> Hapus file OTA update jika ada ( caranya buka Pengaturan > Umum > Penyimpanan iPhone kemudian hapus file iOS jika ada, contohnya bisa kalian lihat gambar dibawah berikut )


> Restart iPhone terlebih dahulu, jika iPhone sudah menyala tunggu hingga sekitar 1 sampai 2 menit sebelum membuka aplikasi Unc0ver

#7 : Jika tips-tips diatas sudah dilakukan selanjutnya silahkan buka aplikasi Unc0ver kemudian tahan dulu 30 detik kemudian tekan tombol Jailbreak

Setelah menekan tombol jailbreak iPhone kalian akan restart dan hal tersebut normal, silahkan tunggu lagi hingga 1 sampai 2 menit sebelum mencoba lagi. Jika sudah berhasil maka aplikasi Unc0ver akan menunjukkan Jailbreak yang telah sukses dan perangkat kalian akan respring secara otomatis, setelah respring kalian akan melihat aplikasi Cydia sudah terinstall.


Setelah menekan tombol 'Jailbreak' Malah Restart? Ikuti Tips Berikut

Ya, untuk berhasil melakukan jailbreak saya sudah mencoba hingga lebih dari 20 kali dan akhirnya berhasil dengan tips aneh ini :

Pertama restart iPhone kalian kemudian tunggu sekitar 2 menit, setelah 2 menit buka aplikasi Unc0ver kemudian tunggu lagi 30 detik, sekarang tap menu account developer twitter yang berada pada bagian atas aplikasi Unc0ver ( nanti kalian akan diarahkan otomatis ke aplikasi twitter ) jika sudah langsung kembali lagi ke aplikasi Unc0ver, silahkan ulangi untuk semua menu account nama developernya. Jika sudah tunggu 5 detik dan tap tombol Jailbreak dan hasilnya disaya berhasil, bukan hanya sekali tetapi tetap berhasil berulang-ulang. Aneh memang.. tapi setidaknya berhasil membuat iPhone 11 saya terjailbreak dengan lancar hingga saat ini.

Tips Lainnya, silahkan install aplikasi jailbreak Unc0ver dari toko aplikasi pihak ketiga lainnya seperti Tweakbox, Altstore dan lain-lain. Jika masih belum bisa juga tunggu hingga update Unc0ver terbaru muncul.

Bagi yang ingin menginstall Unc0ver atau melakukan jailbreak melalui Komputer kalian bisa mendownload aplikasi Jailbreak Unc0ver melalui link berikut : unc0ver.dev jika sudah silahkan install file IPAnya menggunakan Cydia Impactor atau Altstore.

Baik sekian cara Jailbreak iOS 13 - iOS 13.3 untuk iPhone 6S hingga iPhone 11 Pro Max dan iPad Pro gen 3. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan silahkan tinggalkan pada kolom komentar dibawah, Terima Kasih!