Cara Mengatasi Bercak Putih Terang Pada Layar iPad / iPhone

Bercak putih pada layar ( biasanya terlihat sedikit lebih jelas dan terang saat menampilkan halaman berwarna putih ) atau yang biasa disebut juga Screen Bleeding, adalah salah satu masalah yang sering dialami pengguna iPad namun tidak jarang juga menimpa pengguna iPhone atau iPod Touch.


Bercak putih pada layar muncul bukan tanpa sebab, biasanya masalah ini diakibatkan oleh banyak faktor seperti layar terbentur atau terjatuh, terendam air, kualitas lcd layar yang mulai menurun karena sudah berusia lama hingga kesalahan ( bug ) pada iOS / iPadOS. Sebelum mengambil kesimpulan lebih jauh tentang apa penyebabnya, langsung saja ikuti beberapa tips berikut untuk memperbaiki bercak putih ( screen bleeding ) pada layar iPad atau iPhone.

Restart / Force Restart iPad atau iPhone kalian

Force Restart adalah salah satu metode paling sederhana untuk memperbaiki masalah yang diakibatkan oleh kesalahan ( bug ) pada iOS atau iPadOS, kalau begitu berikut cara melakukan Force Restart / Restart Paksa :

> Khusus Pengguna iPhone 8 / Plus, X, XR, XS, XS Max, 11, 11 Pro, 11 Pro Max dan iPad Pro

( lakukan dengan sedikit cepat dan jangan dijeda terlalu lama antar perpindahan tombol )


  1. Tekan tombol Volume Atas kemudian Lepas
  2. Tekan tombol Volume Bawah kemudian Lepas
  3. Tekan dan Tahan tombol Power / Lock selama sekitar 10 - 15 detik atau hingga iPhone mengeluarkan logo Apple alias Restart.

> Khusus Pengguna iPhone 7 dan 7 Plus

Tekan dan Tahan tombol Volume Bawah dan Power / Lock secara bersamaan selama sekitar 10 - 15 detik atau hingga iPhone / iPad mengeluarkan logo Apple alias Restart.

> Khusus Pengguna iPad, iPad Air, iPad Mini, iPhone 6S / Plus, 6 / Plus, SE, 5S, 5, 5C dan lebih lama ( perangkat dengan tombol home )

Tekan dan Tahan tombol Home dan Power / Lock secara bersamaan sekitar 10 - 15 detik atau hingga iPhone / iPad mengeluarkan logo Apple alias Restart.

Reset Pengaturan iPhone / iPad

Pertimbangkan untuk coba mereset atau mengatur ulang pengaturan iPhone / iPad ke pengaturan awal tanpa menghapus data, caranya buka aplikasi Pengaturan > Umum > Atur Ulang > Atur Ulang Pengaturan.

Update ke iOS / iPadOS Terbaru

Cara terakhir coba lakukan update iOS / iPadOS kalian ke versi terbaru yang tersedia saat ini, caranya buka aplikasi Pengaturan > Umum > Pembaruan Perangkat Lunak, pastikan kalian menggunakan Wi-Fi untuk mendownload dan menginstall update.

Solusi Terakhir...

Apabila cara-cara diatas tidak ada yang membuahkan hasil, kemungkinan besar masalah bercak putih di layar tersebut memang diakibatkan oleh kualitas LCD / Layar itu sendiri yang mulai menurun atau mungkin sudah rusak ( biasanya backlight lcd bermasalah ). Untuk memperbaiki masalah ini biasanya cukup dengan mengganti layarnya dengan layar yang baru, namun jika perangkat kalian masih memiliki garansi sangat disarankan untuk digaransikan, namun jika tidak silahkan bawa ke authorized service center Apple di Indonesia untuk diperbaiki.

Banyak Pengguna yang Mengalami hal yang Sama

Screen bleeding alias bercak pada layar bukanlah hal yang jarang terjadi, banyak pengguna diluar sana yang juga mengalami hal yang sama, namun kebanyakan dari mereka merupakan pengguna iPad. Untuk melihat keluhan mereka yang mungkin sama dengan yang kalian alami coba lihat pada halaman berikut : https://discussions.apple.com/thread/8424181?page=1

Kesimpulan...

Meskipun begitu mengganti layar iPad atau iPhone bukanlah hal yang mudah dilakukan semua orang apalagi jika sudah tidak dalam masa garansi. Mengganti komponen layar iPhone dan iPad dengan yang asli tidaklah murah sedangkan jika kalian menggunakan layar yang tidak asli kalian akan kehilangan yang namanya 'kualitas'.

Menurut admin bercak putih pada layar ( jika tidak parah ) bukanlah hal yang mengganggu apalagi jika bercaknya kecil dan hanya terlihat saat layar menampilkan warna putih saja, selebihnya semua keputusan ditangan kalian. Dalam beberapa kasus dan admin sendiripun mengalaminya walau bukan di iPad dan iPhone, bercak putih pada layar tersebut akan hilang sendirinya seiring dengan waktu namun hal ini tidak pasti dan untung-untungan saja.