Cara Mengatasi Email di iPhone Tidak Terkirim

Mengirim Email di iPhone adalah hal yang sering Admin lakukan hampir setiap hari, bukan hanya untuk mengirim pesan saja Email juga sering dimanfaatkan untuk mengirim lampiran foto / gambar, dokumen, file audio dan masih banyak lagi.


Namun beberapa pengguna iPhone terkadang mengalami masalah dimana Email yang mereka kirimkan ternyata tidak kunjung diterima oleh email tujuan, bahkan tanpa peringatan apa-apa. Untuk memperbaiki masalah tersebut dan mengirimkan email kalian yang tadinya tidak terkirim langsung saja berikut caranya.

Cek Menu Outbox pada Email

Bila email tidak terkirim tanpa peringatan apa-apa silahkan cek menu 'Outbox' pada aplikasi Mail kalian, biasanya email yang tidak sempat terkirim karena berbagai kendalam seperti koneksi internet yang buruk, aplikasi mail tidak merespon hingga ukuran file yang dikirim terlalu besar.


Jika memang email kalian ditemukan pada menu Outbox silahkan pilih email tersebut dan kirimkan kembali, sebagai saran saja apabila kalian ingin mengirim file foto atau gambar dengan ukuran yang cukup besar pastikan kalian memiliki koneksi internet yang cukup kencang, supaya lebih cepat terkirim pisahkan beberapa file dan jangan kirim sekaligus.

Cek Koneksi Internet

Pastikan kalian tersambung ke koneksi internet, gagalnya email terkirim bisa diakibatkan tidak adanya koneksi internet atau kualitas jaringan yang sedang buruk, tipsnya coba nyalakan mode pesawat kemudian matikan kembali, jika sudah silahkan coba kembali.

Cek Alamat Email Penerima

Cek juga apakah kalian sudah memasukkan alamat email penerima dengan benar? jika tidak maka email yang kalian kirimkan tidak akan terkirim dan akan tersimpan pada menu Outbox dalam aplikasi Mail.

Tutup Aplikasi Mail dan Buka Kembali

Bisa saja aplikasi Mail pada iPhone sedang bermasalah, coba tutup aplikasi Mail kemudian coba kirimkan kembali, cek menu Outbox untuk melihat email yang sebelumnya tersimpan karena gagal terkirim.

Restart iPhone

Cukup sederhana, silahkan matikan iPhone kalian kemudian nyalakan kembali dan coba lagi kirimkan emailnya, apabila cara ini juga tidak membuahkan hasil gunakan cara selanjutnya dibawah berikut.

Logout ( keluar ) dan Login ( masuk ) Email


Coba keluarkan / hapus email yang kalian gunakan tersebut kemudian login / masuk kembali, caranya buka aplikasi Pengaturan > Kata Sandi & Akun > Gmail / Yahoo / Hotmail ( layanan email yang kalian gunakan ) > Hapus Akun, jika sudah silahkan buka kembali aplikasi Mail dan coba loginkan kembali Emailnya.

Update ke iOS Terbaru

Coba juga untuk meperbarui iOS kalian ke versi terbaru, caranya buka aplikasi Pengaturan > Umum > Pembaruan Perangkat Lunak, silahkan download dan update iOS terbaru menggunakan sambungan Wi-Fi.

Gunakan Aplikasi Mail dari AppStore

Terakhir, bila cara-cara diatas tidak juga membuahkan hasil sebagai alternatifnya kalian dapat menggunakan aplikasi email sesuai layanan email yang kalian gunakan, misalnya saja aplikasi Gmail atau Yahoo Mail.

Bagaimana sudah berhasil dengan salah satu cara diatas? apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan silahkan tinggalkan pada kolom komentar dibawah, Terima Kasih!