Cara Mematikan/Restart iPhone Tanpa Menyentuh Layar

Bukan tidak ada alasan kenapa kalian mencari 'Cara mematikan atau merestart iPhone tanpa menyentuh Layar', saya yakin hampir sebagian dari kalian mengalami masalah pada iPhone kalian, entah itu layar yang tidak merespon sentuhan hingga layar yang pecah/retak karena jatuh atau terbentur.

Dengan tidak meresponnya sentuhan pada layar otomatis kalian tidak bisa mematikan iPhone melalui cara normal pada umumnya.


Namun tenang saja, pada postingan kali ini saya akan membagikan cara-cara Mematikan ataupun Merestart iPhone tanpa menyentuh layar.

Sebelum itu saya akan sedikit menjelaskan apabila layar pada iPhone kalian tiba-tiba tidak merespon 'bukan' diakibatkan karena terjatuh kemungkinan besar kalian dapat memperbaikinya dengan mudah menggunakan teknik 'Restart Paksa' yang akan saya bagikan di bawah, tetapi apabila layar iPhone kalian retak atau pecah kalian bisa mencoba peruntungan dengan cara-cara yang akan saya bagikan dibawah berikut.

Cara Mematikan iPhone Tanpa Menyentuh Layar

Khusus iPhone iPhone 8, X, XR, XS, 11, SE 2, 12, 13, dst.
  • Tekan tombol Volume Atas lalu segera lepas
  • Tekan tombol Volume Bawah lalu segera lepas
  • Terakhir, Tekan dan Tahan terus tombol Power/Lock hingga layar iPhone mati, kemudian menyala, lalu mati lagi.
  • Jika layar sudah mati lagi untuk yang kedua kalinya, silakan lepas tombol yang ditekan, selesai.

Khusus iPhone 7 dan 7 Plus.
  • Tekan dan Tahan terus tombol Volume Bawah (bisa juga atas, pilih salah satu) dan tombol Power/Lock secara bersamaan hingga layar iPhone mati, kemudian menyala, lalu mati lagi.
  • Setelah layar mati lagi untuk yang kedua kali, silakan lepas tombol yang ditekan, selesai.

Khusus iPhone SE, 6S, 6, 5S, dan lebih lama lainnya.
  • Tekan dan Tahan terus tombol Home dan tombol Power/Lock secara bersamaan hingga layar iPhone mati, kemudian menyala, lalu mati lagi.
  • Sesudah layar mati lagi untuk yang kedua kali, silakan lepas tombol yang ditekan, selesai.

Melalui 3uTools di Komputer

1. Pastikan kalian sudah menginstall iTunes dan 3uTools pada komputer / mac kalian, jika belum silahkan download dan install melalui link berikut :

Download - iTunes
Download - 3uTools

2. Jika sudah sekarang sambungkan iPhone kalian ke dalam komputer menggunakan kabel data

3. Sekarang buka aplikasi 3uTools ( jangan lupa tap 'Percayai/Trust' dan masukkan password pada iPhone kalian bila diminta )

4. Apabila 3uTools sudah mendeteksi iPhone kalian sekarang klik pada menu 'Toolbox' kemudian pilih menu 'Turn Off iDevice'


5. Terakhir klik 'Turn Off' untuk mematikan iPhone dan lihat hasilnya

Secara ajaib iPhone kalian akan mati dengan sendirinya, untuk menyalakannya kembali kalian dapat menekan tombol power/lock seperti biasa.

Cara Restart iPhone Tanpa Menyentuh Layar

Pertama kita akan mencoba merestart iPhone tanpa menyentuh layar, cara yang akan kita gunakan ini dinamakan 'Force Restart' alias 'Restart Paksa', kalau begitu langsung saja berikut caranya :

> Khusus Pengguna iPhone 8 / Plus, X, XR, XS, XS Max, 11, 11 Pro dan 11 Pro Max <


( lakukan dengan sedikit cepat dan jangan dijeda terlalu lama antar perpindahan tombol )

1. Tekan tombol Volume Atas kemudian Lepas

2. Tekan tombol Volume Bawah kemudian Lepas

3. Tekan dan Tahan tombol Power / Lock selama sekitar 10 - 15 detik atau hingga iPhone mengeluarkan logo Apple alias Restart.

Khusus Pengguna iPhone 7 dan 7 Plus


Tekan dan Tahan tombol Volume Bawah dan Power / Lock secara bersamaan selama sekitar 10 - 15 detik atau hingga iPhone mengeluarkan logo Apple alias Restart.

Khusus Pengguna iPhone 6S/Plus, 6/Plus, SE, 5S, 5, 5C dan lebih lama


Tekan dan Tahan tombol Home dan Power / Lock secara bersamaan sekitar 10 - 15 detik atau hingga iPhone mengeluarkan logo Apple alias Restart.

Cara diatas adalah cara termudah dan tercepat untuk merestart iPhone tanpa menyentuh layar, sekaligus cara terbaik dalam memperbaiki masalah layar iPhone yang tidak merespon secara tiba-tiba ketika disentuh.

Bagaimana menurut kalian? cara-cara diatas sangatlah berguna dalam kondisi dan waktu tertentu apalagi jika iPhone kalian mengalami masalah yang tidak terduga. Baik sekian dulu informasi cara mematikan (turn off) power iPhone tanpa menekan layar ataupun tombol dan cara merestart iPhone tanpa menyentuh layar, apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan silahkan tinggalkan pada kolom komentar dibawah, Terima Kasih!