Cara Mengatasi iPad, Pro, Air, Mini yang Tidak Mau Menyala / Mati Total

Bagi pengguna iPad, iPad Pro, iPad Air dan iPad Mini yang mengalami masalah dimana iPad kalian tidak mau menyala secara tiba-tiba, tidak mau dihidupkan dengan tombol power dan tidak bisa merespon apa-apa seperti mati total, pada postingan ini saya akan memberikan beberapa cara yang simple namun cukup ampuh untuk membangkitkan iPad kalian.


Sebelumnya perlu diketahui terlebih dahulu, iPad yang mati total secara tiba-tiba entah itu iPad biasa, iPad Pro, iPad Air dan iPad Mini biasanya disebabkan oleh iOS / iPadOS yang bug alias tersangkut, hang atau freeze. Sedangkan penyebab lainnya walaupun jarang terjadi yaitu iPad itu sendiri yang sudah rusak entah terjatuh, komponen dalamnya ada yang bermasalah, kemasukan air dan lain-lain. Tapi tenang saja hampir semua kasus iPad yang tiba-tiba mati total dapat diperbaiki dengan cara yang sangat mudah, kalau begitu tanpa banyak berbasa-basi lagi langsung ikuti cara berikut ini :

Gunakan Force Restart / Restart Paksa

Force Restart atau Restart Paksa berfungsi untuk mengulang kembali sistem operasi pada iPad secara paksa sehingga iPad dapat normal kembali, untuk caranya masing-masing iPad berbeda-beda silahkan ikuti cara berikut sesuai dengan mode iPad yang kalian gunakan :

> iPad Pro ( gen-3 Tanpa tombol Home )

( lakukan dengan agak cepat )

#1 : Tekan tombol Volume Atas kemudian lepas
#2 : Tekan tombol Volume Bawah kemudian lepas
#3 : Tekan dan Tahan tombol Power / Lock hingga iPad Pro kalian restart dan menampilkan logo Apple

> iPad Pro ( gen-2,1 ), iPad, iPad Air dan iPad Mini ( Dengan tombol Home )

Tekan dan Tahan tombol Power / Lock dan tombol Home secara bersamaan hingga iPad restart dan menampilkan logo Apple

Charge iPad

Apabila iPad tidak juga menyala setelah menggunakan metode Force Restart / Restart Paksa, hal ini menandakan ada yang tidak beres dari iPad kalian, kemungkinan disebabkan oleh baterai yang sudah lama tidak difungsikan atau lain sebagainya. Untuk coba mengatasinya silahkan charge / isi daya iPad kalian sekitar 2 jam dan coba nyalakan kembali setelahnya.

Jika Berhasil Menyala

Apabila iPad kalian berhasil menyala, selamat! untuk menghindari masalah yang sama pastikan kalian sudah mengudate iOS / iPadOS pada iPad kalian ke versi terbaru yang tersedia saat ini, caranya masuk ke Pengaturan > Umum > Pembaruan Perangkat Lunak silahkan update menggunakan jaringan Wi-Fi.

Solusi Terakhir

Apabila kedua cara diatas tidak ada yang berhasil, maka hampir bisa dipastikan bahwa iPad kalian mengalami masalah pada mesin atau baterai, sangat disarankan untuk dibawa ke service center authorized Apple di Indonesia atau garansikan jika masih dalam masa garansi.

Baik sekian cara memperbaiki dan mengatasi iPad, iPad Pro, iPad Air dan iPad Mini yang tiba-tiba tidak mau menyala, apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan silahkan tinggalkan pada kolom komentar dibawah, Terima Kasih!