Cara Soft Reset / Restart iPhone X, XR, XS dan 11

Soft Reset atau Soft Restart adalah sebutan untuk proses mengulang kembali sistem operasi iOS pada iPhone secara manual dan halus, cara ini merupakan salah satu cara yang direkomendasikan apabila iPhone kalian mengalami masalah yang tidak sampai kehilangan respon layar alias layar kalian masih normal dan dapat disentuh.


Berbeda dengan Hard Reset atau Force Restart yang dilakukan secara paksa menggunakan kombinasi tombol, Soft Reset dapat dilakukan dengan mudah dan tanpa kombinasi tombol apapun. Soft Reset ini sangat berguna untuk memperbaiki masalah pada iPhone kalian apabila masalahnya tidak sampai membuat layar tidak merespon sentuhan bahkan tombol sekalipun. Kalau begitu langsung saja berikut caranya.

Cara Soft Reset / Restart iPhone X, XR, XS, XS Max, 11, 11 Pro dan 11 Pro Max

Cara melakukan Soft Reset / Restart terbilang mudah, silahkan Tekan dan Tahan tombol Volume Bawah dan tombol Power / Lock secara bersamaan hingga muncul menu seperti gambar dibawah


Jika sudah silahkan geser tombol / icon power untuk mematikan iPhone, jika sudah tunggu hingga iPhone benar-benar mati ( sekitar 10 - 15 detik ) kemudian silahkan tekan kembali tombol Power hingga iPhone menyala, dan ya.. sesimple itu melakukan Soft Reset / Restart pada iPhone.

Meskipun begitu Soft Reset / Restart hanya dapat digunakan apabila iPhone kalian bermasalah namun layar tetap dapat merespon sentuhan begitu juga dengan tombol, namun apa jadinya jika layar tidak merespon sentuhan? jalan satu-satunya adalah dengan melakukan  Hard Reset, Force Restart atau Restart Paksa, caranya silahkan ikuti langkah dibawah berikut :

Cara Hard Reset / Force Restart / Restart Paksa iPhone X, XR, XS, XS Max, 11, 11 Pro dan 11 Pro Max

Caranya cukup simple dan tidak rumit, silahkan ikuti langkah dibawah berikut dan lakukan dengan agak cepat :

#1 : Tekan tombol Volume Atas kemudian Lepas

#2 : Kemudian Tekan tombol Volume Bawah kemudian Lepas

#3 : Terakhir langsung Tekan dan Tahan tombol Power / Lock sekitar 10 hingga 15 detik

Jika sudah iPhone akan merestart dan menampilkan logo Apple, dan selesai.. iPhone kalian seharusnya akan berfungsi dengan normal kembali, cara ini juga ampuh dalam memperbaiki iPhone yang tiba-tiba tidak mau menyala sama sekali.

Baik sekian informasi cara melakukan Soft Reset / Restart ( plus bonus Force Restart ) pada iPhone X, XR, XS dan 11, apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan silahkan tinggalkan pada kolom komentar dibawah, Terima Kasih!