Cara Mengatasi iPhone Hanya Bisa Di Charge dalam Keadaan Mati Saja

Bagi kalian pengguna iPhone yang sedang mengalami masalah, dimana iPhone kalian tidak mau di charge ( dicas / diisi daya ) ketika iPhone dalam keadaan hidup / menyala, namun anehnya mau ngecas saat iPhone dalam keadaan mati ( power off ). Pada postingan kali ini saya akan memberikan beberapa solusi untuk mengatasi masalah tersebut.


Sebelumnya perlu diketahui juga masalah tersebut bisa datang dari berbagai macam faktor, bisa dari kesalahan software, hardware atau aksesoris yang digunakan, kalau begitu langsung saja berikut cara mengatasi iPhone yang hanya bisa di cas dalam keadaan mati saja.

Bersihkan Port Charger pada iPhone

Hal pertama yang dapat kalian lakukan adalah memastikan bahwa lubang port charger pada iPhone dalam keadaan bersih dan tidak ada kotoran yang menyumbat, untuk membersihkannya silahkan gunakan bahan kecil yang tidak mengantarkan listrik seperti tusuk gigi atau cotton buds.

Bersihkan Charger iPhone

Selain membersihkan lubang Port Charger iPhone bersihkan juga bagian ujung charger iPhone dengan kain halus dan pastikan tidak ada kotoran yang menempel apalagi ada noda yang cukup tebal.

Ganti ke Charger Lainnya

Jika tidak berhasil silahkan coba menggunakan Charger iPhone yang lainnya dan coba kembali, apabila bisa berarti charger yang kalian gunakan sebelumnya mengalami masalah dan sudah seharusnya diganti, namun apabila belum bisa juga silahkan lanjutkan cara dibawah.

Sambungkan ke Komputer

Jika ada komputer atau laptop silahkan coba sambungkan iPhone dan lihat apakah iPhone mau ngecharge dan terdeteksi oleh komputer? jika ya berarti kabel charger iPhone kalian dalam kondisi baik-baik saja, coba ganti adaptor ( kepala charger ) ke yang lainnya dan coba kembali. Oh ya coba juga pindahkan ke stop kontak lainnya dan lihat hasilnya.

Reset / Atur Ulang Pengaturan iPhone

Selanjutnya kalian bisa mencoba mereset atau mengatur ulang pengaturan iPhone kembali ke pengaturan pabrik, tenang saja cara ini tidak akan menghapus data pada iPhone kalian namun seluruh pengaturan pada iPhone akan dikembalikan seperti semula, untuk carnaya silahkan buka aplikasi Pengaturan > Umum > Atur Ulang > Atur Ulang Pengaturan.

Update ke iOS Terbaru

Sementara iPhone masih bisa di charger dalam keadaan mati, setelah menyala silahkan coba update iOS kalian ke versi terbaru yang tersedia saat ini, caranya buka aplikasi Pegaturan > Umum > Pembaruan Perangkat Lunak ( gunakan Wi-Fi ).

Kemungkinan Lainnya

Apabila cara-cara diatas tidak juga membuahkan hasil ada kemungkinan iPhone kalian sendirlah yang mengalami masalah, biasanya diakibatkan oleh baterai atau komponen port charger pada iPhone itu sendiri, untuk lebih pastinya silahkan bawa iPhone kalian ke tempat service terpercaya atau authorized Apple di Indonesia.

Baik itu saja tips dan cara-cara memperbaiki iPhone yang tidak mau ngecas saat dalam keadaan menyala namun mau ngecas saat dalam kondisi mati / off. Apabila ada yang ingin kalian sampaikan atau tanyakan silahkan tinggalkan pada kolom komentar dibawah, Terima Kasih!