Cara Mengatasi iPhone Restart Sendiri Setelah Ganti Baterai

Baterai pada iPhone adalah komponen yang dapat menurun kualitas dan daya tahannya seiring dengan berjalannya waktu, mengganti komponen baterai adalah hal yang wajar. Namun apa jadinya jika setelah melakukan penggantian baterai, iPhone malah sering melakukan restart sendiri ( mati nyala / bootloop ).


Untuk mengetahui penyebab masalah tersebut cukup mudah, apakah sebelum mengganti baterai iPhone memang sering restart sendiri? kalau tidak dan hanya terjadi setelah melakukan penggantian baterai berarti ada masalah dengan proses penggantian baterai atau ada kecacatan pada baterai itu sendiri. Silahkan ikuti beberapa tips berikut untuk mendiagnosa dan memperbaiki iPhone yang sering mati nyala / restart setelah ganti baterai.

#1 : Baterai Cacat / Rusak / Tidak Kompatibel

Penyebab paling umum ketika iPhone sering mati nyala sendiri setelah diganti baterai datang dari Baterai itu sendiri, entah baterai baru tersebut ternyata cacat, tidak kompatibel sampai sudah rusak. Untuk itu silahkan bawa kembali iPhone kalian ke tempat kalian mengganti baterai atau coba lepaskan baterai baru tersebut dan pasang kembali yang lama dan lihat hasilnya, apabila yang lama sukses sedangkan yang baru tidak coba ganti kembali baterai yang baru tersebut dengan baterai lainnya, pastikan juga baterai tersebut kompatibel dan dikhususkan untuk iPhone tersebut.

#2 : iOS Corrupt

Setelah mengganti baterai iOS pada iPhone kalian bisa saja corrupt dan mengalami masalah, silahkan coba restore iPhone kalian ke pengaturan pabrik dengan mode recovery melalui iTunes. Namun ingat cara ini akan menghapus seluruh data pada iPhone.

Caranya pertama silakan sambungkan iPhone kalian yang stuck mati nyala pada Logo Apple ke dalam komputer kemudian buka aplikasi iTunes, setelah itu silahkan masuk ke mode Recovery, berikut caranya:

iPhone 8, X, Xr, Xs, 11, 11 Pro, SE 2020 dan lebih baru:


  • Tekan tombol Volume Atas kemudian lepas
  • Tekan tombol Volume Bawah kemudian lepas
  • Setelah itu Tekan dan Tahan tombol Power / Lock hingga iPhone mengeluarkan logo iTunes


iPhone 7 dan 7 Plus


  • Tekan dan Tahan tombol Volume Bawah dan Power / Lock secara bersamaan hingga iPhone mengeluarkan logo iTunes

iPhone 6S atau lebih lama

  • Tekan dan Tahan tombol Power / Lock dan tombol Home secara bersamaan hingga iPhone mengeluarkan logo iTunes

 
Apabila sudah berhasil silahkan ikuti instruksi yang di tunjukkan oleh iTunes untuk memperbaiki iPhone kalian.

#3 : Cek Kembali Pemasangan dan Konektor Baterai

Pastikan saat pemasangan baterai seluruh konektor sudah terpasang dengan baik, silahkan copot baterai yang baru tersebut dan pasang kembali, pastikan semua kabel dan komponen-komponen lainnya tetap pada posisi awal.

Kesimpulan

Bagi kalian yang belum berpengalaman untuk membongkar iPhone dan berniat untuk memperbaikinya sendiri harap dipikirkan kembali, saran saya silahkan bawa iPhone tersebut ke tempat kalian mengganti baterainya untuk dicek kembali apakah ada masalah pada baterai tersebut atau ada masalah pada komponen lainnya, apalagi jika kalian sudah mencoba lebih dari 2 model baterai dan memberikan hasil yang sama.

Baik sekian informasi cara mengatasi iPhone yang restart sendiri setelah ganti baterai, apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan silahkan tinggalkan pada kolom komentar dibawah, Terima Kasih!