Cara Mengatasi Layar iPhone Yang Kurang Terang / Cerah

iPhone adalah salah satu smartphone dengan kualitas layar yang sangat menakjubkan, selain ketajaman dan akurasi warna tingkat kecerahan layar juga sangat penting untuk diperhatikan. Namun apa jadinya apabila layar iPhone kalian terasa redup alias kurang terang atau kurang cerah?


Hal ini bisa disebabkan oleh berbagai macam hal dan untuk memperbaikinya tidaklah sulit bahkan terbilang simple, kalau begitu langsung saja silahkan ikuti cara-cara dibawah ini untuk memperbaiki layar iPhone kalian yang kurang terang dan meningkatkan tingkat kecerahan layar.

Matikan Kecerahan Otomatis

Kecerahan Otomatis ( Auto Brightness ) adalah salah satu fitur iPhone yang membuat tingkat kecerahan pada layar akan diatur secara otomatis mengikuti pencahayaan ruangan sekitar, meskipun terlihat bagus, namun bagi sebagian orang fitur kecerahan otomatis ini membuat tampilan layar mereka redup dan kurang terang. Untuk memperbaikinya cukup nonaktifkan fitur kecerahan otomatis ini, caranya :

#1 : Buka aplikasi Pengaturan

#2 : Pilih menu Aksesibilitas

#3 : Kemudian Layar & ukuran Teks

#4 : Jika sudah sekarang geser ke bawah dan nonaktifkan menu 'Kecerahan Otomatis'


Atur Kecerahan Layar Hingga Penuh

Selanjutnya setelah fitur Kecerahan Otomatis sudah dimatikan, silahkan tingkatkan kecerahan layar hingga penuh atau sesuai keinginan kalian, bisa melalui Pusat Kontrol atau menu pada Aplikasi Pengaturan > Tampilan & Kecerahan.


Matikan Mode Daya Rendah

Mode Daya Rendah berfungsi untuk menghemat penggunaan daya pada iPhone yang berimbas pada daya tahan baterai yang lebih lama, namun begitu dengan mengaktifkan mode Daya Rendah otomatis iPhone akan mengurangi kecerahan pada layar sehingga layar terlihat kurang cerah / terang bahkan terlihat redup. Untuk mengatasi masalah ini silahkan nonaktifkan mode Daya Rendah melalui Pusat Kontrol atau menu pada aplikasi Pengaturan > Baterai > Mode Daya Rendah.


Matikan Menu Kurangi Titik Putih

Fitur Kurangi Titik Putih berfungsi untuk mengurangi cahaya putih pada layar yang berimbas pada kurang cerahnya tampilan layar, jadi pastikan menu 'Kurangi Titik Putih' sudah dimatikan melalui menu Pengaturan > Aksesibilitas > Layar & Ukuran Teks > Kurangi Titik Putih.


Atur Ulang / Reset Pengaturan iPhone

Apabila cara-cara diatas tidak membuahkan hasil pertimbangkan untuk mengatur ulang pengaturan iPhone kalian, caranya masuk ke Aplikasi Pengaturan > Umum > Atur Ulang > Atur Ulang Pengaturan.


Restart iPhone Kalian

Apabila masalah belum juga teratasi silahkan restart iPhone kalian ( matikan kemudian nyalakan kembali ), untuk iPhone 5S, 6, 7 dan 8 tekan dan tahan terus tombol Power kemudian pilih matikan, untuk iPhone X, XR, XS dan 11 tekan dan tahan tombol Power dan Volume Bawah secara bersamaan kemudian pilih matikan.


Update ke iOS Terbaru

Silahkan update versi iOS pada iPhone kalian ke versi terbaru yang tersedia saat ini, caranya silahkan buka aplikasi Pengaturan > Umum > Pembaruan Perangkat Lunak, pastikan kalian menggunakan Wi-Fi untuk mulai mendowload dan menginstall update.


Apabila Masih Tidak Bisa Juga...

Jika cara-cara diatas sudah dilakukan namun tidak ada satupun yang berhasil mengembalikan kecerahan layar pada iPhone kalian, ada beberapa kemungkinan yang mungkin terjadi :

  • Layar pada iPhone kalian sudah pernah diganti dengan layar yang tidak original
  • Suhu pada iPhone kalian terlampau panas ( overheat ) bisa disebabkan penggunaan kecerahan yang terlalu tinggi terus-menerus
  • Tanda-tanda kerusakan pada layar
  • Kesehatan baterai mulai menurun drastis

Untuk lebih pastinya silahkan bawa iPhone kalian ke service center Apple Authorized untuk diperiksa apakah ada kerusakan pada komponen layar atau tidak.

Baik sekian informasi cara memperbaiki layar iPhone yang berasa kurang terang / cerah bahkan terlihat redup, apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan silahkan tinggalkan pada kolom komentar dibawah, Terima Kasih!