Cara Jailbreak iOS 12.4.4 dan 12.4.5 Menggunakan Checkra1n

Beberapa saat yang lalu Apple baru saja merilis update iOS 12.4.5 untuk pengguna iPhone 5S, iPhone 6 / +, iPad Air, iPad Mini 2, iPad Mini 3 dan iPod Touch 6, seperti biasa dalam update tersebut Apple merilis perbaikan keamanan dan pengoptimalan.


Bagi yang sudah update ke iOS 12.4.5 dan tertarik untuk melakukan Jailbreak, kalian dapat menggunakan aplikasi jailbreak Checkra1n yang merupakan salah satu aplikasi Jailbreak Spesial bersifat Semi-Tethered, kenapa spesial? karena aplikasi checkra1n mendukung jailbreak semua perangkat mulai dari iPhone 5S hingga iPhone X beserta semua versi iOS mulai dari iOS 12.3 hingga iOS 13 terbaru.


Namun karena sifatnya yang 'Semi-Tethered' tentu saja kalian butuh bantuan komputer untuk melakukan jailbreak, sayangnya sampai saat ini aplikasi checkra1n hanya mendukung MacOS dan Linux saja (untuk Windows akan segera menyusul, terus pantau Pukeva.com ya..). Baik kalau begitu langsung saja jika semua sudah siap, berikut cara jailbreak iOS 12.4.5 menggunakan aplikasi Checkra1n.

Kompatibilitas Jailbreak

> Jailbreak ini mendukung versi iOS 12.3 termasuk iOS 12.4.4 dan iOS 12.4.5
> Jailbreak ini mendukugn semua perangkat mulai dari iPhone 5S, iPhone 6, iPhone 6 Plus, iPad Air, iPad Mini 2, iPad Mini 3 dan iPod Touch 6
> Saat ini aplikasi Checkra1n hanya mendukung MacOS dan Linux (untuk Windows akan segera menyusul)

Catatan : Do it at your own risk! backup data-data penting kalian terlebih dahulu untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Bagi Pengguna Linux silakan ikuti cara-caranya pada postingan berikut: Cara Jailbreak Semua iOS (iPhone 5S - X) Menggunakan Checkra1n

Cara Jailbreak iOS 12.4.5 Menggunakan Aplikasi Checkra1n (khusus Mac)

#1 : Pertama silahkan download terlebih dahulu aplikasi Checkra1n melalui link berikut :


#2 : Sekarang sambungkan perangkat kalian yang ingin di jailbreak menggunakan kabel data

#3 : Selanjutnya silahkan buka aplikasi Checkra1n dengan cara klik kanan kemudian Open

#4 : Jika perangkat kalian sudah terdeteksi oleh aplikasi Checkra1n sekarang klik tombol Start kemudain Next ( ikuti sesuai petunjuk dalam aplikasi )

#5 : Pada tahap ini kalian akan diarahkan untuk memasuki DFU mode, silahkan ikuti sesuai instruksi pada aplikasi Checkra1n.

Jika gagal memasukki DFU mode silahkan ulangi kembali dan pastikan kalian telah mengikuti instruksi yang ditampilkan aplikasi Checkra1n

#7 : Jika sukses masuk ke DFU mode maka perangkat kalian akan restart dan menampilkan verbose boot dengan logo checkra1n, silahkan ditunggu hingga masuk kedalam menu iPhone

#8 : Apabila sudah masuk dalam menu iPhone, silahkan cari dan buka aplikasi Checkra1n yang terinstall kemudian pilih aplikasi Cydia dan pilih Install Cydia ( pastikan iPhone kalian tersambung ke internet )

#9 : Jika sudah maka perangkat akan respring dan aplikasi Cydia sudah berhasil terinstall, selamat perangkat kalian sudah berhasil di jailbreak!

Untuk selanjutnya apabila perangkat restart atau mati, ketika dinyalakan perangkat akan kembali ke mode Non Jailbreak (normal tidak terjailbreak), untuk melakukan jailbreak ulang silahkan ulangi kembali cara-cara diatas. Hal ini wajar mengingat jailbreak ini bersifat Semi-Tethered, jadi pastikan perangkat kalian tidak restart atau mati selama dalam mode jailbreak, jika tidak kalian harus mengulangi cara diatas untuk melakukan jailbreak ulang.

Apabila masih belum jelas, untuk tutorial Video bisa kalian tonton video berikut :


Baik sekian informasi cara jailbreak iOS 12.4.4 dan iOS 12.4.5 menggunakan aplikasi / tools Checkra1n, apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan silahkan tinggalkan pada kolom komentar dibawah, Terima Kasih!